Menenangkan Diri Sembari Menikmati Indahnya Air Terjun Bayat

oleh -161 Dilihat
Menenangkan Diri Sembari Menikmati Indahnya Air Terjun Bayat
instagram.com/p/BXPDQuXgcdN/?hl=id&tagged=airterjunbayat

JOGJA POST – Kabupaten Bayat terkenal dengan air terjunnya yang indah. Sepanjang tahun, kebanyakan air terjun di kawasan tersebut memiliki debit air yang cukup deras. Dengan tinggi tebing yang lumayan, di bagian hulu ada kolam cukup lebar yang bisa digunakan untuk mandi dan berenang. Air terjun itu dijuluki dengan nama air terjun Bayat atau lebih mudahnya dipanggil curug Bayat. Seperti apakah sejarah dan keindahan di sana?

Sejarah Air Terjun Bayat

Lokasinya di timur kota Jogja, cocok banget buat Anda yang hobi ‘blusukan’ ke dalam wilayah terpencil. Sejarah nama air terjun bermula karena lokasinya melewati jalur Bayat, yaitu sebuah kecamatan di Daerah Istimewa Yogyakarta. Struktur air terjun terdiri dari batuan kali cadas, kolam air dan tebing batu dengan ketinggian sedang.

Mitos Air Terjun Bayat

Berada di area yang masih tersembunyi, air terjun Bayat masih menyimpan misteri yang sedikit orang tahu. Letaknya berada di perbukitan tandus membentang dari Bantul hingga barat Pacitan, ternyata tidak berpengaruh pada kondisi mata air. Ajaibnya lagi meski musim kemarau tiba, jumlah air di kolam tidak berkurang.

Jam Buka Air Terjun Bayat

Jam buka objek wisata air terjun Bayat kondisional. Karena belum dikelola dengan baik oleh warga maka wisatawan dapat tiba ke air terjun kapan saja. Jika ingin menyaksikan indahnya pemandangan sekitar air terjun, Anda bisa datang pada pagi hari.

Tiket Masuk Air Terjun Bayat

Tiket masuk ke area wisata terbilang murah. Pengunjung hanya dikenakan biaya masuk sebesar Rp. 2.000 saja. Harga ini bisa berubah sewaktu-waktu tergantung kapan musim liburan tiba. Untuk biaya parkir, tarif hanya Rp. 2.000 per motor dan sekitar Rp. 5.000 untuk mobil.

Fasilitas Air Terjun Bayat

Fasilitas penunjang wisatawan untuk berlibur adalah lahan untuk area parkir, dekat dengan rumah warga sehingga memudahkan meminjam lokasi untuk ganti pakaian, lahan untuk berfoto ria, dan beberapa papan penunjuk arah ke kawasan air terjun.

Alamat Air Terjun Bayat

Akses yang dapat ditempuh jika ingin berwisata ke air terjun Bayat yaitu melalui kota Yogyakarta, kemudian Prambanan hingga ke Srowot, Wedi baru nanti akan sampai ke Bayat. Jika menggunakan kendaraan roda dua, lama perjalanannya sekitar 1 jam. Sementara letak persisnya air terjun ada di perbatasan Gunung Kidul dan Klaten yaitu Desa Tegalrejo, Gedangsari, Kabupaten Gunung Kidul.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.