Air Terjun Kembar Wukirharjo, Wisata Sleman yang Memukau Mata

oleh -235 views
Air Terjun Kembar Wukirharjo
instagram.com/p/5oi5HswviS/?tagged=airterjunkembarwukirharjo

JOGJA POST – Bukan hanya Gunungkidul atau Kulonprogo yang memiliki wisata air terjun, di wilayah Sleman Yogyakarta juga terdapat sebuah curug bernama air terjun Kembar Wukirharjo. Pembangunannya masih kurang maksimal dan caranya mengalirkan air hanya dapat dilihat pada musim hujan saja.

Sejarah Air Terjun  Kembar Wukirharjo

View alam yang mempesona, dingin dan sejuk, sangat kontras dengan nuansa saat berada di daerah perkotaan dan pantai di Jogja. Sesuai namanya, air terjun ini bisa dibilang memiliki kembaran yaitu dua aliran air yang jatuh dari atas tebing secara bersamaan. Sejak lama masyarakat sekitar sudah memiliki ide untuk membangun lokasi untuk wisata yang menarik namun masih terganjal oleh dana.

Mitos Air Terjun Kembar Wukirharjo

Mata air terjun tampak seolah sedang membelah batu besar menjadi dua. Padahal sebenarnya mata airnya hanya mengalir menjadi satu. Gemericik airnya yang indah mampu menghapus kesan mistis. Jadi tidak benar jika air terjun ini tampak angker. Pasalnya, hingga saat ini masih banyak orang yang penasaran dengan keindahan air terjun. Dan rasa penasaran mereka terpuaskan oleh panorama indah air terjun.

Jam Buka Air Terjun Kembar Wukirharjo

Air terjun Kembar Wukirharjo merupakan air terjun musiman yang mata airnya hanya mengalir pada musim penghujan.  Air terjun mulai dibuka untuk umum dari pagi hingga malam hari. Akan tetapi lebih baik gunakan waktu pagi atau sore. Jika ingin suasana lebih ramai datanglah pada hari libur karena lokasi cukup ramai oleh pengunjung meski tidak sebanyak tempat wisata lainnya.

Tiket Masuk Air Terjun Kembar Wukirharjo

Untuk bisa menikmati segala fasilitas dan wahana alam di air terjun Kembar Wukirharjo, Anda tidak dipungut biaya alias gratis. Wahana alam ini dibuka untuk umum dan dapat dikunjungi kapan saja tanpa membayar tiket masuk. Anda hanya membayar karcis untuk parkir sekitar Rp. 2.000.

Fasilitas Air Terjun Kembar Wukirharjo 

Air terjun ini lumayan tinggi dengan arus airnya cukup deras. Percikan airnya dapat membuat pakaian basah sehingga bagi Anda tak ingin berbasah-basahan maka sediakan pakaian ganti. Yang patut disayangkan lokasi air terjun justru kotor oleh sampah pepohonan karena dimungkinkan sampah hanyut oleh arus sungai ketika banjir.

Untuk fasilitas penunjang wisata, pengunjung akan menemukan tempat untuk parkir kendaraan di dekat rumah warga. Sementara fasilitas lainnya dirasa belum memadai mengingat lokasi air terjun cukup jauh dari kampung dan jalan menuju lokasi lumayan terjal.  Di tempat paling dekat dengan air terjun sebenarnya sudah tersedia lahan parkir, sayang akses untuk sampai ke lokasi juga sulit.

Alamat Air Terjun Kembar Wukirharjo

Air terjun Kembar Wukirharjo terletak di Dusun Candisari, Prambanan, Wukirharjo, Sleman, Yogyakarta. Rute dari kota Jogja dapat ditempuh setelah melewati Jl. Wonosari hingga pertigaan Piyungan. Lalu belok kiri ke arah Prambanan. Jalan terus hingga 5 km sampai nanti menemukan rumah Dome Teletubbies.

Belok kanan, ikuti jalurnya hingga nanti bertemu tanjakan. Lakukan perjalanan hingga sampai ke Desa Wukirharjo. Dari desa lokasi air terjun sudah bisa dilihat secara jelas. Disamping itu, pemandangan hijau hutan nan rindang juga bisa disaksikan dari jarak sekian meter.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *