Sekolah Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak, Ngapain Aja? Ini Informasinya!

by -63 Views
Rekayasa Perangkat Lunak? Ngapain?
Rekayasa Perangkat Lunak(blog.maukuliah.id)

Rekayasa Perangkat Lunak? Ngapain? kalian pasti penasaran jurusan RPL Rekayasa Perangkat Lunak itu ngapain aja sih Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) adalah ‘salah satu jurusan yang dapat Anda pilih saat ingin melanjutkan studi ke sekolah menengah kejuruan (SMK). Untuk lebih memahami jurusan ini, yuk kita jelaskan dulu apa itu RPL dan bagaimana prospek kerjanya!

Apa harapan RPL itu?

Rekayasa perangkat lunak atau biasa disingkat RPL adalah penmahaman dan kajian mendalam tentang pengembangan perangkat lunak, dimulai dari pembuatan, pemeliharaan, pengelolaan organisasi pengembangan perangkat lunak, dan manajemen mutu. Selain itu, jurusan ini juga berkaitan dengan perangkat lunak komputer, seperti pembuatan website, aplikasi, game dan segala sesuatu yang berhubungan dengan pemrograman dan pastinya kalian penasaran dengan anak jurusan Rekayasa Perangkat Lunak itu ngapain aja.

Pada dasarnya jurusan RPL memiliki 3 hal penting untuk dipelajari yaitu coding, desain, dan algoritma. Pembelajaran ini dimaksudkan agar Anda dapat membuat program aplikasi mobile atau web. Selain itu, Anda juga akan mempelajari cara mengembangkan sistem operasi menggunakan struktur data yang efisien.

Sebagai siswa RPL, kamu beruntung loh guys. Pasalnya saat ini industri ini sangat membutuhkan teknisi di bidang pengembangan perangkat lunak, dan jurusan ini juga memiliki peluang yang sangat besar di masa mendatang mengingat perkembangan teknologi yang semakin pesat.

Apaasih yang dipelajari di jurusan ini??
yang dipelajari di jurusan RPL antara lain:

1. Dinamis Web

Kursus Web Dinamis akan memandu Anda dalam membuat halaman web. Dalam pelajaran ini Anda akan memahami teknik membangun website menggunakan berbagai aplikasi dan tentunya mulai belajar bahasa pemrograman.

2. Pemrograman Berorientasi Objek

Topik ini, sering disingkat PBO, berkaitan dengan penulisan kode yang berorientasi pada objek. Selain itu, Anda juga akan mempelajari berbagai konsep PBO seperti enkapsulasi, abstraksi, polimorfisme, dan lain-lain.

3. Pemrograman Desktop

Dalam pelajaran ini, Anda akan dipandu dalam mengembangkan program yang dapat dijalankan di komputer Anda. Di sini, Anda juga akan mempelajari berbagai bahasa pemrograman desktop seperti Java, C, PHP, Visual Basic, Python, dan lainnya.

4. Data Dasar

Sebagai ahli RPL, Anda sangat perlu mempelajari data dasar. Karena database merupakan komponen dasar yang menyimpan seluruh data yang terdapat pada suatu aplikasi.

5. Pengkodean

Saat belajar coding, Anda diharuskan memahami berbagai bahasa pemrograman, seperti Pascal, Java, Web Server, PHP, HTML, CSS, dll.

6. Algoritma

Dalam pelajaran ini, Anda akan memahami langkah-langkah berurutan untuk menyelesaikan masalah pemrograman. Beberapa materi pada pembelajaran algoritma meliputi algoritma dasar dan algoritma lanjutan.

Dengan banyaknya hal yang harus dipelajari di departemen ini, penasaran kan dengan apa saja yang dilakukan lulusan RPL? Berapa gaji lulusan sekolah profesi khusus RPL?

baca juga berita Apa Itu Kurikulum Merdeka? Pengertian, Implementasi, Tantangan

Apa saja yang dipelajari? dan Pekerjaan setelah lulus

Prospek pekerjaan untuk jurusan RPL

1. Pemrogram

Lulusan RPL tentunya mempunyai peluang untuk berkarir menjadi programmer. Programmer sendiri adalah orang yang bertanggung jawab untuk membuat program atau software komputer untuk mempermudah pekerjaan. Saat ini, hampir setiap bisnis membutuhkan seorang programmer. Sebagai seorang programmer, Anda akan dibayar antara Rp5.000.000 hingga Rp8.000.000.

2. Analisa Sistem

Di tempat kerja, analis sistem adalah bagian dari tim teknis. Pada posisi ini, Anda bertanggung jawab untuk melakukan analisis sistem, yang kemudian dilakukan oleh seorang programmer. Sebagai seorang analis sistem, Anda juga harus bisa membandingkan kelebihan dan kekurangan sistem yang dirancang. Asal tahu saja, gaji bulanan seorang analis sistem entry-level mulai dari Rp5.000.000 hingga Rp11.000.000

3. Basis Data Asuransi

Sebagai lulusan RPL, Anda juga memiliki kesempatan untuk menjadi database engineer. Di perusahaan, profesi ini bertanggung jawab atas infrastruktur data berupa database, pipeline, data warehouse, dll. Jika Anda menjadi seorang database engineer, Anda tidak hanya akan bekerja di perusahaan IT saja. Anda juga bisa meniti karir di bidang perbankan yang kini mulai go digital. Oh iya rata-rata gaji database engineer di Indonesia bisa sampai Rp 12.000.000 lho.

4. Pengujian Perangkat Lunak

Seperti namanya, Penguji Perangkat Lunak adalah profesi yang bertanggung jawab untuk memancarkan kualitas dan fungsionalitas perangkat lunak. Biasanya, profesi ini akan menganalisis sistem perangkat lunak yang terdapat pada produk besar, seperti kendaraan, produk elektronik, peralatan keamanan, dll. Untuk menyampaikan hal yang sangat penting, penguji perangkat lunak dibayar sekitar Rp7.000.000 per bulan.

5. Pengembang Game

Pernahkah Anda membayangkan memainkan game yang Anda buat sendiri? Pasti akan menyenangkan! Pengembang game adalah seseorang yang menciptakan game. Ruang kerja meliputi pembuatan audio, desain grafis, dan produksi aplikasi.

Selain itu, sebagai pengembang game, Anda juga perlu memastikan bahwa software game yang Anda buat dapat diakses melalui perangkat mulai dari video game, PC atau laptop hingga smartphone. Setiap bulannya, seorang pengembang game bisa mendapatkan gaji mulai dari Rp5.000.000 hingga Rp8.000.000 di entry level.

Ya, pilihan karir yang menarik yang bisa dikejar oleh lulusan RPL. Kira-kira, karier apa yang menarik minatmu?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *