Inilah Manfaat dan Efek Samping Minum Kopi Hitam Tanpa Gula

by -110 Views
Kopi Hitam
Kopi Hitam ( Sumber : Pinterest )

Bagi sebagian orang yang ingin menikmati manfaat kopi tanpa tambahan kalori, meminum kopi hitam tanpa gula setiap hari menjadi salah satu pilihan.

Kopi hitam dinilai sebagai minuman rendah kalori yang dapat membantu menjaga berat badan dengan memberikan energi. Namun tahukah Anda manfaat dan kemungkinan efek samping dari kebiasaan ini?

Kopi hitam tanpa gula bukan hanya minuman pahit yang disukai banyak orang, tapi juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Salah satunya membantu dalam penurunan berat badan dan mengurangi risiko penyakit serius seperti diabetes dan penyakit jantung. Namun di sisi lain, Anda juga harus memahami bahwa meminum kopi hitam tanpa gula setiap hari juga memiliki potensi efek samping yang patut Anda waspadai.

Lebih lengkapnya, simak manfaat dan efek samping minum kopi hitam tanpa gula setiap hari pada artikel di bawah ini.

Manfaat Minum Kopi Hitam Tanpa Gula

Menurut Healthyfime, kopi hitam tidak mengandung kalori, tidak mengandung lemak, tidak mengandung kolesterol, dan rendah kalori. Namun manfaat kopi hitam bagi kesehatan berasal dari kandungan antioksidannya yang tinggi, seperti magnesium, potasium, vitamin B2, B3 dan B5, serta mangan.

Berikut beberapa manfaat minum kopi hitam tanpa bahan tambahan:

1. Menurunkan Berat Badan

Kopi hitam dapat membantu menurunkan berat badan. Pasalnya minuman pahit ini mengandung asam klorogenat yang membantu memperlambat produksi glukosa dalam tubuh.

Kafein yang dikandungnya juga membantu meningkatkan aktivitas metabolisme dan energi, sehingga membantu membakar kalori lebih cepat. Selain itu, kafein juga bisa menekan rasa lapar. Jika diimbangi dengan pilihan gaya hidup sehat lainnya, kombinasi zat ini bisa membantu peminum kopi hitam menjaga berat badannya.

2. Meningkatkan Suasana Hati

Kopi hitam merangsang sistem saraf dan meningkatkan pelepasan dopamin dan norepinefrin, yang dikenal sebagai bahan kimia bahagia, yang membuat orang bahagia dan berpikir positif.

Kafein dalam kopi hitam juga dapat meningkatkan stimulasi otak, meningkatkan mood, dan meningkatkan lingkungan yang lebih produktif sekaligus meningkatkan kemampuan kognitif.

3. Mengurangi Stres

Kopi hitam memiliki khasiat antidepresan karena meningkatkan kadar serotonin dan dopamin di otak, yang menangkal stres dan mengurangi gejala depresi, seperti kesedihan berlebihan atau perubahan suasana hati.

Selain itu kopi juga mengandung asam klorogenat, asam ferulat, dan asam caffeic. Asam ini membantu mengurangi peradangan sel-sel saraf yang terdapat di otak orang yang menderita depresi dan mengurangi kecemasan dan stres.

4. Meningkatkan Daya Ingat

Kopi hitam dikenal karena khasiatnya yang meningkatkan daya ingat. Seiring bertambahnya usia, kemampuan kognitif atau berpikir mereka secara bertahap menurun. Akibatnya, seseorang bisa menderita penyakit ingatan seperti penyakit Alzheimer, demensia, dan penyakit Parkinson.

Konsumsi kopi hitam secara rutin dapat membantu mengurangi risiko tersebut dengan menjaga saraf tetap aktif sehingga meningkatkan fungsi otak.

5. Mengurangi Risiko Asam Urat dan Diabetes

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang minum kopi hitam setiap hari memiliki risiko 57% lebih rendah terkena asam urat.

Kopi mengandung senyawa bermanfaat seperti kafein dan polifenol. Kafein mencegah asam urat menumpuk di sekitar jaringan tubuh, sementara polifenol membantu menurunkan kadar insulin dalam darah sehingga membuat kadar gula darah lebih stabil.

Insulin dan asam urat berkaitan erat. Peningkatan sensitivitas insulin dan penurunan kadar insulin meningkatkan ekskresi asam urat dan natrium. Oleh karena itu, kopi secara tidak langsung menghilangkan asam urat dari tubuh dengan meningkatkan sensitivitas insulin.

Efek Samping Minum Kopi Hitam Tanpa Gula

Menurut informasi dari PharmEasy, jumlah kopi hitam yang dikonsumsi setiap hari dapat bervariasi sesuai dengan toleransi individu terhadap kafein dan faktor kesehatan lainnya.

Secara umum, asupan kafein yang aman adalah sekitar tiga cangkir sehari, dengan setiap cangkir sekitar 8 ons dan mengandung sekitar 230 miligram kafein. Jika kopi hitam dikonsumsi berlebihan, mungkin ada risiko kesehatan, namun tidak ada manfaatnya.

Berikut beberapa efek samping yang harus diwaspadai saat meminum kopi hitam tanpa pemanis:

1. Menyebabkan Stres dan Kecemasan

Meski kopi hitam dapat membantu mengatasi stres, namun mengonsumsinya secara berlebihan dapat menyebabkan stres dan kecemasan. Selain itu, konsumsi kopi hitam berlebihan juga dapat mengganggu pola tidur akibat efek kafein. Oleh karena itu, sebaiknya hindari minum kopi, dalam bentuk apa pun, sebelum tidur.

2. Menyebabkan Masalah Pencernaan

Meski meminum kopi hitam tanpa bahan tambahan memiliki banyak manfaat, namun minuman ini tidak cocok untuk semua orang, terutama bagi mereka yang memiliki masalah pencernaan, seperti orang yang menderita asam lambung atau maag, dan juga gangguan pencernaan kronis. Bagi yang menderita gangguan pencernaan, kopi dapat menyebabkan kram perut, nyeri, diare dan dampak negatif lainnya.

Menurut Canadian Digestive Health Foundation, beberapa penelitian menunjukkan bahwa kopi dapat menyebabkan masalah pencernaan karena konsumsinya dapat merangsang pergerakan usus. Selain itu, kecemasan dan gangguan tidur dapat memperburuk gejala gangguan pencernaan, seperti IBS dan IBD.

3. Mengganggu Penyerapan Mineral Tertentu

Teh dan kopi, apalagi jika dikonsumsi berlebihan, dapat mengganggu penyerapan nutrisi tertentu oleh tubuh, seperti zat besi, kalsium, dan seng. Hal ini disebabkan kandungan polifenol pada teh dan kopi yang dapat mengikat mineral tersebut dan mengurangi bioavailabilitasnya.

Penelitian sebelumnya juga menunjukkan bahwa kopi dan minuman berkafein lainnya dapat mengurangi penyerapan zat besi, seperti dilansir Vinmec. Misalnya saja mengonsumsi secangkir kopi sambil menyantap sandwich daging dapat menurunkan penyerapan zat besi hingga 39 persen. Selain itu, jika seseorang meminum kopi instan dengan sepotong roti, penyerapan zat besi dapat terhambat hingga 60 hingga 90 persen.

Oleh karena itu, sebaiknya hindari minum kopi setelah makan untuk menjaga kemungkinan penyerapan zat besi dan mineral penting lainnya. Meski kopi hitam tanpa gula menawarkan banyak manfaat bagi kesehatan, terutama bagi mereka yang ingin menjaga berat badan dan kesehatan jantung, namun penting untuk mengonsumsinya dalam jumlah yang wajar untuk menghindari efek samping kopi hitam tanpa gula.

Baca Juga : Sejarah dan Makna Tradisi Jum’at Berkah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *