Sebuah Cerita; Awal Mula Umbu Landu Paranggi Jatuh Cinta dengan Puisi

Umbu Landu Paranggi
http://tonimalakian.blogspot.co.id/2014/03/umbu-landu-paranggi-presiden-malioboro.html


JOGJA POST — Siapa yang tak mengenal tokoh yang satu ini, Ia adalah penyair hebat sekaligus misterius. Beliau adalah Umbu Landu Paranggi, seorang lelaki gagah tinggi yang  dijuluki oleh berbagai media massa dan para budayawan sebagai Presiden Malioboro.

Beliau adalah seorang seniman yang berkecimpung di dunia sastra sejak tahun 1960-an. Nama besarnya dikenal melalui karya-karya  puisi dan esai yang sering dimuat di berbagai media massa.

Pada tahun 1970-an, ketika itu Umbu Landu Paranggi membentuk Persada Studi Club atau yang biasa disingkat dengan singkatan PSK. PSK itu sendiri adalah sebuah komunitas penyair, sastrawan dan seniman yang memiliki pusat di Malioboro Yogyakarta.

Dan inilah satu-satunya komunitas sastra yang memiliki peran sangat penting bagi perjalanan sastrawan-sastrawan besar di Indonesia.

Awal Mula Umbu Landu Paranggi Jatuh Cinta pada Puisi

Tentu Anda akan heran bagaimana tokoh ini bisa jatuh cinta pada puisi, bahkan bisa melahirkan sastrawan-sastrawan hebat di Indonesia.

Tidak perlu berlama-lama lagi, Anda bisa menyaksikan video di bawah ini; sebuah penuturan langsung dari Presiden Malioboro yang mengisahkan awal mula Umbu Landu Paranggi jatuh cinta pada puisi. Video ini diambil dari dokumentasi TVRI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *