Berdoa di Bulan Ramadhan, Inilah Tiga Waktu yang Tepat Agar Doamu Diijabah

oleh
Berdoa di Bulan Ramadhan, Inilah Tiga Waktu yang Tepat Agar Doamu Diijabah
Unplash.com

JOGJA POST — Marhaban Ya Ramadhan, selamat datang bulan penuh ampunan, selamat datang bulan penuh keajaiban. Ramadhan Ya Ramadhan semua orang tengah merindukannya sejak sehari kepergiannya. Berramai-ramai mereka merindukan datangnya bulan Ramadhan.

Kenapa datangnya bulan Ramadhan sering dirindukan oleh para ulama dan sebagian besar umat muslim di seluruh penjuru dunia?. Tanpa mengurangi keistimewaan bulan lainnya, Ramadhan menawarkan shortway mendapatkan lipatan pahala dalam satu bentuk ibadah saja.

Bulan Ramadhan dikenal juga sebagai bulan penuh ampunan, sebab di akhir bulan Ramadhan kita akan bertemu bulan Syawal sebagai bulan kemenangan. Dimana umat muslim percaya bahwa mereka kembali fitri atau kepada fitrah mereka sebagai mahluk tak berdosa.

Memohon ampun merupakan salah satu cara agar doa kita segera dikabulkan oleh Allah. Bahkan ada sebuah riwayat yang mengatakan jika kita bingung ingin berdoa memohon apa kepada Allah. Maka mohon ampunlah, karena seseorang yang terhapus dosanya akan lebih mudah mendapatkan segala keinginannya.

Dalam riwayat yang lain Allah juga mengatakan “ berdoalah padaku maka akan ku kabulkan.” Terkadang semudah itulah cara kerja Allah dalam menunjukkan rasa cinta pada hamba-Nya. Cukup dengan meminta kepada-Nya, bukan pada yang lainnya.

Terkadang berdoa saja tidak cukup, ada waktu-waktu tertentu yang membuat doa yang kita panjatkan lebih cepat diijabah atau dikabulkan oleh Allah. Ketika bulan Ramadhan datang, ada juga beberapa waktu yang yakini adalah saat yang tepat agar doa kita cepat di ijabah.

1. Waktu Sahur

Dari Abu Hurairah radhiyallahu‘anhu, Nabi shallallahu‘alaihi wa sallam bersabda, “Rabb kita tabaraka wa ta’ala turun ke langit dunia ketika tersisa sepertiga malam terakhir. Lantas Allah berfirman, “Siapa saja yang berdo’a kepada-Ku, maka akan Aku kabulkan. Siapa yang meminta kepada-Ku, maka Aku beri. Siapa yang meminta ampunan kepada-Ku, maka akan Aku ampuni,” (HR. Bukhari, no. 1145 dan Muslim, no. 758).

Jika di bulan lainnya kita terbangun disepertiga malam untuk melaksanakan ibadah shalat tahajud. Maka ketika bulan Ramadhan hadir kita terbias abangun disepertiga malam atau beberapa waktu sebelum fajar untuk menjalankan ibadah sunnah sahur.

Bangun sahur dan tahajud memiliki persamaan waktu yang tidak jauh beda. Karenanya berdoa di saat sahur di bulan Ramadhan sama juga dengan berdoa diwaktu tahajud di bulan lainnya.

Seperti kata istilah, jika doa yang dipanjatkan ketika tahajud bagaikan bsuusr panah yang tepat mengenai sasaran, begitu juga dengan doa diwaktu sahur. Mulai sekarang jangan lagi malas bangun sahur ya sahabat. Karena di saat itulah kamu punya kesempatan besar agar doamu lekas diijabah.

2. Saat Berpuasa

Imam Nawawi  rahimahullah berkata, “Disunnahkan orang yang berpuasa untuk memperbanyak do’a demi urusan akhirat dan dunianya, juga ia boleh berdo’a untuk hajat yang ia inginkan, begitu pula jangan lupakan do’a kebaikan untuk kaum muslimin secara umum,” (Al-Majmu’, 6: 273)

Seperti yang sebagian besar dari kita sudah tahu, bahwa ada banyak keistimewaan bagi orang-orang yang menjalankan ibadah puasa. Salah satu manfaatnya adalah berkesempatan untuk diijabah doanya oleh Allah.

3. Waktu Berbuka Puasa

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Ada tiga orang yang do’anya tidak ditolak : (1) Pemimpin yang adil, (2) Orang yang berpuasa ketika dia berbuka, (3) Do’a orang yang terzalimi,” (HR. Tirmidzi no. 2526, 3598 dan Ibnu Majah no. 1752. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa hadits ini hasan). Dalam Tuhfah Al-Ahwadzi (7: 278) 

Demikianlah sahabat waktu-waktu diijabhanya doa ketika datangnya bulan Ramadhan. Bagaimana, jadi tambah semangat kan menyambut datangnya bulan Ramadhan? Selamat menjalankan ibadah puasa…

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *