Air Terjun Goa Selarong, Situs Alam yang Penuh Sejarah

oleh -208 Dilihat
Air Terjun Goa Selarong, Situs Alam yang Penuh Sejarah
https://www.instagram.com/p/BSqDeFiFf-o/?tagged=airterjungoaselarong

JOGJA POST – Alam Kulonprogo memiliki banyak tempat untuk dijelajahi. Di bagian sisi barat Kota Jogja membentang sebuah pegunungan purba yang menawarkan pemandangan hijau nan asri. Di sana benar-benar menawarkan view yang cantik lengkap dengan wisata alamnya. Sebuah air terjun cantik hadir melengkapi panorama alam di Kulonprogo. Sebut saja air terjun Goa Selarong.

Sejarah Air Terjun Goa Selarong

Nama air terjun diambil dari nama sebuah goa kuno bernama Goa Selarong. Goa ini menjadi saksi bisu masa penjelajahan dan perjuangan Pangeran Diponegoro ketika melawan penjajah. Tak jauh dari goa berdiri kokoh tebing air terjun Goa Selarong. Komplek wisata air terjun berada di gunung kapur dengan ketinggian tebingnya mencapai 20 meter.

Mitos Air Terjun Goa Selarong

Jika mendengar kata goa, maka sering dikaitkan dengan sesuatu  yang berbau mistik dan bersejarah. Selain mengandung unsur mistik dan dijadikan tempat keramat, goa biasanya dipakai sebagai tempat wisata. Air terjun yang berada di Goa Selarong bisa memberikan pengetahuan baru akan sejarah masa lampau.

Sempat menjadi tempat bersejarah karena dipakai oleh Pangeran Diponegoro, mitos seram di goa ini serasa hilang. Kini yang ada hanyalah lukisan indah alam sekitar air terjun menjadi saksi bisu peradapan. Pengunjung dapat menikmati suasana alam di sana tanpa khawatir akan hal seram atau kesan angker.

Jam Buka Air Terjun Goa Selarong

Tempat wisata air terjun Goa Selarong ini mulai dibuka pada pukul 8 pagi hingga 4 sore. Akan tetapi, jika ingin menikmati pemandangan lebih menakjubkan maka waktu terbaik untuk datang adalah pada pukul 12-14 siang. Sembari mengingat masa perjuangan yang bersejarah, Anda juga bisa mengambil momen istimewa sambil duduk dan membelakangi air terjun.

Tiket Masuk Air Terjun Goa Selarong

Sebelum masuk kedalam lokasi wisata air terjun dan goa, Anda akan dikenai biaya retribusi sebesar Rp. 3.000 ditambah dengan parkir sebesar Rp. 2000 untuk kendaraan roda dua. Sedangkan bagi yang membawa mobil maka biaya parkirnya sebesar Rp. 5.000.

Fasilitas Air Terjun Goa Selarong

Kawasan wisata air terjun Goa Selarong termasuk yang cukup lengkap. Telah tersedia dengan baik beberapa fasilitas seperti gazebo, arena bermain anak, masjid, beberapa warung makan, toilet, tangga untuk naik, dan area parkir yang luas.

Alamat Air Terjun Goa Selarong

Alamat air terjun ada di Waku Dedung, Guwosari, Pajangan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Rute perjalanan dari kota Yogyakarta menuju Jl. Bantul hingga ke perempatan lampu merah atau sesudahnya gapura selamat datang. Dari gapura silahkan ambil jalur kanan dan ikuti arahnya hingga nanti sampai ke tujuan air terjun Goa Selarong.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.