11 Prospek Kerja Lulusan Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris S1

oleh -89 views

Peran utamanya adalah harus bisa memberikan fasilitas dan memberikan dukungan pembelajaran dengan cara mengajarkan ketrampilan dalam mencair informasi pada siswa dan staffnya di ruang kelas ataupun dalam lingkungan belajar virtual.

Umumnya, seorang pustakawan akademik akan lebih banyak menghabiskan waktunya di sebuah sarana teknologi. Dimana mereka akan lebih sering melibatkan hidupnya dalam mengembangkan laman web dan memanajemen database web dengan baik.

Menjadi seorang Wartawan Koran

Wartawan koran bertugas meliput dan juga menulis artikel berita dari semua bidang. Entah itu dari bidang nasional, lokal, dan regional. Bahkan, tidak hanya sekedar meliput berita dari dunia politik saja, mereka juga bertugas meliput berita dari semua bidang. Misalnya saja, seperti dari seni budaya, olahraga, teknologi, kesehatan, bisnis, dll. Selain itu, wartawan koran juga bertugas untuk meliput acara nasional dan internasional, beserta hiburan dan kegiatan sosial.

Umumnya, khusus untuk wartawan junior akan menulis artikel yang dialokasikan ke dalam meja berita lewat koreksi dari sejumlah editor berita senior. Sedangkan, untuk versi lain dari menjadi seorang wartawan koran adalah menjadi seorang wartawan specialis, dimana mereka hanya terfokus pada 1 bidang saja atau 1 lokasi saja. Jadi, wartawan feature ini hanya menulis topik yang mendalam saja dengan menggunakan gaya tulisan sendiri.

Yang lebih menariknya lagi adalah, saat ini jurnalisme koran semakin terlihat multi platform. Sehingga, ketrampilan di bidang teknologi informasi semakin diakui oleh semua orang. Apalagi saat ini koran besar di Indonesia mulai menggunakan bahasa Inggris dalam artikelnya. Sehingga, hal ini bisa menjadi prospek yang cerah untuk Anda yang menjadi lulusan dari pendidikan Bahasa Inggris S1 yang sedang mencari pekerjaan yang cocok dengan bidang Anda!

Menjadi seorang Eksekutif Periklanan

Menjadi seorang eksekutif periklanan itu artinya Anda bekerja dibidang periklanan atau multi layanan. Jadi, Anda akan menjadi penghubung di antara agen dan klien. Tanggung jawab Anda jika menjadi seorang eksekutif periklaann adalah harus bertangung jawab dalam melakukan koordinasi untuk mempromosikan iklan dengan baik.

Selain itu, Anda harus bisa melakukan komunikasi dengan semua pihak dengan baik. Maka dari itulah, kemampuan berbahasa Inggris disini sangat penting sekali demi memperlancar proses komunikasi saat berhadapan dengan klien dari negara asing.

Dengan bisa bahasa Inggris, maka memahami kebutuhan klien semakin mudah. Begitu juga saat ingin melakukan kerja sama selama promosi iklan. Maka dari itulah, prospek ini cukup cerah untuk seorang lulusan pendidikan bahasa Inggris.

Menjadi seorang Diplomatik

Banyak orang mengira supaya bisa bekerja di kedutaan besar itu harus berasal dari lulusan Hubungan Internasional. Ternyata, itu tidak selalu benar! Justru ada banyak lulusan dari pendidikan Bahasa Inggris yang ternyata berhasil diterima dan bekerja di sebuah kedutaan besar. Melihat hal tersebut, maka bisa jadi ini kembali lagi dengan modal awal harus bisa menguasai bahasa Inggris. Maka dari itulah, pekerjaan ini cocok sekali untuk lulusan bahasa Inggris S1.

Menjadi seorang Sastrawan

Pekerjaan yang satu ini bisa dijadikan sebagai salah satu profesi paling cocok untuk jurusan pendidikan bahasa Inggris. Karena, saat Anda menempuh kuliah bahasa Inggris, tentu Anda tidak asing dengan sastra. Meskipun sebenarnya ini tidak mutlak. Namun, bila Anda ingin menjadi seorang sastrawan, itu artinya Anda bisa juga memilih akan menjadi seorang cerpenis, novelis, esais, prosais, atau bahkan kritikus.

Kalaupun Anda mampu, Anda bisa merangkup semua pekerjaan itu menjadi satu. Namun sebaiknya jangan melakukan tugas itu dengan setengah-setengah. Agar bisa sukses, Anda harus berusaha dengan baik dan tekun.

Dengan begitu, Anda bisa menentukan pilihan yang tepat setelah berhasil lulus menempuh pendidikan bahasa Inggris. Hasilnya, Anda bisa berada di zona nyaman saat berhasil memilih prospek kerja yang cocok dengan bidang Anda. Agar nantinya Anda merasa tidak terbebani saat bekerja di sebuah perusahaan pilihan Anda tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *