Fakta GTA San Andreas yang Diambil Dari Kehidupan

by -40 Views

Fakta GTA San Andreas yang Diambil Dari Kehidupan

GTA San Andreas (Pexels.com)
GTA San Andreas (Pexels.com)

Fakta GTA San Andreas yang Diambil Dari Kehidupan – Berbeda dengan GTA Vice City yang banyak mengambil inspirasi alur cerita dari film, GTA San Andreas justru diangkat dari kejadian nyata yang terjadi di Los Angeles pada era 90-an. 

Kala itu, Los Angeles tengah dilanda wabah crack, yang membuat banyak penduduknya kecanduan crack, versi murah dari kokain. 

Alhasil, geng-geng besar saling bersaing dalam bisnis ini. Persaingan itu bukan sekadar persaingan biasa, karena dalam bisnis ini banyak anggota geng yang harus dibunuh. 

Tak hanya itu, polisi korup seperti Officer Tenpenny juga makin banyak jumlahnya di Los Angeles yang sesungguhnya. Bahkan National Geographic dan History Channel pernah membuat film dokumenter tentang sejarah kelam kepolisian Los Angeles. Berikut ini, saya akan memberikan beberapa hal dalam GTA San Andreas yang diadaptasi dari dunia nyata.

1. Ballas

Dalam GTA San Andreas, geng Ballas adalah representasi dari geng yang disebut Crips, salah satu geng terbesar di California. Geng ini dapat dikenali dari pakaian ungu dan aksesori lainnya. 

Selain itu, Crips memiliki subkelompok atau kelompok kecil yang disebut Grape Street Crips, yang kedengarannya agak mirip dengan Grove Street.

2. Grove Street

Grove Street sendiri merupakan representasi dari geng kedua yang disebut Bloods, yang sering terlihat mengenakan pakaian merah. 

Namun, Bloods memiliki dua subkelompok bernama Lime Hood Piru dan Tree Top Piru yang sering terlihat mengenakan aksesori hijau.

Kedua kelompok ini juga menguasai wilayah Compton, California. Di wilayah tersebut, terdapat pula jalan yang sangat mirip dengan Grove Street di GTA San Andreas. 

Selain itu, jumlah anggota geng Bloods relatif lebih sedikit dibandingkan dengan geng Crips. Mirip dengan awal cerita di GTA San Andreas di mana geng Ballas lebih kuat dibandingkan Groove Street.

3. Teritori Geng

Teritori Geng (Pinterest.com)
Teritori Geng (Pinterest.com)

Gambar di atas menggambarkan perbandingan antara wilayah di dunia nyata dan GTA San Andreas. 

Jelas terlihat bahwa geng Bloods/Grove Street menguasai wilayah di bagian tenggara kota, dikelilingi oleh wilayah geng Crips/Ballas. Di arah barat daya, ada juga wilayah kecil yang dimiliki oleh Bloods/Grove Street. 

Penting untuk dicatat bahwa di GTA San Andreas, ada aspek-aspek tertentu yang telah diubah oleh Rockstar seperti nama dan warna. 

Bloods lebih mirip dengan Ballas dalam permainan, tetapi dalam hal demografi, Bloods lebih mirip dengan geng Grove Street. Sama seperti Grape Street, Crips di dunia nyata adalah bagian dari Crips/Ballas, bukan milik Bloods/Grove Street.

4. Rapper

GTA San Andreas juga menggambarkan persaingan antara dua rapper, Madd Dogg dan OG Loc. Persaingan ini akhirnya berujung pada kematian Alan Crawford, manajer Madd Dogg. 

Di dunia nyata, skenario serupa juga terjadi, dengan persaingan antara rapper di Los Angeles yang mengakibatkan kematian dua rapper legendaris, 2pac Shakur dan Notorious BIG.

5. C.R.A.S.H.

Karena meningkatnya persaingan antar geng yang semakin tidak terkendali, polisi Los Angeles akhirnya membentuk unit khusus untuk mengatasi masalah tersebut. Unit ini diberi nama CRASH (Community Resources Against Street Hoodlums), dan di GTA San Andreas, unit ini diberi nama yang sama. 

Anggotanya yang paling terkenal adalah Officer Tenpenny, Officer Pulaski, dan Officer Hernandez. Mereka juga dikenal sebagai polisi yang sangat korup, sering terlibat dalam kegiatan ilegal dengan anggota geng. 

Tidak hanya itu, Officer Tenpenny bahkan pernah mengucapkan kalimat yang tidak lain adalah motto internal polisi CRASH di dunia nyata: 

“Kami mengintimidasi mereka yang mengintimidasi orang lain.”

6. Officer Tenpenny & Rafael Perez

Rafael Perez tak lain adalah anggota CRASH yang tertangkap setelah membawa 2,7 kg kokain sebagai barang bukti di markas LAPD. 

Dalam proses interogasi, Rafael Perez akhirnya mengungkap aksi kriminal yang telah dilakukannya, maupun yang dilakukan oleh anggota CRASH lainnya. 

Total ada lebih dari 200 kasus yang dimanipulasi oleh para oknum polisi korup tersebut. Artinya, ada ratusan orang yang dipenjara secara salah atas hal yang tidak pernah mereka lakukan. 

Perez juga menjebak seorang remaja bernama Javier Ovando, mirip seperti Petugas Tenpenny yang menjebak CJ di awal cerita GTA San Andreas. 

Tak hanya itu, Rafael Perez diduga berafiliasi dengan geng Bloods, mirip dengan Tenpenny yang bekerja sama dengan Big Smoke dan Ryder.

7. LA RIOT 1992

Dalam GTA San Andreas, Officer Tenpenny ditangkap atas kasus pembunuhan terhadap seorang polisi lain bernama Officer Pendelbury. Namun, tak lama setelah itu, Tenpenny dibebaskan. 

Hal ini akhirnya berujung pada dimulainya kerusuhan di Los Santos yang terjadi dalam misi bertajuk Riot. 

Pada tahun yang sama dengan latar GTA San Andreas, kerusuhan besar juga terjadi di Los Angeles yang berlangsung selama seminggu. 

Bedanya, kerusuhan ini terjadi bukan karena seorang polisi korup dibebaskan dari hukuman, melainkan karena tindakan represif polisi terhadap masyarakat kulit hitam.

 

Baca Juga Artikel Lainnya : 10 Rekomendasi wisata di Bantul dengan Keindahan yang Memukau

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *