Review Harvest Moon Home Sweet Home

by -87 Views
Harvest Moon Home Sweet Home(natsume.com)
Harvest Moon Home Sweet Home(natsume.com)

Memulai Perjalanan di Kampung Halaman

Harvest Moon: Home Sweet Home adalah judul terbaru dalam seri game Harvest Moon yang dirilis untuk platform mobile, termasuk Android dan iOS.

Game ini menghadirkan kembali pengalaman bermain yang dikenal dan dicintai oleh para penggemar seri Harvest Moon, tetapi dengan beberapa tambahan dan perubahan yang menyesuaikan dengan perkembangan teknologi dan preferensi pemain masa kini.

Kisah di Balik Home Sweet Home

Ceritanya berpusat pada seorang tokoh utama yang kembali ke kampung halamannya, kota kecil bernama Alba, setelah sepuluh tahun tinggal di kota besar.

Pemain diberikan tugas untuk menghidupkan kembali kejayaan kota tersebut, sekaligus membawa kebahagiaan kepada penduduknya.

Meskipun misinya terdengar cukup umum bagi penggemar setia Harvest Moon, narasi ini tetap memberikan daya tarik tersendiri melalui nostalgia dan elemen-elemen khas yang selalu ada dalam seri ini.

Gameplay dan Mekanisme Klasik

Seperti biasa, Harvest Moon: Home Sweet Home menggabungkan elemen pertanian, bersosialisasi, dan mengelola sumber daya.

Pemain harus bertani, memanen hasil bumi, memelihara ternak, memancing, dan menjual hasil panen untuk menghasilkan uang yang bisa digunakan untuk meng-upgrade peralatan dan rumah.

Selain itu, pemain juga bisa menjalin hubungan dengan karakter lain, mulai dari berteman hingga menikah dan membangun keluarga.

Event-event ikonik seperti balap kuda dan pesta kembang api juga kembali hadir, menambah kesan familiar bagi para pemain lama.

Perbedaan dengan Harvest Moon Klasik

Meski membawa banyak elemen klasik, ada baiknya pemain tidak terlalu berharap bahwa game ini akan sepenuhnya memberikan nuansa yang sama dengan seri Harvest Moon seperti Back to Nature.

Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa Natsume, perusahaan yang mengembangkan game ini, bukanlah pengembang asli dari seri klasik Game ini. Marvelous, yang sekarang mengembangkan Story of Seasons, adalah pencipta asli dari seri Game ini, sehingga permainan yang mereka kembangkan lebih dekat dengan feel dari game Harvest Moon yang lama.

Pesaing di Genre yang Sama

Jika Anda mencari pengalaman bermain yang lebih mirip dengan Harvest Moon: Back to Nature, disarankan untuk mencoba Story of Seasons: Friends of Mineral Town atau Story of Seasons: A Wonderful Life.

Kedua game ini dikembangkan oleh Marvelous, dan mempertahankan banyak elemen yang membuat Game ini klasik begitu dicintai.

Meski Story of Seasons juga tengah mengembangkan versi mobile, belum ada informasi resmi lebih lanjut setelah trailer perdananya dirilis beberapa tahun lalu.

Kesimpulan

Harvest Moon: Home Sweet Home memberikan kesempatan bagi penggemar setia untuk kembali ke akar dari seri ini, meskipun dengan beberapa perubahan yang lebih modern.

Bagi mereka yang merindukan sentuhan nostalgia yang kuat dari Harvest Moon klasik, Story of Seasons tetap menjadi pilihan utama.

Meskipun demikian, Home Sweet Home tetap layak dicoba, terutama bagi pemain yang ingin menikmati game bertema pertanian dengan nuansa yang lebih santai dan ringan di perangkat mobile.

Baca Juga: Marie Antoinette Dengan Kontroversinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *