10 Aksara Rekan, Pasangan Rekan beserta Contohnya

oleh
Aksara Rekan di Aksara Jawa
wikimedia.org

Jogja Post — Saya jadi teringat masa lalu, masa-masa di Sekolah Dasar ataupun di Sekolah Menengah Pertama. Dahulu, ceritanya begini.

Bila ujian telah tiba, ada beberapa hal yang perlu dipelajari agar nilai bahasa Jawa jadi bagus. Salah satu materi itu adalah menulis dengan aksara Jawa.

Bila hanya menulis kata-kata atau kalimat biasa mungkin mudah, namun bila sudah bertemu dengan aksara rekan, serasa semua menjadi sulit, apalagi bila membaca Kaligrafi Aksara Jawa hehe…

Itu dulu, semoga dengan penjelasan yang sederhana ini bisa memudahkan Anda untuk belajar bahasa Jawa khususnya Aksara Jawa dan semangat dalam menjalani ujian sekolah.

Pengertian Aksara Rekan

Akssara Rekan Aksara Jawa
Akssara Rekan Aksara Jawa

Aksara Jawa adalah huruf yang setiap hurufnya mengandung 1 bunyi. Aksara Jawa itu sendiri adalah aksara yang mempunyai beberapa kelemahan ketika menulis kata-kata tertentu.

Maka dari itu, untuk menjadikan aksara Jawa menjadi lebih sempurna dan dapat menjangkau semua kata, maka muncullah aksara rekan yang berfungsi untuk melengkapi perbendaharaan pasangan di aksara Jawa.

Adapun aksara rekan itu sendiri merupakan bentuk asimilasi budaya yang dalam perkembangannya banyak dipengaruhi oleh budaya Arab.

Bentuk Aksara Rekan dan Pasangan Rekan

Pasangan Aksara Rekan di Aksara Jawa
Pasangan Aksara Rekan di Aksara Jawa

Sebagaimana yang lainnya, aksara rekan pun mempunyai pasangan tersendiri. Namanya juga disebut aksara rekan.

Kaidah Penulisan Aksa Rekan

Hemm… Tentu saja di dalam kepenulisan aksara rekan juga memerlukan kaidah khusus. Namun tenang saja, sebab dengan aturan tersebut, kiranya akan lebih memudahkan Anda untuk menulis kalimat atau kata yang Anda inginkan.

  1. Tahukah Anda, bahwa aksara rekan bisa menjadi pasangan
  2. Aksara rekan juga bisa diberikan pasangan
  3. Aksara rekan juga dapat diberikan sandangan; seperti huruf atau aksara Jawa lainnya.

Contoh Aksara Rekan

Contoh Aksara Rekan
taprin-jawa.blogspot.com/

Agar lebih mudah memahami aksara rekan, ada baiknya Anda menyimak contoh di bawah ini. Dengan demikian, bila Anda ingin menulis dengan kata yang mirip, Anda bisa mencontoh sekaligus menjadikannya pedoman penulisan aksara Jawa.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai aksara rekan, semoga bisa membantu mempermudah para pembaca untuk menulis dengan aksara Jawa.

Selanjutnya, Anda juga bisa membaca tulisan kami berjudul Aksara Jawa Angka yang akan menjelaskan angka di dalam kepenulisan aksara Jawa.

Tinggal di Daerah Istimewa Yogyakarta Jogja Post

Gambar Gravatar
Berita Jogja Hari Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *