11 Prospek Kerja Lulusan Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris S1

oleh -203 views

11 Prospek Kerja Lulusan Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris S1

JOGJA POST — Setelah berhasil lulus menempuh pendidikan S1, maka satu hal paling utama yang harus dilakukan adalah harus bisa segera mendapatkan pekerjaan. Entah pekerjaan apapun, yang terpenting adalah tidak jauh dari program studi yang dipilih selama belajar di universitas Anda.

Misalnya saja, bila sebelumnya Anda mengambil jurusan S1 Pendidikan Bahasa Inggris, maka pekerjaan yang harus diambil tersebut bisa berhubungan dengan bidang tersebut. Agar nantinya Anda bisa bekerja dengan nyaman.

Peluang Kerja Bagi Lulusan S1 Pendidikan Bahasa Inggris

Khusus untuk Anda yang sebelumnya sudah pernah magang kerja selama menjadi mahasiswa, tentu ini bisa menjadi keuntungan tersendiri untuk Anda. Karena itu artinya Anda sudah memiliki pengalaman bekerja. Hanya saja, untuk fresh graduate mungkin akan sedikit sulit saat mencari prospek kerja setelah berhasil lulus kuliah. Maka dari itulah, di bawah ini akan kami berikan sedikit informasi tentang prospek kerja yang cocok untuk lulusan S1 Pendidikan Bahasa Inggris, antara lain:

Menjadi Pengajar Bahasa Inggris (Guru Bahasa Inggris)

Menjadi seorang guru bahasa Inggris sangat berkaitan erat sekali dengan jurusan pendidikan bahasa Inggris yang Anda ambil saat menempuh pendidikan di perguruan tinggi. Karena memang dari awal program studi yang Anda ambil tersebut memfokuskan diri untuk memiliki keahlian di bidang pendidikan, sekaligus memberikan ilmu kepada setiap lulusannya untuk menggeluti dunia pembelajaran dan pengajaran.

Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris umumnya sudah memiliki ijazah Akta IV yang berguna untuk persyaratan khusus bagi setiap lulusan ini yang ingin menjadi seorang guru. Bahkan, jika Anda mau berusaha lebih keras lagi, maka dengan jurusan pendidikan bahasa Inggris yang Anda ambil ini pula, Anda juga bisa melanjutkan profesi Anda ke jenjang yang lebih tinggi. Yaitu menjadi seorang dosen Pendidikan Bahasa Inggris.

Namun, tentunya Anda harus menyelesaikan pendidikan Bahasa Inggris untuk S2 atau S3. Sehingga, dengan berhasil menyelesaikan pendidikan tersebut, Anda akan mendapatkan sebuah pengalaman yang berbeda dari profesi menjadi guru seperti sebelumnya.

Saat menjadi seorang dosen, akan ada beberapa tugas yang harus Anda lakukan. Yaitu, harus melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Anda harus selalu konsisten saat melakukan penelitian. Selain itu, Anda juga harus lebih berperan aktif dalam melakukan kegiatan masyarakat saat menjadi seorang dosen.

Menjadi seorang Translater atau Penerjemah

Prospek kerja ini sangat cerah sekali untuk Anda yang baru saja lulus dari jurusan pendidikan Bahasa Inggris. Karena profesi ini kerap dibutuhkan pada semua bidang keahlian. Misalnya saja, seperti di bidang ekonomi, hukum, dan pariwisata.

Ada banyak beberapa perusahaan di bidang tersebut kerap membutuhkan jasa penerjemah untuk menerjemahkan surat, dokumen, jurnal, dan materi pelatihan untuk instansi pemerintahan atau perusahaan. Sehingga, Anda harus bisa memanfaatkan situasi dan kondisi yang ada dengan cara menjadi seorang translater.

Karena Anda adalah lulusan pendidikan Bahasa Inggris, maka fokusyang harus diterjemahkan adalah penerjemahan dalam Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia, atau sebaliknya. Banyak sekali instansi yang sering membutuhkan jasa penerjemah. Karena mereka bekerja sama dengan partner dari luar negeri yang berbahasa Inggris.

Maka dari itulah, jangan pernah ragu utnuk menjadi seorang translater. Karena Anda akan mendapat banyak hal baru yang bisa meningkatkan kosa kata Anda dalam bahasa Inggris di semua bidang ilmu pengetahuan.

Menjadi Seorang Pegawai

Bahasa Inggris adalah bahasa Internasional. Sehingga, bahasa ini harus dimiliki setiap orang. Maka dari itulah, tak heran jika ada orang yang bisa bahasa Inggris, pasti mereka bisa lebih mudah mendapatkan pekerjaan. Selain itu, bisa berbahasa Inggris bisa menjadi nilai plus tersendiri untuk sebuah perusahaan atau isntansi yang ingin merekrut pegawai.

Anda bisa menjadi bahan pertimbangan yang baik untuk perusahaan yang ingin Anda lamar saat Anda memiliki keahlian lebih dalam menggunakan bahasa Inggris. Ini bisa memberikan keuntungan tersendiri untuk Anda yang ingin melamar sebuah pekerjaan. Dengan begitu, Anda juga bisa lebih mudah bersaing di dunia kerja. Karena kemampuan ini dianggap jauh lebih baik daripada para pencari kerja yang lain yang tidak memiliki keahlian berbahasa Inggris.

Salah satu prospek terbesar untuk lulusan jurusan Bahasa Inggris adalah menjadi seorang pegawai dari departemen luar negeri. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan peluang untuk bekerja di sebuah perusahaan bertaraf internasional. Karena setiap percakapan yang digunakan di tempat kerja menggunakan bahasa Inggris.

Menjadi seorang Tour Guide

Jika Anda menyukai travelling, maka ini akan sangat menguntungkan untuk Anda. Karena salah satu peluang kerja setelah Anda berhasil lulus S1 pendidikan Bahasa Inggris adalah menjadi seorang tour guide. Jadi, selain bisa menjadi seorang tour guide, Anda juga bisa menyalurkan hobby Anda untuk melakukan travelling. Apalagi saat ini perkembagan pariwisata semakin meningkat. Sehingga, banyak wisatawan dari mancanegara siap datang ke Indonesia.

Maka dari itulah, dengan kemampuan Anda dalam menggunakan bahasa Inggris, tentu ini akan memudahkan Anda dalam bersosialisasi dan berkenalan dengan wisatawans ecara langsung di area wisata. Dari sinilah Anda bisa menawarkan sebuah jasa tour guide kepada mereka.

Selain itu, dengan kemajuan teknologi yang ada, kini Anda juga dapat mempromosikan tempat wisata di area Anda atau di area Indonesia secara online, sekaligus mempromosikan jasa tour guide yang Anda kerjakan. Dengan begitu, Anda bisa menjadikannya sabagai ladang mata pencaharian Anda setelah lulus kuliah.

Meskipun tak dapat dipungkiri juga bila ternyata banyak sekali wisatawan dari mancanegara yang berasal dari negara yang tidak menggunakan bahasa Inggris, seperti Jerman, Jepang, Belanda, Rusia, dll. Namun ternyata banyak wisatawan yang datang dengan sengaja untuk belajar bahasa Inggris sebagai bahasayang memang dibutuhkan ketika sedang traveling. Karena mereka mengira bahwa bahasa Inggris adalah bahasa Internasional.

Menjadi seorang Penulis

Meskipun banyak orang tidak menjadikan profesi sebagai seorang penulis menjadi profesi utamanya, namun ternyata justru dari sinilah Anda bisa mendapatkan keuntungan lebih ketika menjadi seorang penulis. Pekerjaan ini cocok sekali untuk Anda yang gemar membaca. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan ide menulis dengan mudah. Karena bagaimanapun juga, menulis itu butuh ide yang banyak.

Agar nantinya Anda bisa mengembangkan topik utama tulisan dengan baik, sekaligus menggabungkan ide itu menjadi karya tulisan yang baik, utuh, dan mudah dipahami. Tak hanya itu saja, saat menjadi seorang penulis, Anda juga bisa memfokuskan diri untuk menulis di semua bidang yang Anda suka.

Sebagai lulusan pendidikan Bahasa Inggris S1, Anda bisa mengembangkan karya tulis Anda dan menciptakan karya tulis yang berhubungan dengan pendidikan, pembelajaran, dan pengajaran. Jadi, bisa ditarik kesimpulan bahwa menulis itu memberikan banyak peluang untuk Anda dalam mendapatkan pundi-pundi uang. Tidak hanya sekedar menulis blog saja.

Anda juga bisa menulis cerpen, buku, novel, artikel, atau bahkan menjadi seorang creative writer untuk menjadi seorang pribadi yang makin berkembang. Terlebih jika Anda menggunakan bahasa Inggris dalam tulisan Anda. Tentu saja hasilnya akan lebih menarik pembaca.

Karena saat ini banyak orang mulai belajar bahasa Inggris. Sehingga, ketika Anda menggunakan bahasa Inggris, tulisan Anda bisa dijadikan sebagai bahan utama bacaan mereka yang ingin belajar bahasa Inggris.

Menjadi seorang Editor atau Penyunting Bahasa

Mengingat saat ini industri dibidang media cetak, media digital, dan penerbit buku semakin meningkat, sehingga kebutuhan akan penulis dan editor semakin meningkat juga. Tak heran bila saat ini kebutuhan editor atau penyunting bahasa semakin meningkat. Anda bisa melihat dari beberapa buku yang pernah Anda baca dengan nyaman, semuanya ini merupakan hasil karya dari penyunting bahasa.

Meskipun fakta membuktikan bahwa ternyata ada juga beberapa penerbit dan media yang membuka lowongan kerja untuk menjadi seorang editor S1 untuk semua jurusan, namun sebagai anak pendidikan Bahasa Inggris selama kuliah, tentu ini bisa menadi point plus tersendiri untuk Anda. Karena Anda sudah terbiasa belajar menyunting bahasa dari awal.

Apalagi saat ini ada banyak naskah terjemahan yang diambil dari penulis mancanegara yang kemudian diterjemahkan menjadi bahasa Ingonesia. Sehingga, kebutuhan editor juga makin meningkat. Namun meskipun begitu, menjadi seorang editor itu bukan masalah harus bisa memperbaiki ejaan dan tata bahasa yang tepat saja.

Namun, Anda juga harus bisa memperbaiki dan juga mengkritisi konten beserta isinya dengan baik agar tercipta hasil karya tulisan yang baik pula.

Menjadi seorang Pramugari

Ternyata ada banyak lulusan dari pendidikan bahasa Inggris yang pada akhirnya justru menjadi seorang pramugari di maskapai penerbangan. Baik itu untuk skala nasional dan juga skala internasional. Tidak hanya sekedar menampilkan penampilan yang menarik saja dan harus memenuhi kriteria fisik saja. Namun, untuk bisa menjadi seorang pramugari itu Anda dituntut untuk cakap dalam berbahasa asing, khususnya bahasa Inggris.

Melihat hal tersebut, itu artinya prospek kerja Anda dibidang ini semakin tinggi. Karena peran bahasa Inggris sangat penting sekali sebagai bahasa universal yang bisa menjadikan kemampuan Anda dari lulusan jurusan bahasa Inggris sebagai point penting yang harus dimaksimalkan dengan baik.

Menjadi seorang Pustakawan Akademik

Menjadi seorang pustakawan akademik itu artinya Anda bekerja di bidang pendidikan lanjutan, pendidikan tinggi, dan lembaga penelitian dari instansi akademik.

Orang yang seperti inilah yang disebut juga dengan pustakawan. Jadi, pustakawan itu tugasnya adalah harus bisa mengatur, mengelola, melakukan evaluasi, menyebarkan informasi, beserta memberi bantuan kepada anggota komunitas akademis dengan baik. Entah itu untuk mahasiswa, staf pengajar, dan peneliti.

Selain itu, pustakawan akademik umumnya juga harus bertanggung jawab atas pelajaran akademis tertentu. Jadi, mereka harus mengembangkan pengetahuan khususnya dengan baik. Misalnya saja, dengan mengembangkan sistem TIK dalam beberapa proyek perpustakaan.

Peran utamanya adalah harus bisa memberikan fasilitas dan memberikan dukungan pembelajaran dengan cara mengajarkan ketrampilan dalam mencair informasi pada siswa dan staffnya di ruang kelas ataupun dalam lingkungan belajar virtual.

Umumnya, seorang pustakawan akademik akan lebih banyak menghabiskan waktunya di sebuah sarana teknologi. Dimana mereka akan lebih sering melibatkan hidupnya dalam mengembangkan laman web dan memanajemen database web dengan baik.

Menjadi seorang Wartawan Koran

Wartawan koran bertugas meliput dan juga menulis artikel berita dari semua bidang. Entah itu dari bidang nasional, lokal, dan regional. Bahkan, tidak hanya sekedar meliput berita dari dunia politik saja, mereka juga bertugas meliput berita dari semua bidang. Misalnya saja, seperti dari seni budaya, olahraga, teknologi, kesehatan, bisnis, dll. Selain itu, wartawan koran juga bertugas untuk meliput acara nasional dan internasional, beserta hiburan dan kegiatan sosial.

Umumnya, khusus untuk wartawan junior akan menulis artikel yang dialokasikan ke dalam meja berita lewat koreksi dari sejumlah editor berita senior. Sedangkan, untuk versi lain dari menjadi seorang wartawan koran adalah menjadi seorang wartawan specialis, dimana mereka hanya terfokus pada 1 bidang saja atau 1 lokasi saja. Jadi, wartawan feature ini hanya menulis topik yang mendalam saja dengan menggunakan gaya tulisan sendiri.

Yang lebih menariknya lagi adalah, saat ini jurnalisme koran semakin terlihat multi platform. Sehingga, ketrampilan di bidang teknologi informasi semakin diakui oleh semua orang. Apalagi saat ini koran besar di Indonesia mulai menggunakan bahasa Inggris dalam artikelnya. Sehingga, hal ini bisa menjadi prospek yang cerah untuk Anda yang menjadi lulusan dari pendidikan Bahasa Inggris S1 yang sedang mencari pekerjaan yang cocok dengan bidang Anda!

Menjadi seorang Eksekutif Periklanan

Menjadi seorang eksekutif periklanan itu artinya Anda bekerja dibidang periklanan atau multi layanan. Jadi, Anda akan menjadi penghubung di antara agen dan klien. Tanggung jawab Anda jika menjadi seorang eksekutif periklaann adalah harus bertangung jawab dalam melakukan koordinasi untuk mempromosikan iklan dengan baik.

Selain itu, Anda harus bisa melakukan komunikasi dengan semua pihak dengan baik. Maka dari itulah, kemampuan berbahasa Inggris disini sangat penting sekali demi memperlancar proses komunikasi saat berhadapan dengan klien dari negara asing.

Dengan bisa bahasa Inggris, maka memahami kebutuhan klien semakin mudah. Begitu juga saat ingin melakukan kerja sama selama promosi iklan. Maka dari itulah, prospek ini cukup cerah untuk seorang lulusan pendidikan bahasa Inggris.

Menjadi seorang Diplomatik

Banyak orang mengira supaya bisa bekerja di kedutaan besar itu harus berasal dari lulusan Hubungan Internasional. Ternyata, itu tidak selalu benar! Justru ada banyak lulusan dari pendidikan Bahasa Inggris yang ternyata berhasil diterima dan bekerja di sebuah kedutaan besar. Melihat hal tersebut, maka bisa jadi ini kembali lagi dengan modal awal harus bisa menguasai bahasa Inggris. Maka dari itulah, pekerjaan ini cocok sekali untuk lulusan bahasa Inggris S1.

Menjadi seorang Sastrawan

Pekerjaan yang satu ini bisa dijadikan sebagai salah satu profesi paling cocok untuk jurusan pendidikan bahasa Inggris. Karena, saat Anda menempuh kuliah bahasa Inggris, tentu Anda tidak asing dengan sastra. Meskipun sebenarnya ini tidak mutlak. Namun, bila Anda ingin menjadi seorang sastrawan, itu artinya Anda bisa juga memilih akan menjadi seorang cerpenis, novelis, esais, prosais, atau bahkan kritikus.

Kalaupun Anda mampu, Anda bisa merangkup semua pekerjaan itu menjadi satu. Namun sebaiknya jangan melakukan tugas itu dengan setengah-setengah. Agar bisa sukses, Anda harus berusaha dengan baik dan tekun.

Dengan begitu, Anda bisa menentukan pilihan yang tepat setelah berhasil lulus menempuh pendidikan bahasa Inggris. Hasilnya, Anda bisa berada di zona nyaman saat berhasil memilih prospek kerja yang cocok dengan bidang Anda. Agar nantinya Anda merasa tidak terbebani saat bekerja di sebuah perusahaan pilihan Anda tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *