Mengenal Aksara Jawa Angka/Aksara Wilangan beserta Contohnya

oleh
Aksara Angka Aksara Wilangan dan Javanese Number di Aksara Jawa
Aksara Angka Aksara Wilangan dan Javanese Number di Aksara Jawa

Jogja Post — Sugeng siang para pemiarsa, kali ini saya akan membahas mengenai aksara jawa angka atau biasa disebut sebagai aksara wilangan.

Biasanya materi bahasa Jawa terkait Aksara Jawa diberikan di SD, SMP bahkan di SMA. Nah, di dalam materi belajar aksara Jawa itu sendiri ada yang namanya Aksara Wilangan atau huruf yang digunakan untuk menuliskan angka.

Adapun sebenarnya terdapat 4 aksara yakni aksara mura, aksara wilangan, aksara rekan dan aksara swara. Masing-masing mempunyai fungsinya sendiri. Pada kesempatan tulisan ini, kita hanya akan membahas 1 aksara yakni aksara wilangan atau aksara angka.

Aksara Jawa Angka

Aksara Angka dalam Aksara Jawa
Aksara Angka dalam Aksara Jawa

Penggunaan aksara wilangan biasanya terdapat di kalimat-kalimat yang menggunakan angka, misalnya akan menulis tahun, tentu saja membutuhkan angka agar lebih singkat, padat dan jelas.

Berbeda bila Anda tulis dengan huruf biasa, atau huruf Jawa, wah pasti panjang sekali ya. Maka dari itu, di dalam aksara Jawa pun terdapat cara atau rumusan tersendiri cara menuliskan angka.

Cara Penulisan Jawa Angka

Cara penulisannya pun tidak terlalu rumit, Anda hanya diharapkan untuk menghafal 10 angka saja dalam versi aksara Jawa. Bila hal tersebut sudah Anda kuasai, Anda tinggal menaruhnya di samping angka yang Anda inginkan. Ya, cara penulisannya sama seperti bila di Bahasa Indonesia.

Agar Anda tidak penasaran, berikut ini aksara Jawa angka yang kami sajikan dalam bentuk gambar.

Aksara Jawa Aksara Angka
Aksara Jawa Aksara Angka

Itulah angka-angka di aksara Jawa, bila Anda ingin menuliskan tahun, tanggal lahir, jumlah atau hal-hal yang sebaiknya menggunakan angka, Anda pun bisa menggunakannya.

Misal, Anda sedang mendapatkan tugas sekolah. Anda disuruh oleh guru Anda untuk menuliskan tahun kelahiran Anda. Katakanlah tahun kelahiran Anda 1991, maka Anda pun bisa menuliskannya dengan aksara Jawa. Adapun penulisannya sebagai berikut:

Aksara Wilangan Aksara Jawa Tahun 1991
Aksara Wilangan Aksara Jawa Tahun 1991

Cukup mudah bukan? Selebihnya, Anda bisa praktek sendiri sesuai tugas Anda dari sekolah. Bila kesusahan, Anda bisa bertanya kepada yang lebih ahli, atau bertanya langsung dengan orang tua.

Oh iya, Anda juga bisa menyimak Kaligrafi Aksara Jawa, simak selebihnya di artikel Kaligrafi Aksara Jawa Jogja Post.

Jogja Paradise 🙂

Tinggal di Daerah Istimewa Yogyakarta Jogja Post

Gambar Gravatar
Jogja Paradise :)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *