Jogja Post Berita Jogja Hari Ini

Tips Rawat Luka Agar Tidak Menimbulkan Bekas

1 min read

Tips Rawat Luka Agar Tidak Menimbulkan Bekas

Tips Rawat Luka Agar Tidak Menimbulkan Bekas

Luka di kulit merupakan hal yang wajar terjadi terutama untuk Anda yang memiliki aktivitas tinggi. Luka bisa terjadi karena terkena benda tajam atau terkena gesekan saat terjatuh. Ada beberapa jenis luka yang jika tidak dirawat dengan baik dapat menimbulkan bekas. Meskipun tidak terasa sakit, namun bekas luka dapat mengganggu penampilan Anda dan menyebabkan turunnya tingkat kepercayaan diri. Untuk mencegah hal tersebut, maka Anda harus tahu tips rawat luka agar tidak menimbulkan bekas.

Bagaimana Rawat Luka Agar Tidak Menimbulkan Bekas

Banyak orang yang terganggu dengan bekas luka sehingga mereka melakukan berbagai upaya untuk menghilangkannya. Misalnya seperti menggunakan produk khusus penghilang bekas luka yang harganya tidak murah. Sebenarnya, dibandingkan menghilangkan bekas luka Anda lebih baik mencegah munculnya bekas tersebut. Berikut ini adalah cara merawat luka dengan benar agar tidak menimbulkan bekas.

  1. Cuci Tangan Anda Sebelum Merawat Luka

Sebelum menangani luka, pastikan bahwa tangan sudah bersih dan terbebas dari kuman. Jadi cucilah tangan menggunakan air dan sabun hingga bersih. Hal tersebut berguna agar bakteri dan kuman yang ada di tangan Anda tidak berpindah ke luka. Jika tangan Anda masih kotor dan penuh kuman makan proses pembersihan yang dilakukan akan percuma saja.

  1. Bersihkan Luka dan Area di Sekitarnya

Setelah memastikan tangan bersih dari bakteri dan kuman, tips rawat luka agar tidak menimbulkan bekas selanjutnya adalah dengan membersihkan luka dan area di sekitarnya. Usahakan air yang digunakan untuk membersihkan luka adalah air dingin. Dan gunakan pinset yang telah disterilkan dengan alkohol untuk menghilangkan kotoran atau pecahan yang menempel di luka. Kemudian bersihkan luka dengan lembut menggunakan kain.

  1. Tutup Luka dengan Plester

Menutup luka menggunakan plester dapat membantu mempercepat proses penyembuhan dan juga melindungi luka dari kuman dan bakteri. Menutup dan menjaga luka agar tetap lembab juga bisa mencegah timbulnya bekas luka yang mengganggu. Hansaplast merupakan plester luka yang dapat membantu mencegah timbulnya bekas luka. Terdapat banyak varian yang bisa dipilih untuk rawat luka Anda, termasuk dengan varian anak-anak yang penuh dengan karakter lucu.

  1. Jangan Menggaruk Luka atau Mengelupasnya

Luka yang akan mengering biasanya menimbulkan rasa gatal sehingga Anda ingin menggaruknya. Meskipun rasa gatal menyerang, namun Anda tidak boleh menggaruknya untuk menghindari munculnya bekas luka. Selain itu, luka yang digaruk juga dapat menyebabkan luka semakin melebar karena bakteri dan kuman mudah masuk ke dalamnya.

Itulah tips rawat luka agar tidak menimbulkan bekas yang akan mengganggu penampilan Anda. Hansaplast kini memiliki produk yang tidak hanya melindungi luka dari kuman dan bakteri, namun juga mencegah timbulnya bekas luka. Dengan menggunakannya secara benar Anda bisa terhindar dari bekas luka yang mengganggu.

 

Jogja Post Berita Jogja Hari Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!