Menko Darmin: Ekonomi Indonesia Kebocoran

oleh
Menko Darmin
IG Perekonomian RI

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menjelaskan bahwa saat ini ekonomi Indonesia sedang mengalami kebocoran. Penjelasan di atas karena devisa hasil ekspor hanya sebagian yang kembali ke dalam negeri.

“Dalam kaidah ekonomi kalau devisanya tidak masuk itu bocor. Sehingga, itu mengurangi cadangan devisa juga mengurangi kemampuan penambahan uang beredar,” ungkap Darmin dalam “Business Lunch: Waspada Ekonomi Indonesia di Tahun Politik” di Jakarta, Kamis (2/8).

Di dalam penuturannya, Menko Darmin mengatakan bahwa devisa hasil ekspor (DHE) tidak utuh kembali ke dalam negeri. Menurut Bank Indonesia, cadangan devisa akhir Juni 2018 mencapai 119,84 miliar dolar AS atau terus tutun drastic sejak Desember 2017.

Sebagai salah satu penerimaan devisa, hanya 90 persen DHE yang dilaporkan ke bank domestic. Di sisi lain, hanya kisaran 15 persen yang didkonversi menjadi rupiah.

Meskipun demikian, Menko Darmin juga menjelaskan tidak bisa memaksa semua DHE kembali ke Indonesia. Hal tersebut dikarenakan Indonesia menganut rezim devisa bebas sesuai UU Nomor 24 Tahun 1999 tentang Lalu Lintas Devisa.

“Kalau 100 persen valasnya masuk ke BI, kemudian rupiah yang diciptakannya akan menciptakan pertumbuhan,” imbuh Darmin.

Berita Jogja Hari Ini

Tinggal di Daerah Istimewa Yogyakarta Jogja Post

Gambar Gravatar
Berita Jogja Hari Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *