Pantai Indrayanti: Pantai Sebuah Maha Karya

Pantai Indrayanti
https://lookjogja.blogspot.co.id/2016/02/pantai-indrayanti-dari-gunungkidul-yang.html



Jogja Post —  Pantai Indrayamti, begitu orang-orang memanggilnya. Selain memiliki pemandangan yang indah, tentu saja semua di sana serba murah.

Pada kesempatan kali ini, saya ingin bercerita mengenai salah satu pantai yang berada di kabupaten Gunung kidul. Pantai tersebut bernama Pantai Indrayanti.

Tulisan ini saya beri judul  Pantai Indrayanti; Pantai Sebuah Maha Karya. Judul tersebut terinspirasi oleh satu lagu dari Bandung; SHaffix Pantai sebuah Maha Karya.

Memang benar, di pantai membuat kita senantiasa mengingat yang Maha Kuasa. Karena pantailah karya ciptaan Tuhan. Mungkin begitu pula dengan Anda, adanya hanyalah mengagungkan asma Tuhan.

Pertama kali saya ke Pantai Indrayanti kurang lebih 4 tahun lalu. Mungkin suasananya sekarang jauh lebih berbeda ya. Dahulunya, Pantai Indrayanti memang menjadi favorit, apalagi untuk melepas kepenatan.

Selain itu, bisa juga digunakan untuk raker (rapat kerja). Nah, bila Anda adalah seorang aktivis, Anda pun bisa menginap di sana untuk menjadikannya tempat raker.

Asal Muasal Nama Pantai Indrayanti

Mungkin Anda akan bertanya-tanya mengapa nama pantai tersebut bernama Indrayanti. Mungkin Anda akan berpikir apakah pantai tersebut milik perseorangan atau…?

Nama Pantai Indrayanti itu sendiri sebenarnya hampir memiliki sejarah yang sama dengan salah satu pantai di Bali, namanya Pantai Lovina.

Konon, di Pantai Lovina Bali tersebut ada sebuah kafe yang bertahan di Pantai Lovina. Seiring waktu, kafe tersebut lama-kelamaan banyak didatangi para pengunjung.

Alhasil, dari mulut ke mulut, masyarakat pun menyebut pantai tersebut dengan pantai Lovina. Sama seperti nama cafenya.

Tak terkecuali dengan nama ‘Indrayanti’. Nama tersebut berawal dari sebuah kafé di Pantai Indrayanti. Saking banyaknya pengunjung yang datang untuk mampir ke Kafe Indrayanti, lama-kelamaan mereka pun menyebut nama pantai tersebut dengan nama Pantai Indrayanti.

Masyarakat Jogja dan luar daerah pun penasaran dengan Pantai Indrayanti. Hingga akhirnya, mereka yang datang kemudian kembali, mereka menyebutnya dengan Pantai Indrayanti.

Beberapa masyarakat ada yang menceritakan bahwa nama Indrayanti sebenarnya nama istri pemilik kafe di Pantai Indrayanti. Adapula yang mengatakan bahwa nama ‘Indrayanti’ diambil dari nama kedua anaknya yakni Indra dan Yanti.

Nah, pertanyaannya, sebenarnya apa nama Pantai Indrayanti? Pantai Indrayanti sebenarnya memiliki nama Pantai Pulang Syawal. Kurang tahu juga penjelasannya, namun yang pasti, saat ini masyarakat lebih mengenal Pantai Pulang Syawal dengan nama Pantai Indrayanti.

Fasilitas-fasilitas di Pantai Indrayanti

Sekitar 4 tahun yang lalu, saya dan teman-teman saya mengadakan raker. Di sana, kami menyewa sebuah rumah dan sekalian menu makanan.

Bila pagi datang, kami biasanya main bola, siangnya raker dan malamnya kembali raker sebentar dilanjutkan menonton bioskop.

Di pagi hari, Anda bisa menyaksikan sunrise yang indah. Di siang hari, Anda pun bisa melihat aktivitas pantai beserta para pengunjungnya.

Di siang hari, Anda bisa duduk di gazebo-gazebo yang disediakan. Bahkan, Anda pun bisa sembari menikmati es kelapa muda, sate kronyos dan makanan-makanan khas laut.

Sore harinya, Anda pun bisa menikmati pemandangan sunset. Cukup indah, so, siapkan kamera Anda untuk menangkap momentmoment yang mungkin jarang Anda temui.

Di malam harinya, Anda bisa memasang tenda. Namun bila Anda menyewa rumah pun tak masalah. Di malam hari Aktivitas  yang b isa Anda lakukan bisa dimulai dari menonton bioskop, bakar-bakaran makanan atau sekedar ngobrol dengan teman-teman.

Menginap di Pantai indrayanti memang nyaman. Tenang saja, bila Anda menginginkan kamar mandi, toilet atau mushola, semua ada di Pantai Indrayanti.

Musholanya sendiri ada di bawah gunung batu; berupa tingkat dua. Anda bisa melaksanakan ibadah di sana dengan khusuk dan tenang.

Gunung Batu di Sekitar Pantai Indrayanti

Di Pantai Indrayanti, Anda bukan hanya bisa menikmati pemandangan pantai. Anda pun  bisa berjalan ke sebelah Barat  dan naik di gunung yang wujudnya bebatuan.

Suasananya mirip seperti rejek. Rejek itu seperti bukit yang penuh batu, namun ada beberapa pohon yang kecil maupun besar. Kalau tidak keliru, waktu itu ada pohon-pohon salak.

Banyak para pengunjung yang datang ke sana untuk menikmati Pantai Indrayanti dari atas. Mereka juga biasanya tidak melewatkan untuk selfie bersama teman-teman dan keluarga.

Bila Anda menaiki batu gunung tersebut, usahakan menggunakan jaket, sebab udaranya sangat kencang. Di sana pula, Anda mungkin akan merasakan hawa yang panas. Jadinya panas dicampur angin kencang.

Saya bersama teman-teman juga sempat turun untuk melihat-lihat budidaya ikan yang ada di dekat Pantai Indrayanti. Letaknya hanya berdekatan, Anda tinggal turun kemudian lanjutkan perjalanan Anda ke Barat, tak jauh dari gunung bebatuan tersebut Anda akan menemui beberapa kolam ikan.

Macam-macam Kuliner di Pantai Indrayanti

Barangkali masalah perut adalah masalah yang penting. Maka saya pun hadirkan di sub judul tersendiri hehe… Pengalaman saya ketika berkunjung ke sebuah tempat wisata, pernah sama sekali tidak ada makanan yang saya suka.

Nah, bila saya sudah bisa menebak di sana tidak ada makanan yang saya suka, maka saya pun memilih sangu dari rumah. Kupikir itu lebih baik dan OK.

Terkait macam-macam kuliner di Pantai Indrayanti, barangkali keadannya berbeda dengan saya zaman dahulu. Saat ini tentunya akan lebih lengkap.

Adapun berbagai macam kuliner yang saya temui, khususnya yang menggugah selera antara lain ada nasi goreng, bakso, soto, gudeg dan makanan-makanan ringan lainnya seperti siomai, sate dan lain sebagainya.

Selain makanan di atas, Anda pun bisa mencari makanan-makanan lezat yang tentu saja bernuansakan kelautan.  Anda akan cukup lengkap menemui menu-menu hidangan laut seperti gurameh bakar, ikan bakar dan lain sebagainya.

Rute Perjalanan Menuju Pantai Indrayanti

Jangan pernah berpikir ya bahwa Anda akan bisa sampai dengan menggunakan transportasi umum. Saya jamin tidak bakalan sampai hehe…

Ya, sebab di sana memang tidak ada transportasi umum. Anda akan banyak melewati pegunungan dan persawahan. Alhamdulillah, untuk saat ini semua jalan sudah diaspal. Kabar baik buat Anda. Maka dari itu, perlu Anda persiapkan segalaya agar perjalanan Anda lancar.

Mengenai rute menuju Pantai Indrayanti, sebenarnya tidaklah terlalu sulit. Bila Anda berangkat dari Kota Yogyakarta, Anda bisa mengambil arah ke Piyungan.

Setelah itu, Anda bisa melewati arah Patuk, dilanjutkan Sambipitu, lalu ke arah Hutan Bunder, menuju ke Gading. Sampai di gading, Anda bisa melanjutkan perjalanan Anda kembali menuju Gading, selanjutnya Siyono, diteruskan Bundaran Tugu BPD terus mengikuti Jalan Kyai Legi dan dilanjutkan mengikuti Jalan Lingkar Selatan.

Perjalanan bisa Anda lanjutkan melewati jalan KRT Djojodiningrat kemudian Jalan Girisubo lalu ke Wonosari next ke Jalan Satosari sampai ke Tepus.

Sebelum masuk Pantai Baron, silahkan Anda ambil ke arah Pantai Sundak kemudian menuju Somanden. Selangkah lagi, Anda akan sampai ke Pantai Indrayanti, tinggal lurus saja.

Alamat Pantai Indrayanti

Zama sudah semakin modern, Anda pun bisa menghubungi Google Map untuk berkunjung ke Pantai Indrayanti. Anda akan dipandu sampai ke tempat tujuan.

Adapun alamat lengkap Pantai Indrayanti berada di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogykarta. Adapun wilayah Pantai Indrayanti memiliki koordinat GPS -8.15022,110.612004.

Tips Berlibur ke Pantai Indrayanti

Sesuai pengalaman saya, saya melihat bahwa ada beberapa tipe seseorang ketika berliburan. Pertama adalah tipe yang tahan banting, kedua tipe yang kurang tahan banting.

Tipe pertama mungkin aman ya, namun untuk tipe kedua lebih baik dipersiapkan dengan matang. Mulai dari obat-obatan pribadi, peralatan pribadi atau yang lainnya.

Misalnya Anda sering mabuk kendaraan, sebisa mungkin Anda mencari cara agar Anda tidak mabuk kendaraan. Anda bisa sambil medengarkan musik, murottal, mengingat hal-hal yang menyenangkan di kehidupan Anda atau sekedar ngobrol dengan teman di samping Anda.

Ingat-ingatlah apa saja yang membuat Anda senang dan bahagia. Saran saya, bila Anda adalah seseorang yang mempunyai tipe pemabuk, Anda bisa membawa obat pribadi untuk Anda. Dan, jangan sekali-kali Anda mengingat bahwa Anda akan mabuk kendaraan.

Jalan menuju Pantai Indrayanti memang sudah diaspal, namun bila kendaraan Anda kurang stabil ditambah jalan yang berliku-liku naik turun gunung, tak sedikit orang yang mabuk kendaraan. 

Carilah kendaraan yang nyaman, jangan karena berombongan, lantas Anda naik menggunakan mobil box. Itu fatal!

Study Tour Jogja ke Pantai Indrayanti

Studytour ke tempat-tempat wisata bisa diperlukan untuk Anda yang ingin belajar sekaligus berwisata. Terlebih bila Anda menginginkan informasi yang lebih, Anda bisa menggunakan jasa tour.

Setiap jasa tour ke Pantai Indrayanti, nantinya Anda akan mendapatkan fasilitas seperti kendaraan yang Anda inginkan, makanan yang Anda inginkan, penginapan, oleh-oleh dan mana saja tempat yang mungkin bisa Anda singgahi.

Nantinya. Anda akan ditemani oleh guide yang mengerti wawasan tentang wisata yang Anda tuju. Manfaatnya, tentu saja perjalanan Anda akan semakin nyaman, dan Anda bisa full menikmati liburan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *