Curug Siluwok, Surga Tersembunyi di Kulon Progo

oleh
Curug Siluwok, Surga Tersembunyi di Kulon Progo
instagram.com/p/BUY7SXVDEVG/?tagged=curugsiluwok

JOGJA POST – Destinasi wisata Kulon Progo menjadi daya pikat warga sekitar dan luar kota. Alasan klasiknya karena di wilayah tersebut tersimpan banyak wisata alam yang mempesona. Tempat hiburan di alam terbuka Kulon Progo begitu tersohor.

Banyak orang di luar Jogja hingga pecinta alam sangat tertantang dengan spot alam bebas penuh perbukitan, air terjun, jalan curam, berkelok dan hutan rimba. Salah satu yang menarik hati ialah air terjun Siluwok atau sering disebut Curug Siluwok. Terdapat beberapa air terjun di sepanjang pegunungan menorah ini. Dan air terjun Siluwok satu diantara puluhan curug yang ada.

Sejarah Curug Siluwok

Air terjun Siluwok atau curug Siluwok memiliki ketinggian tebing mencapai 20 meter dengan aliran air yang tidak terlalu deras. Air terjun memiliki kolam di bawah tebing dengan kedalaman yang masih aman untuk berenang. Air terjun berada di kawasan pegunungan menorah di ketinggian 900 mdpl. Air terjun ini tercipta sebagai hasil dari fenomena alam yang terjadi di sekitar pegunungan purba.

Mitos Curug Siluwok

Soal mitos, air terjun ini memang berada cukup jauh dari perkampungan warga. Jadi bagi orang awan tentu lokasi terpencil adalah tempatnya banyak hal mistik. Lokasinya jauh dengan akses jalan setapak yang sempit. Keberadaannya yang tersembunyi dan sunyi membuat letaknya seolah berada di tempat tak terlihat. Pada malam hari jelas suasana sangat gelap karena minim penerangan.

Jam Buka Curug Siluwok

Wisata curug Siluwok dapat dikunjungi pada musim hujan atau kemarau. Bedanya pada musim hujan kualitas airnya sedikit keruh karena aliran air dari sungai membawa partikel pasir. Sementara pada musim kemarau, debit air sedikit berkurang dan air terlihat lebih jernih.

Tiket Masuk Curug Siluwok

Setiap tempat wisata pastinya memasang tarif untuk tiket masuk. Akan tetapi, Anda tak perlu galau soal tiket masuk ke kawasan ini. Tak ada uang retribusi untuk biaya masuk ke lokasi wisata. Anda hanya perlu membayar Rp. 2.000 saja untuk jasa parkir kendaraan roda dua.

Fasilitas Curug Siluwok

Mata air yang berada di dalam kolam terasa sangat dingin namun sejuk sehingga bisa membuat pengunjung betah berlama-lama. Fasilitas yang disediakan oleh alam yaitu adanya beberapa batu besar untuk tempat duduk dan bersantai. Sedangkan fasilitas yang disediakan oleh warga meliputi lahan parkir, papan petunjuk arah, gazebo, dan beberapa warung kecil.

Alamat Curug Siluwok

Curug Siluwok berada di Daerah Istimewa Yogyakarta, berlokasi di Desa Keweron, Kecamatan Samigaluh, Kulon Progo. Letaknya tak jauh dari air terjun Sidoharjo yang tengah hits dikalangan pengguna media sosial. Rute perjalanan dimulai dari jalan setapak dengan kontur tanah yang lembab, dekat dengan pinggir tebing dan jurang yang cukup dalam.

Menuju ke lokasi curug, pengunjung dapat berangkat dari terminal Jombor ke arah Cebongan. Setelahnya ambil jalur menuju Seyegan dan lanjut ke Balangan hingga ke Kecamatan Minggir. Nanti akan bertemu perempatan Dekso. Ambil arah ke Samigaluh dan ikuti rute ke arah Curug Sidoharjo. Nah dari sini Anda bisa mengikuti petunjuk atau bertanya pada warga sekitar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *