Rasulullah pun Berpesan; Bahwa yang Wajib Berdandan itu Bukan Hanya Istri, tetapi Juga Suami!

by
Rasulullah pun Berpesan; Bahwa yang Wajib Berdandan itu Bukan Hanya Istri, tetapi Juga Suami!
Pixabay.com

JOGJAPOST – Dalam sabdanya, Rasulullah SAW berpesan, bahwa yang wajib berdandan itu, bukan cuma istri, tapi juga suami. Ini adalah petikan nasehat Nabi untuk para suami yang ingin mewujudkan rumah tangga harmonis, agar selalu mempersembahkan yang terbaik untuk istrinya, bukan Cuma menuntut istrinya untuk memberikan yang terbaik.

Dalam bukunya yang berjudul Liman Yuriidu Az-Ziwaaj Wa Tazawuj, Syaikh Fuad Shalih menyampaikan 4 nasehat Rasulullah SAW untuk para suami agar senantiasa  bisa berbenah, saling bekerjasama dengan istri dan selalu berpenampilan menarik saat berada di rumah. Bagi para suami yang ingin menjadi sosok pangeran terbaik untuk istrinya, berikut 4 nasehatnya:

4 Nasehat Rasulullah Untuk Para Suami

1. Cucilah Bajumu

Nasehat “cucilah bajumu” memiliki dua dimensi yaitu proses dan hasil. Dalam dimensi proses, Rasulullah pada nasehat ini mengajarkan untuk berbagi peran antara suami dan istri dalam mengerjakan urusan domestik seperti mencuci baju dan lain-lain, sehingga akan terjadi kekompakan antara suami dan istri dalam membina rumah tangga.

Dalam dimensi hasil, nasehat ini mengajarkan pada para suami untuk berpakaian rapih, bersih dan tidak kusut  dihadapan istrinya. Dengan kata lain, menggunakan baju bersih dan rapi saat di rumah merupakan kewajiban suami dan istri, terutama saat sedang berdua agar tercipta hubungan rumah tangga yang mesra, harmonis dan adil untuk suami dan istri.

2. Rapikan Rambutmu

Merapikan rambut merupakan pekerjaan simpel para lelaki yang tidak suka dandan. Namun, bagi para lelaki yang sudah berumah tangga, hendaknya selalu merapihkan rambut terutama saat berduaan dengan istri, jangan mengutamakan orang lain di luar sana yang tidak selalu memaksa untuk berpenampilan rapih saat bertemu dengan mereka.

3. Gosoklah Gigimu

Dalam Hadits Riwayat Imam Muslim, dijelaskan bahwa ketika Aisyah ditanya mengenai kebiasaan Rasulullah saat pertama kali memasuki rumahnya, beliau menjawab “bersiwak”. Selain membersihkan dan menyehatkan, membiasakan bersiwak saat berada di rumah, mampu meningkatkan kemesraan antara suami dan istri, sebab tidak ada bau mulut  yang membatasi.

Nasehat ini sangat penting sekali dilakukan oleh para suami, sebab, membangun komunikasi harmonis antara suami dan istri mampu menciptakan suasana rumah tangga yang nyaman dan romantis. Membiasakan bersiwak menjadi cara untuk menjaga komunikasi antara suami dan istri, agar keduanya bisa saling terbuka melalui curhatan yang mesra dan romantis.

4. Berhiaslah Untuk Istrimu

Para sahabat Nabi adalah suami-suami yang terdepan dalam mengamalkan nasehat berhias untuk istri. Ibnu Abbas mengatakan, “aku suka berhias untuk istriku sebagaimana aku suka istriku berhias untukku”. Beliau yakin bahwa “sesungguhnya berhiasnya suami dihadapan istrinya, akan membantu istrinya menundukkan pandangannya dari melihat laki-laki selain suaminya”.

Tak hanya itu, beliau juga yakin bahwa “berhiasnya suami dihadapan isterinya juga semakin mendekatkan  hati keduanya”. Nasehat terakhir ini mengajarkan pada para suami untuk senantiasa selalu berhias dihadapan istrinya, jangan hanya selalu menuntut istri selalu berhias dan mendapati suaminya tampil tidak rapih saat berada di rumah.

Demikianlah ulasan mengenai 4 nasehat Rasulullah untuk para suami yang dikutip oleh Syaikh Fuad Sholih. Semoga mampu menginspirasi para suami untuk mempersembahkan yang terbaik untuk bidadarinya di rumah. Jangan sampai para suami hanya bisa menuntut istrinya untuk memberikan yang terbaik, namun tidak memberikan hal serupa untuk istrinya. Semoga bermanfaat dan semoga bisa menjadi teladan mulia bagi para suami terbaik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *