26 Hari Mlipir di Sungai Petani Malaysia

oleh
Malaysia Sungai Petani
Pixabay.com

JOGJA POST – Hai, senang sekali bisa menuliskan pengalaman pertama mengunjungi negeri Jiran Malaysia. Ada banyak yang perlu diketahui tentang negeri yang dulunya tahun 90-an sangat populer dengan musik rock melayu.

Ada tips yang jitu bila anda ingin berlebaran di Malaysia. Anda bisa memesan tiket pesawat jauh-jauh hari agar Anda mendapatkan harga yang fantastis. Anda bisa memilih jenis pesawat yang akan Anda gunakan, seperti Garuda, AirAsia, Lion Air atau Batik Air.

Coba tanya ke CS yang bersangkutan, adakah promo menjelang lebaran. Anda bisa memilih rentang waktu yang tepat. Saya sendiri waktu itu berangkat 15 hari sebelum hari lebaran. Waktu itu saya memilih AirAsia dan mendapat harga 1.500.000 untuk pulang pergi.

Harga tiket tersebut sudah termasuk visa ya. Memang sih sebenarnya di negara-negara ASEAN tidak dikenakan visa, namun lebih tepatnya langsung memilih tiket pesawat pulang pergi. Sebab, nantinya sewaktu open check in, Anda akan ditanya pasport sekaligus tiket Anda.

Oh iya, saran saya ambil hari Selasa atau Rabu, di hari itu Malaysia tidak terlalu ramai sehingga perjalanan Anda bisa lancar tanpa macet tanpa hambatan yang berarti.

Berangkat

Bandara Adisucipto Yogyakarta
Bandara Adisucipto Yogyakarta

Jika Anda telah menyelesaikan semua urusan tuiket Anda, tinggal deh Anda berangkat menuju Bandara.

Beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika check in adalah jangan sesekali membawa senjata tajam. Anda juga dilarang untuk membawa air mineral ataupun air yang tidak diperbolehkanoleh negara.

Sewaktu pemeriksaan barang, lepas semua atribut yang Anda pakai dan bawa. Bila Anda membawa laptop di dalam tas Anda, oleh petugas akan diminta untuk dikeluarkan sementara. Begitu pula bila Anda membawa handphone atau alat elektronik sejenis lainnya.

Bahkan, soal ikat pinggang pun dilepas untuk sementara demi keamanan. So, sewaktu Anda masuk ke dalam pemeriksaaan, Anda hanya mengenakan celana dan pakaian polos ya.

Bila Anda masih belum terbiasa naik pesawat, kemudian Anda merasa grogi tingkat tinggi kalau nantinya terjadi apa-apa, ada baiknya Anda melakukan hal-hal yang bisa menentramkan jiwa Anda.

Misalnya, Anda bisa shalat 2 rakaat sebelum perjalanan, bila di pagi hari, Anda bisa shalat Dhuha. Jangan lupa untuk sedekah dan terakhir membaca doa safar. Insha Allah beres dah.

Bandara Kuala Lumpur

Bandara Kuala Lumpur Malaysia
Bandara Kuala Lumpur Malaysia

Sekali lagi jangan panik ya. Kepanikan justru akan membuat Anda lebih bingung dan linglung. Orang yang bingung, bahasa Melayu pun bisa bisa jadi seperti bahasa Inggris. Sama-sama sama susah memahinya haha…

Bagi Anda yang pernah ke bandara Kuala Lumpur barangkali sudah pernah melihat betapa luasnya bandara Kuala Lumpur.

Bandara Kuala Lumpur Malaysia Saat Petang
Bandara Kuala Lumpur Malaysia Saat Petang

Bila Anda ingin keluar bandara, dan Anda tidak tahu bagaimana caranya keluar, Anda tinggal mengikuti orang-orang yang bersama peswat dengan Anda; pasti mereka juga akan keluar hehe…

Bila terpaksanya bingung, Anda tinggal ikuti arah petunjuk jalan yang bertuliskan walk out. Jangan kaget, akan ada banyak tulisan dan tanda arah walk out, mungkin nantinya Anda akan berpikir kenapa tidak sampai-sampai dan justru malah naik turun tidak karuan.

Jangan panik, memang seperti itu rute perjalanannya. Bila masih bingung, jangan segan-segan bertanya ke petugas security ya.

Foreign Passport

Foreign Passport
Foreign Passport

Sebelum Anda benar-benar keluar dari Bandara, petugas Bandara akan memeriksa terlebih dahulu pasport Anda. Di Bandara Kuala Lumpur, setiap pelancong di berbagai negara memiliki bilik masing-masing, termasuk dari Indonesia memiliki bilik tersendiri. Tidak tahu ya dengan bandara-bandara negara lainnya.

Jangan panik. Anda hanya akan ditanya di mana Anda akan tinggal dan berapa lama Anda akan tinggal di Malaysia.

Change Money

Tempat Menukar Uang Rupiah ke Ringgit Bandara Kuala Lumpur
Tempat Menukar Uang Rupiah ke Ringgit

Setelah Anda keluar dari Bandara, langkah selanjutnya menukar uang Anda dengan mata uang yang berlaku di negara malaysia; dalam hal ini Ringgit.

Ketika itu saya menukarkan uang saya di Bank CIMB dengan nominal 900.000. Bila dikonversikan ke dalam ringgit maka uang saya menjadi 245 ringgit. Ya kurang lebih begitu dah.

Sekali lagi jangan panik, bila Anda keluar kemudian melihat harga-harga baju dan pakaian di dalam bandara mencapai 40-50 ringgit; itu wajar-wajar saja sebab di dalam bandara.

Itu artinya harga pasti sudah naik berkali-kali lipat. Sama halnya bila Anda membeli pakaian di Pasar Imogiri kemudian Anda bandingkan dengan harga pakaian di ]Pasar Malioboro.Tentu saja berbeda.

Bus or Kereta Api?

Bus Menuju Bandar Tasik Selatan Malaysia
Bus Menuju Bandar Tasik Selatan Malaysia

Saya kira dua jenis kendaraan inibanyak dipilih oleh sebagian besar pelancong dari berbagai negara, sebab dua jenis kendaraan ini memang tergolong asyik dan murah haha….

Sekali lagi jangan panik. Jangan ikut-ikut panik. Di sana nantinya Anda akan menemui banyak orang yang panik sebab memang ada perbedaan cara naik bus atau kereta api di Malaysia.

Di Malaysia sendiri uuntuk kendaraan bus bisa pesan tiket terlebih dahulu. Waktu itu, saya akan berangkat ke Sungai Petani. Secara gitu lhoch, saya pun pesan tiket untuk menuju Terminal Bandar Tasik Selatan.

Sesampai di Bandar Tasik Selatan, lanjut pesan tiket bus kedua menuju Sungai Petani. Adapun perjalanan dari terminal Bandar Tasik Selatan ke Sungai Petani kurang lebih mencapai 4-6 jam. Lumayan melelahkan.

Tips bila Anda ingin bepergian; bila Anda ingin menikmati perjalanan tanpa terhalang waktu, Anda bisa menggunakan bus.

Namun apabila Anda mengejar waktu, sebaiknya Anda menggunakan kereta api. Dengan menggunakan kereta api, Anda mungkin hanya memerlukan waktu 2-3 jam sebab tanpa macet di jalanan hehe…

Buka Puasa Indonesia Versus Malaysia

Buka Puasa di Indonesia Versus Malaysia

Kita tahu bahwa di negeri Malaysia selisih waktunya lebih 1 jam. Itu artinya bila di Indonesia jam 10 pagi, maka di Malaysia jam 11 siang.

Di Malaysia, pukul 18.00 masih seperti jam 4 sore di Indonesia. Begitu juga ketika pukul 06.00 pagi masih seperti pukul 04.30 subuh di Indonesia. Imsaknya saja di sini pukul 05.45 pagi.

Lalu bagaimana dengan puasa? Pastinya waktu di Malaysia akan berbuka kurang lebih pada pukul 19.30. Itu artinya tambah lama bila puasanya dari Indonesia haha….

Tanpa pikir panjang, pukul 18.30, saya pun langsung makan roti karena memang sudah tidak tertahankan. Lagipula saya memulai puasa dari Indonesia pukul 04.30 plus juga belum tahu hukumnya harus bagaimana hehe…

Sungai Petani Malaysia

Alhamdulillah, perjalanan yang melelahkanpun berakhir. Pukul 1 dini hari saya sampai di Sungai Petani. Langsung deh peluk keponakan tercinta. Setelah itu makan bareng di Restoran Nasi Kendar, 18 ringgit ucul….

 

Tinggal di Daerah Istimewa Yogyakarta

Tinggal di Daerah Istimewa Yogyakarta Zamhari

Gambar Gravatar
  Tinggal di Daerah Istimewa Yogyakarta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *