Tempat Asyik untuk Piknik di Air Terjun Grojogan Watu Jonggol

oleh -62 Dilihat
Air Terjun Grojogan Watu Jonggol
Instagram.com/p/BFB5Q7fzNUz/?tagged=airterjungrojoganwatujoggol

JOGJA POST – Salam riding! Bagi yang bosan liburan di kota atau di mall, maka wisata alam terbuka seperti air terjun Grojogan Watu Jonggol adalah tujuan yang tepat. Menjadi salah satu kawasan wisata Kulon Progo, udara di sana sangat sejuk lengkap dengan nuansa dan hawa khas pegunungan. Air terjun Grojogan Watu Jonggol satu dari sekian ratus air terjun cantik yang mempesona.

Sejarah Air Terjun Grojogan Watu Jonggol

Wisata Grojogan Watu Jonggol ada di kecamatan Samigaluh, daerah pegunungan. Air terjun memiliki ketinggian 30-40 an meter. Sumber airnya berasal dari sungai pegunungan dan akan berakhir ke pantai Congot Galur. Alasan air terjun ini diberi nama Grojogan Watu Jonggol karena di sana banyak sekali terdapat batu-batu besar di sekitar grojogan (air terjun). Volume air akan meningkat di bulan Desember.

Mitos Air Terjun Grojogan Watu Jonggol

Misteri atau legenda kemunculan air terjun Grojogan Watu Jonggol sampai saat ini masih misterius. Belum banyak diketahui akan mitos bagaimana air terjun ini terbentuk.  Pastinya, lokasi air terjun jauh dari kesan menyeramkan. Tetapi di malam hari tentu saja pemandangan akan berubah menjadi gelap karena tempatnya sangat minim penerangan.

Jam Buka Air Terjun Grojogan Watu Jonggol

Air terjun Grojogan Watu Jonggol mulai dibuka untuk umum sejak pagi sampai sore hari. Anda dapat tiba ke lokasi pada dini hari, menjelang pagi, siang hinga sore hari. Sebenarnya, tempat wisata ini dibuka selama 24 jam namun lebih baik gunakan waktu siang untuk melakukan trekking sebab jalan yang dilalui penuh tanjakan, naik, berbatu dan sedikit licin.

Tiket Air Terjun Grojogan Watu Jonggol

Untuk masuk ke tempat wisata air terjun, pengunjung hanya dikenakan uang parkir Rp. 2.000 untuk kendaraan roda dua dan mulai Rp. 5000 untuk mobil. Untuk jasa lingkungan pengunjung dikenakan uang Rp. 3.000. Total jika membawa motor maka pengunjung harus membayar Rp. 5.000 saja.

Fasilitas Air Terjun Grojogan Watu Jonggol

Air terjun Grojogan Watu Jonggol memiliki fasilitas lahan parkir yang lumayan luas, mampu menampung puluhan kendaraan motor dan mobil. Lokasinya strategis dekat dengan perkampungan warga. Pengunjung dapat menyewa fasilitas yang tersedia di seperti kamar mandi, mushola, gazebo, tong sampah atau warung makan.

Alamat Air Terjun Grojogan Watu Jonggol

Air terjun Grojogan Watu Jonggol beralamat di Dusun Nglinggo Barat, Pagerharjo, Samigaluh, Kulon Progo, Yogyakarta. Berikut rute yang harus ditempuh oleh pengunjung dimulai dari kota Yogyakarta. Jl. Godean – lurus ke barat hingga pasar Godean – belok kanan hingga ke tugu Ndekso – belok kiri Jl. Samigaluh, lewati kantor kecamatan. Ikuti jalan hingga hingga 1,5 km untuk sampai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.