Meraih Taubat di Bulan Penuh Ampunan

oleh
Meraih Taubat di Bulan Penuh Ampunan
Pixabay.com

JOGJA POST – Bilakah bulan ampunan itu tiba, ialah saat Ramadhan hadir diantara kita. Diantara kesitimewan bulan-bulan lainnya. Ramadhan juga istimewa bagi mereka yang mencari ampunan dari Rabb nya atas segala dosa dan angkara murka.

Bertaubat, adalah cara tertinggi dalam meminta ampunan, sebab dalam taubat kita tidak hanya memohon ampunan. Melainkan juga berjanji tidak akan mengulangi kesalahan yang sama. Sebab kesempatan untuk bertaubat entah akan terbuka lagi atau tidak.

Menyatakan diri untuk bertaubat berarti mengakui kesalahan pada diri sendiri pada orang lain dan pada Allah. Lalu memohon ampun dengan penuh penyesalan kepada sleuruh pihak yang dirugikan. Terakhir adalah janji untuk tidak pernah mengulangi lagi.

Seiring perkembangan jaman, taubat menjadi bukan hal yang mudah untuk di lakukan. Taubat haruslah berasal dari kesadaran diri pribadi, sayang saat ini kebanyakan manusia sudah lupa diri. Pergaulan memabwa mereka jauh dari jati diri dan kemawasan diri.

Momentum Ramadhan menjadi saat yang paling tepat untuk bertaubat, sebab akan banyak sekali orang-orang disekitar kita yang mendorong untuk melakukan kebaikan atau hal-hal yang positif. Segala pengaruh buruk yang berasal dari tempat-tempat hiburan atau lingkungan akan di tiadakan. Maka sebuah tindakan yang tepat jika anda memanfaatkan Ramadhan sebagai waktu untuk bertaubat.

Berikut ini adalah beberapa kita melaksanakan taubat di bulan Ramadhan:

1. Merasa Senantiasa di Lihat oleh Allah

Salah satu nama Allah dalam asmaul husna adalah Maha Melihat, Dia bisa melihat apa saja aktifitas kita tanpa perlu kita memberitahu-Nya. Dia bisa melihat segala perbuatan kita tanpa perlu repot-repot mengakuinya.

Oleh karenanya, akan sangat membantu jika kita merasa selalu diawasi oleh-Nya, sebab hal tersebut dapat membantu kita menghindari melakukan perbuatan yang dibenci dan dilarang oleh-Nya.

2. Mengingat Keagungan Allah

Pada umumnya, kita banyak memiliki waktu khusus untuk menjadi lebih dekat dengan Allah selama bulan Ramadhan. Salah satunya dengan mengingat keagungan Allah, merenungkan bagaimana Dia menciptakan kita, mengampuni kita, memberikan rezeki setiap hari, mengatur udara dan sungai yang mengalir.

3. Mengingat Nikmat Allah

Tidak ada satu hari pun dalam hidup kita tanpa adanya nikmat dari Allah. Dlama setiap detiknya, nikmat Allah selalu mengalir dalam tubuh kita. Udara yang kita hirup, jantung yang berdetak, darah yang mengalir.

Nikmat tidak melulu mengenai mobil mewah, rumah luas, bekerja di kantor, setiap segala sesuatu hal kecil yang terajadi dalam hidup kita juga termasuk ke dalam nikmat Allah yang patut kita renungkan.

4. Allah Maha Perkasa dan Berkuasa untuk Menghukum

Segala sesuatu yang ada di bumi ini adlaah milik Allah, kita hidup di dalam genggaman Allah. Sebagai pemilik, Allah memiliki hak otoritas untuk melakukan apapun terhadap mahluknya.

Sementara kita sebagai mahluk berkewajiban untuk selalu mematuhi dan menjalankan perintah Allah. Jika sesekali kita khilaf melakukan kesalahan dengan melalaikan perintah-Nya maka kita harus bertaubat. Mengingat kuasa Allah dalam menghukum mahluknya dapat membantu kita untuk segera sadar dari kesalahan dan bertaubat kepada-Nya.

Itu tadi beberapa hal yang bisa anda praktekkan jika ingin meraih pintu taubat selama bulan Ramadhan. Kesimpulannya adalah dengan selalu mengingat Allah hati akan tenang dan raga akan terjauhkan dari membuat kesalahan.

Selama bulan Ramadhan senantiasa untuk mendekatkan diri kepada Allah, melakukan ibadah yang disenangi Allah dan memohon ampun atas segala dosa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *