Wahana Alam Air Terjun Kedung Pengilon

oleh -331 Dilihat
Wahana Alam Air Terjun Kedung Pengilon
instagram.com/p/zgUsS6yi7X/

JOGJA POST – Meloncat dan meluncur bebas ke dalam kolam merupakan pengalaman yang menyenangkan. Di kawasan Bantul, tanah Jogja, terdapat sebuah air terjun istimewa bernama Kedung Pengilon. Mengapa istimewa? Karena air terjun ini memiliki keunikan yaitu airnya mengalir tenang dan ada sebuah kolam besar yang bisa dipakai untuk berenang.

Sejarah Air Terjun Kedung Pengilon

Dari namanya, “Kedung” artinya kolam dan “Pengilon” yaitu jernih. Kedung Pengilon mengalirkan mata air dari sungai di atasnya. Di bawah tebing terdapat sebuah kolam besar dengan kedalaman berbeda. Warna air kolam yaitu hijau toska dengan dikelilingi pepohonan dan tanaman hijau merambat. Air terjun Kedung Kandang terbentuk secara alami dengan sedikit penambahan aksesoris berupa jembatan bambu untuk memudahkan wisatawan.

Mitos Air Terjun Kedung Pengilon

Kolam yang dimiliki air terjun Kedung Pengilon cukup dalam yaitu mencapai 8 meter. Bagi yang tidak bisa berenang lebih baik jangan sekali-kali mandi ke dalam kolam. Utamakan keselamatan adalah hal yang lebih baik. Anda bisa menikmati pemandangan dari pinggir kolam sambil berfoto ria. Dan jangan datang pada malam hari karena suasana menjadi gelam, minim penerangan. Banyak yang menyebut area di sana sangat angker dan memiliki kisah mitos.

Fasilitas Air Terjun Kedung Pengilon

Karena kawasan wisata baru dikelola oleh warga sekitar, tentu saja fasilitas yang tersedia sangat minim. Beberapa fasilitas yang bisa dimanfaatkan yaitu lahan parkir dan tempat bersantai. Di sana juga belum tersedia tempat untuk buang hajat. Oleh sebab itu, sebelum benar-benar ingin mengunjungi lokasi alangkah baiknya untuk Anda mempersiapkan apa yang dibutuhkan.

Jam Buka Air Terjun Kedung Pengilon

Jam operasional atau waktu dibukanya tempat wisata air terjun ini yaitu dari pukul 8 pagi sampai 4 sore. Debit air yang mengalir dari hulu air terjun akan ditampung di sebuah kolam alami. Kolam tersebut cukup dalam dan jumlah airnya melimpah. Pada musim kemarau air di dalam kolam masih bisa dilihat. Akan tetapi pada musim kemarau pancaran air dari tebing mungkin saja tidak sebanyak di musim hujan.

Tiket Masuk Air Terjun Kedung Pengilon

Masyarakat sekitar air terjun Kedung Pengilon bersama-sama mengelola aset wisata alam dengan menyediakan tiket masuk untuk para wisatawan. Agar tempat wisata tetap terjaga dengan baik, untuk itu warga sekitar air terjun memberlakukan tarif masuk sebesar Rp. 5000 untuk satu pengunjung. Jika menggunakan kendaraan pribadi maka dikenakan biaya Rp. 3000 sampai Rp. 5000.

Alamat Air Terjun Kedung Pengilon

Mencoba wahana alami dengan berenang di kolam dekat air terjun Kedung Pengilon tentu dapat membuat kita merasa segar. Lokasi air terjun berada di Desa Petung, Bangunjiwo, Kasihan, Bantul, Yogyakarta. Bagi Anda yang penasaran dengan wisata air terjun yang satu ini, dapat berkendara dari Balai Desa Bangunjiwo dan melalui jalan sepanjang 2 km sampai ke tugu Genthong. Selanjutnya, berjalanlah hingga 1 km menuju tugu Dusun Petung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.