Tawaran Mendapatkan Pahala 70 Kali Lipat Hanya dengan Melakukan Amalan Ini

oleh
Tawaran Mendapatkan Pahala 70 Kali Lipat Hanya dengan Melakukan Amalan Ini
Pixabay.com

JOGJA POST – Ramadhan adalah salah satu bulan kebanggaan umat muslim diseluruh penjuru dunia. Bahkan sejak jauh-jauh hari datangnya bulan Ramadhan banyak kalangan dari umat muslim sudah mempersiapkan banyak hal. Mulai dari persiapan fisik untuk menjalani ibadah puasa wajib selama sebulan penuh. Hingga persiapan ruhani dengan kondisi hati dan banyak beribadah kepada Allah.

Segala persiapan yang telah dilakukan umat muslim tidaklah pernah sia-sia. Sebab, Allah menjanjikan berkali lipat pahala untuk segala ibadah yang kita jalankan di bulan Ramadhan. Bahkan tidur di siang hari pada bulan Ramadhan termasuk ibadah yang mendapatakan pahala.

Dalam sebuah hadist yang diriwayatkan Nahrawi, dikatakan bahwa janji Allah adalah pahala atas ibadah wajib yang dilakukan dibulan Ramadhan nilainya 70 kali lipat dari pahala ibadah wajib di bulan lain.

Ternyata hanya dengan melaksanakan ibadah wajib di bulan Ramadhan kita bis amendapatkan pahala 70 kali lipat dibanding ibadah di bulan lain. Hal ini bukan berarti menggugurkan kewajiban kita beribadah di bulan lain, melainkan kita dianjurkan untuk meningkatkan kualitas ibadah kita selama bulan Ramadhan.

Logikanya, jika ibadah wajib saja mendapatkan janji pahala 70 kali lipat, apalagi ibadah sunnah di bulan Ramadhan. Karenanya, alih-alih meremehkan kualitas ibadah di bulan lain. Alangkah lebih baiknya jika kita justru memperbaiki kualitas ibadah kita di bulan Ramadhan.

Lebih baik lagi jika peningkatan kualitas ibadah kita selama bulan Ramadhan berlanjut pada bulan-bulan berikutnya. Meski tidak mendapatkan janji pahala yang berlipat, setidaknya hubungan kita dengan Allah menjadi lebih baik dan berkualitas.

Beberapa ibadah wajib yang bisa anda lakukan di bulan Ramadhan adalah;

1. Berpuasa

Tentu saja berpuasa dari fajar hingga petang adalah ibadah wajib yang harus dilakukan oleh seluruh umat muslim yang sudah baligh dan berakal.

2. Shalat lima waktu

Selain di bulan Ramadhan, shalat lima waktu wajib dilaksanakan setiap harinya oleh seluruh umat muslim di dunia. Bahkan jika perlu anda bisa menambahkan ibadah shalat sunnah rawatib. Bisa jadi pahala anda selama bulan Ramadhan meningkat pesat menjadi berlipat-lipat ganda dan bisa saja menjadi tiket anda masuk ke surga.

3. Membayar zakat

Ibadah yang satu ini spesial hadir di bulan Ramadhan, sebagai bulan yang dikenal sebagai bulan yang suci. Berbagai macam ibadah wajib dan sunnah yang ditawarkan bulan Ramadhan juga bertujuan untuk mensucikan diri dari dosa dosa yang telah kita perbuat.

Selain beberapa ibadah wajib dengan janji pahala 70 kali lipat, ada juga beberapa ibadah sunnah yang bisa mendampingi ibadah wajib anda selama bulan Ramadhan. Misalnya membaca Al-Qur’an di waktu luang dan shalat sunnah sebelum dan sesudah shalat wajib.

Tidak hanya saat bulan Ramadhan, membaca qur’an juga dianjurkan setiap hari disepanjang tahun yang di lalui oleh umat muslim. Kecuali bagi orang-orang yang berhalangan membaca Al-Qur’an, seperti wanita yang sedang dalam kondisi udzur atau haid.

Pahala membaca Al-Quran berlipat ganda berkali-kali lipat, bahkan dihitung tidak berdasarkan berapa ayat yang kita baca. Melainkan dihitung dari setiap huruf yang terucap oleh bibir kita. Jika pada bulan lainnya membaca Al-Qur’an mendapat 1 pahala di setiap huruf. Maka dibulan Ramdhan pahala membaca Al-Qur’an berlipat ganda menjadi sepuluh kali lipat di setiap hurufnya.

Selain membaca Al-Qur’an ibadah sunnah lainnya yang bisa menunjang ibadah wajib adalah sholat sunnah rawatib dan shalat sunnah tarawih yang hanya ada di bulan Ramadhan. Selain menambah pahala berlomba-lomba dalam kebaikan selama bulan Ramadhan juga bisa menjadi ladang pahala bagi umat muslim.

Demikianlah beberpaa bentuk ibadah yang mendatangkan 70 kali lipat pahala jika dilaksanakan selama bulan Ramadhan. Semoga ibadah kita tidak terhenti hanya di bulan ramadhan, melainkan berlanjut dan atau meningkat di bulan-bulan lainnya. Aamiin….

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *