Blusukan ke Dalam Hutan, Menikmati Air Terjun Lepo Dlingo

oleh -72 Dilihat
Blusukan ke Dalam Hutan, Menikmati Air Terjun Lepo Dlingo
instagram.com/p/BeDLOohhaYb/?hl=id&tagged=airterjunlepodlingo

JOGJA POST – Lokasi hutan, pegunungan dan terpencil memang bisa menjadi daya tarik para wisatawan yang hobi berpetualang. Salah satunya ada di wisata air terjun Lepo Dlingo. Air terjun ini tersembunyi dan berada di daerah Dlingo. Lengkap dengan pemandangan yang masih hijau dan asrih sangat cocok untuk dijadikan lokasi camping.

Sejarah Air Terjun Lepo Dlingo

Ada yang menyebut juga air terjun Lepo Dlingo ini mirip dengan air Erawan Falls, yaitu air terjun terkenal yang berada di Tailand. Air terjun Lepo Dlingo merupakan air terjun yang masih alami dan menjadi wisata baru kota Jogja. Air terjun dikelola langsung oleh warga dengan penataan bebatuan yang baik. Sehingga wisatawan dapat mandi dan bermain dengan aman.

Mitos Air Terjun Lepo Dlingo

Bebatuan air terjun tersusun dengan rapi dan kokoh. Air terjun ini hanya memiliki ketinggian beberapa meter. Namun di dasar terdapat kolam untuk mandi dengan kedalaman yang bervariasi. Mandi di dalam kolam, diharapkan untuk tidak membuang sampah sembarangan atau berkata buruk. Karena banyak warga yang masih percaya jika air terjun selalu menyimpan hal mistis.

Jam Buka Air Terjun Lepo Dlingo

Jam buka ke kawasan air terjun Lepo Dlingo adalah 24 jam. Namun jika Anda tiba ke lokasi pada malam hari, tentu saja tidak banyak warung makan yang buka. Datang pada pagi, siang atau sore hari adalah waktu terbaik untuk Anda bisa menikmati suasana, pemandangan dan mendapat fasilitas yang memadai. Jadi pikirkan juga kapan waktu tepat pergi ke air terjun Lepo Dlingo.

Tiket Air Terjun Lepo Dlingo

Karena tergolong wisata baru, air terjun Lepo Dlingo bisa diakses tanpa harus membayar biasa masuk. Akan tetapi bagi Anda yang menggunakan kendaraan bisa meletakkan di area parkir dekat rumah warga dengan membayar Rp. 2000 untuk sepeda motor dan Rp. 10.000 untuk mobil. Pastikan juga untuk tetap menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampan sembarangan.

Fasilitas Air Terjun Lepo Dlingo

Demi memuaskan hasrat para pengunjung ketika berada di kawasan air terjun Lepo Dlingo, warga sekitar telah menyediakan fasilitas penunjang. Beberapa fasilitas seperti area parkir, papan petunjuk arah, rumah warga untuk ganti pakaian, dan tempat untuk bersantai. Kemudian ada juga warung-warung makan yang menyediakan makanan dan minuman.

Alamat Air Terjun Lepo Dlingo

Air terjun Lepo Dlingo terletak di Desa Pokoh 1, Dlingo, Bantul. Jaraknya 30 km dari kota Jogja. Rute dapat ditempuh dengan kendaraan roda dua dan empat lalu jalan kaki. Tak banyak rambu petunjuk jalan, tetapi Anda bisa melewati Jalan Imogiri menuju pasar Dlingo. Tak jauh dari pasar Anda akan menjumpai dusun Pokoh 1. Disana Anda bisa bertanya pada warga tentang lokasi tujuan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.