Pesona Taman Air Terjun Grojogan Mudal di Kulonprogo

oleh -42 Dilihat
Air Terjun Grojogan Mudal
https://www.nasirullahsitam.com/2016/04/serunya-main-air-di-grojogan-mudal.html

JOGJA POST – Daerah Istimewa Yogyakarta memiliki sebuah daerah bernama Kulon Progo yaitu sebuah kabupaten yang memiliki banyak spot wisata alam sangat menarik. Potensi wisata air terjun mampu mendatangkan cukup banyak wisatawan. Tak cukup sampai disitu, Kulonprogo juga dikelilingi oleh pegunungan menoreh dengan ketinggian hampir 2000 mdpl. Grojogan Mudal salah satunya.

Sejarah Air Terjun Grojogan Mudal

Penamaan Grojogan Mudal berasal dari nama sebuah sumber mata air yang lokasinya ada di dekat air terjun. Sumbernya berasal dari air bawah tanah yang mengalir keluar. Sumber mata air keluar dari dinding sebuah goa kecil dan menghasilkan air yang jernih. Bagai bak penampung air, di bawah air terjun terdapat kolam untuk pengunjung yang ingin menikmati sensasi airnya yang sejuk dan dingin.

Mitos Air Terjun Grojogan Mudal

Letak air terjun ini bersebelahan dengan air terjun Kembang Soka yang terkenal akan mitosnya. Tanah di dekat air terjun berwarna merah sehingga kontras dengan wilayah yang didominasi oleh warna hijau. Air terjun ada di bawah kaki Gunung Kelir. Kawasan wisata tidak memiliki mitos atau legenda dan keberadaanya muncul akibat fenomena alam biasa.

Jam Buka Air Terjun Grojogan Mudal

Sangat berbeda dengan air terjun lain di Gunung Kidul yang kebanyakan sumber airnya muncul pada musim hujan, mata air di Grojokan Mudal dapat dinikmati kapan saja. Sumber airnya berasal dari air di sungai bawah tanah sehingga tidak perlu bergantung pada musim. Agar pengunjung tetap aman, jam buka objek wisata dimulai dari pagi hingga senja.

Tiket Masuk Air Terjun Grojogan Mudal

Mengenai retribusi, wisata air terjun Grojogan Mudal dapat dikunjungi secara gratis alias tidak ada dana masuk. Namun bagi yang ingin memberikan dana atau sumbangan seiklasnya sangat dipersilahkan. Uang tersebut nantinya akan dipakai untuk membantu renovasi dan pembangunan sekitar kawasan wisata.

Fasilitas Air Terjun Grojogan Mudal

Menuju ke lokasi air terjun, akses masih berupa jalan setapak. Area menuju ke sana masih dipenuhi dengan semak belukar namun beberapa tahun lalu pembersihan mulai dilakukan. Ada setengah bagian jalan yang masih mengalami renovasi. Di titik awal pemberangkatan akan ditemui pagar pengaman dan tong sampah. Sementara area parkir bisa diletakkan di perkampungan warga.

Alamat Air Terjun Grojogan Mudal

Air terjun Grojogan Mudal berada di Dusun Banyunganti, Desa Jatimulyo, Girimulyo, Kulon Progo. Rute ke lokasi dapat dimulai dari Yogyakarta menuju jalan Godean – Nanggulan – jembatan sungai Progo – menuju Janti. Lakukan perjalanan lagi hingga menjumpai pasar Sribit. Lalu ada pertigaan dan ambil arah ke Goa Kiskendo hingga menuju Sermo. Di sini terdapat petunjuk arah menuntun Anda ke objek wisata.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.