MENGENAL BERBAGAI TOKOH DUNIA MELALUI MEDIA HIBURAN YANG MENYENANGKAN

oleh
MENGENAL BERBAGAI TOKOH DUNIA MELALUI MEDIA HIBURAN YANG MENYENANGKAN
investigaction.com

Era sekarang ada banyak sekali jenis-jenis hiburan yang bisa didapatkan seseorang, mulai dari mendengar lagu, membaca buku, pergi ke tempat wisata, hingga menonton tv atau film. Semuanya bisa di akses dengan mudah bahkan bisa diakses dengan sekali usap melalui gawai yang hampir dimiliki oleh setiap orang yang hidup di era digital.

Media digital membuat semua orang terbiasa dengan tampilan visual, bahkan hampir setiap bagian dari hidup kita bisa dan harus di visualisasikan. Misalnya saja penggunaan film sebagai media pembelajaran di sekolah – sekolah, itu merupakan pembelajaran audio-visual yang memudahkan para guru dalam menyampaikan materi.

Berikut ini ada beberapa film mengenai biografi para tokoh yang bisa kita jadikan media belajar dan mengenal tokoh-tokoh dari masa lalu. Apa saja ya filmnya, yuk kita simak ulasannya.

  1. Mandela : Long Work to Freedom

Pada tahun 2013 lalu saat Nelson Mandel meninggal, puluhan ribu penduduk bumi mengungkapkan kesedihannya. Jutaan orang afrika turun ke jalan, mengungkapkan kesedihan dengan menangis, mengirim karangan bunga, dan mneyalakan lilin. Tidak hanya rakyat kecil, sekitar 100 pemimpin negara dari berbagai penjuru menyempatkan diri untuk hadir dalam prosesi pemakaman Nelson Mandela.

Siapakah Nelson Mandela? Kenapa sosoknya sangat dicintai oleh penduduk bumi?. Pada awal abad 20 an diberlakukan kebijakan Apharteid, yaitu segregasi dan diskrimanasi ras terhadap manusia berkulit berwarna. Maksudnya, warga Afrika yang memiliki kulit berwarna (kebanyakan kulit hitam) mendapatkan perlakuan berbeda dari warga kulit putih, mulai dari kebijakan publik, hak berpolitik, bahkan juga pelayanan rumah sakit.

Dalam menghadapi kasus tersebutlah Nelson Mandela menjadi simbol perjuangan masyarakat Afrika dalam mensetarakan kedudukan antar ras.

  1. Seven Years in Tibet

Film ini menceritakan mengenai tokoh Heinrich Harrer (1912-2006). Beliau adalah seorang travelers, melakukan perjalanan panjang dan jauh, mendaki gunung yang berasal dari Austria. Film ini berkisah mengenai ekspedisi Himalaya Harrer yang berakhir di tangkap menjadi tawangan perang dengan tuduhan keanggotaan Nazi.

Selama 7 tahun di Tibet ternyata Harrer mendapatkan berbagai pengalam hidup yang luar biasa, mulai dari melarikan diri sebagai tawanan perang. Menyusuri Himalaya dengan perbekalan seadanya, bertemu dengan Dalai Lama ke 14 yang saat itu masih berusia remaja. Selain berisi mengenai kisah nyata perjalanan Harrer, film ini juga akan memberikan cara pandang yang berbeda dalam melihat berbagai permasalahan.

  1. Che

Che Guevara adalah seorang tokoh yang siluet wajahnya pasti sering kita temui. Banyak siluet Che yang kita temukan di tembok, pin, topi, mural, street art dan banyak lagi. Kenapa siluet wajah Che banyak digunakan orang? Sebab sosok beliau adalah simbol pemberontakan terhadap kediktatoran.

Che dikenal dengan langkahnya merevolusi pemerintah Kuba padahal dirinya adalah seorang warga Argentina. Selain itu, film ini juga mengungkapkan bahwa sebenarnya Che sama sekali tidak memiliki latar belakang militer, Che pada kenyataannya adalah seorang dokter. Namun dia mampu merevolusi pemerintah Kuba dan menjadi simbol pemberontakan hingga saat ini.

Demikianlah beberapa referensi film yang bisa jita jadikan materi pembelajaran mengenai beberapa tokoh yang telah meninggal namun jasanya masih terus kita kenang. Seperti kata pepatah ‘ Gajah mati meninggalkan gading, Harimau mati meninggalkan belang, Manusia mati meninggalkan nama’. Mungkin tidak semua orang bisa dikenal oleh seluruh dunia namun setidaknya kita memiliki kontribusi untuk dunia kita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *