Yang Dipelajari Jurusan TKJ? Apa Aja Sih?

by -47 Views
Apa Yang Dipelajari Jurusan TKJ?
Jurusan TKJ(www.smkicb-teknika.sch.id)

Taukah Anda banyak jurusan menenai teknik di fakultas fakultas salah satunya Teknik Komputer Jaringan kalian pasti penasaran apa yang dipelajari dijurusan ini kan. Sekarang mari kita bicara tentang TKJ dulu ya. Apa yang Anda rencanakan untuk dipelajari di bidang ini dan peluang ker8rdddddja apa yang ada?

Apa itu jurusan TKJ? dan apa yang dipelajari jurusan TKJ

Teknik Jaringan Komputer atau sering disingkat TKJ merupakan sekolah profesi yang mengajarkan bagaimana komputer, jaringan dasar, dan komponen perangkat keras komputer disatukan. Selain itu, sebagai spesialis TKJ, Anda akan belajar cara menginstal sistem operasi (OS), memecahkan masalah komputer pribadi (PC), mengatur jaringan area lokal (LAN), mendesain situs web, dan banyak lagi.

Anda juga siap untuk mengatur jaringan komputer, baik di rumah, di kantor, antar kantor, antar kota atau antar negara. Diketahui bahwa setiap perusahaan membutuhkan jaringan komputer. Bisnis biasanya menggunakan jaringan komputer berjenis LAN yang menghubungkan satu komputer dengan komputer lainnya. Jadi sebagai pelajar LAN banyak perusahaan yang membutuhkan Anda.

Selanjutnya, jika Anda seorang ahli TKJ, manfaat lain yang bisa Anda peroleh adalah meningkatkan kemampuan Anda dalam mengembangkan perangkat keras, memperbaiki komputer dan berbisnis di bidang Internet, serta memperluas kepekaan Anda terhadap perkembangan teknologi.

Wah, semakin tertarik dengan spesialisasi TKJ? Jika iya, mari kita bahas topik yang diajarkan pada bagian ini lebih mendalam!

Apa yang dipelajari di jurusan TKJ?

Yang Dipelajari Jurusan TKJ Anda akan menemukan bahan-bahan yang memenuhi kebutuhan masyarakat. Berikut beberapa topik yang akan Anda temukan di bagian ini:

1. Dasar-dasar Komputer dan Jaringan

Dalam kursus ini, Anda akan mulai mempelajari dasar-dasar komputer dan jaringan, dimulai dengan pengenalan komputer . Perangkat keras, pengembangan jaringan, dan komponen yang berhubungan dengan kinerja komputer.

2. Pemrograman Dasar

Pada topik Pemrograman Dasar, Anda akan mempelajari tentang pemrograman. Encoding sendiri merupakan sebuah kode yang berperan sebagai perantara antara komputer dan penggunanya. Melalui pemrograman, komputer mengetahui apa yang harus dilakukan. Dengan menggunakan keterampilan pemrograman, Anda dapat membuat aplikasi dan situs web serta memproses data.

3. Administrasi Infrastruktur Jaringan

Dalam kursus ini, Anda akan dipandu melalui jenis konfigurasi jaringan seperti Cisco dan Mikrotik. Selain itu, Anda juga akan belajar tentang konfigurasi server.

4. Teknologi Jaringan Area Luas

Sebagai pelajar TKJ mutlak harus mampu mengidentifikasi kerusakan komputer dan mengetahui cara perbaikannya. Jadi, Anda benar-benar perlu mengetahui tentang topik ini. Selain itu, pada mata kuliah Teknologi Wide Area Network Anda juga akan mempelajari cara mengatur jaringan seperti LAN, Wide Area Network (WAN) dan Internet.

5.Komunikasi Analog dan Digital

Mempelajari komunikasi analog dan digital akan membuat Anda memahami peran dan manfaat teknologi sehingga Anda dapat menggunakannya secara efektif dan efisien. Beberapa materi yang akan Anda pelajari dalam kursus ini mencakup logika dan algoritma komputer, cara kerja program pemrosesan digital, komunikasi jaringan, dan masih banyak lagi.

6. Desain Grafis

Pada mata kuliah desain grafis anda akan mempelajari fotografi, tipografi dan ilustrasi. Selain itu, mata kuliah desain grafis juga memerlukan pemahaman tentang fungsi dan elemen warna, prinsip tata letak, aplikasi perangkat lunak pengolah gambar vektor, dll.

7. Teknologi Layanan Jaringan

Dengan kursus ini, Anda akan mempelajari cara merancang dan membuat layanan jaringan. Selain itu, Anda akan mempelajari cara membuat layanan jaringan yang dapat digunakan oleh berbagai perangkat.

Selain mata pelajaran di atas, mahasiswa diklat yang siap segera memasuki dunia kerja juga harus mengikuti Program Kerja Praktek (PKL). Apa itu PKL? Simak penjelasannya di bawah ini!

baca juga Lomba 17an Untuk Dewasa

Apa itu SMK PKL?

PKL merupakan kegiatan yang menuntut siswa Siklus Formatif untuk menerapkan ilmu yang diperoleh di sekolah dalam dunia kerja. Biasanya, sekolah akan menawarkan beberapa perusahaan untuk dipilih siswanya. Namun, pihak sekolah tetap memberikan kebebasan kepada siswanya untuk memilih di mana mereka akan melakukan pekerjaan jalanan. Boleh, tapi ada syaratnya, harus ajukan proposal dulu ke pihak sekolah.

Berikut beberapa saran lokasi PKL TKJ Profesional yang dapat Anda pilih:

Penyedia Layanan Internet (ISP)

ISP adalah perusahaan yang menyediakan layanan Internet. Saat Anda melakukan PKL melalui Penyedia Layanan Internet (ISP), Anda akan mempelajari cara mengatur dan mengelola jaringan Anda. Dalam kehidupan sehari-hari, penyedia layanan Internet memberikan kemudahan bagi perangkat seperti komputer, laptop, dan ponsel untuk terhubung ke Internet.

Indonesia tentunya mempunyai banyak ISP seperti Indihome, MyRepublic, Biznet, dll. Jadi, sebagai mahasiswa TKJ, tidak akan sulit bagi Anda untuk mendapatkan tempat duduk di PKL.

Toko Komputer

Rekomendasi yang kedua adalah Toko Komputer. Pelajari lebih lanjut tentang keahlian teknisi perbaikan komputer dan laptop kami di sini. Selain itu, Anda akan belajar cara mengembangkan dan memelihara komponen untuk CPU, hard drive, printer, dll.

Instansi Pemerintah

Instansi Pemerintah membutuhkan ahli di bidang komputer, printer, jaringan komputer, dan tentu saja jaringan. Jadi, sebagai mahasiswa TKJ, Anda berkesempatan melakukan PKL di banyak instansi pemerintah.

Selain cara di atas, PKL juga dapat dilakukan di bank, restoran atau perusahaan yang membutuhkan ahli jaringan komputer.

Pekerjaan apa saja yang dilakukan oleh lulusan Jurusan SMK TKJ?

Berdasarkan pengalaman PKL dan mata pelajaran yang diajarkan di jurusan, jenis pekerjaan apa yang dipertimbangkan lulusan jurusan TKJ? Berikut beberapa peluang kerja:

Teknisi Komputer

Sebagai teknisi komputer, Anda mengelola, mengembangkan, dan memperbaiki perangkat keras dan perangkat lunak yang menjaga komputer tetap berjalan dengan lancar. Banyak perusahaan yang membutuhkan profesi ini agar berhasil menerapkan transformasi digital dalam aktivitas bisnisnya.

Teknisi Jaringan

Teknisi jaringan bertanggung jawab untuk menguji dan mengoptimalkan efektivitas perangkat keras dan perangkat lunak komputer, desain dan sistem implementasi, konfigurasi jaringan, dan arsitektur jaringan. Jurusan ini sangat cocok untuk siswa TKJ karena selama SMK akan mempelajari LAN, WAN, WiFi dan kombinasi jaringan lainnya.

Administrator Server

Sebagai administrator server, Anda bertanggung jawab untuk mengendalikan, mengelola, dan mengamankan akses ke jaringan dan sumber daya komputer server Anda. Selain itu, Anda akan mempelajari sistem operasi yang memungkinkan Anda mengelola sistem jaringan berukuran kecil dan menengah.

Sebagai lulusan TKJ, Anda juga bisa bekerja sebagai programmer, web developer, data entry, dll. Bagaimana? Warga Kuiberia semakin tertarik dengan profesi ini, bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *