Air Terjun Luweng Sampang, Wahana Alami yang Eksotis

oleh -317 Dilihat
Air Terjun Luweng Sampang, Wahana Alami yang Eksotis
instagram.com/p/Bh0XzZqnTM6/?hl=id&tagged=airterjunluwengsampang

JOGJA POST – Menjelajahi pesona kota Jogja rasanya tak akan ada habisnya. Selain wisata candi, Malioboro dan pantai Parangtritis yang populer, di Jogja juga terdapat sebuah wisata alam menakjukkan. Pesona alam tersebut berada di Gunung Kidul lebih tepatnya wisata air terjun Luweng Sampang. Air terjun dengan gaya menawan yang bisa membuat pengunjung betah berlamaan di sana.

Secara geografis air terjun Luweng Sampang mengalir dari atas bebatuan cadas berwarna putih. Sementara bagian kolamnya sangat jernih berwarna biru karena berasal dari hasil biasan cahaya matahari yang masuk ke celah besar bebatuan. Batu di tebing air terjun mengalami erosi dan terkikis secara alami sehingga terbentuklah motif garis-garis yang unik dan membuat keindahannya semakin menawan.

Sejarah Air Terjun Luweng Sampang

Gemericik mata air terjun dapat membawa nuansa alami penghilang lelah para pengunjung selepas melakukan perjalanan panjang. Menurut sejarahnya, air terjun ini dinamakan Luweng Sampang yang dalam bahasa Jawa Luweng artinya lubang dan Sampang berarti lokasi air terjun yang berada di sebuah desa bernama Sampang.

Mitos Air Terjun Luweng Sampang

Air terjun Luweng Sampang tergolong air terjun eksotis yang ciamik. Meskipun namanya berasal dari nama suatu desa, tak ada satupun mitos atau legenda yang mengisahkan kapan dan bagaimana air terjun bisa muncul. Menurut penelitian saja sudah disimpulkan bahwa terbentuknya bebatuan cadas sebagai hasil dari erosi alami yang terjadi selama bertahun-tahun.

Jam Buka Air Terjun Luweng Sampang

Waktu kunjungan ke kawasan air terjun Luweng Sampang tidak dibatasi. Anda bisa datang kapan saja yang Anda mau. Jika ingin menyaksikan air terjun mengalir dengan sempurna dan deras, Anda bisa datang pada masa penghujan. Meskipun begitu, diharapkan untuk tetap berhati-hati saat berenang karena terdapat dua kolam dengan kedalaman berbeda dan bebatuannya yang sedikit licin.

Tiket Air Terjun Luweng Sampang

Air terjun Luweng Sampang bisa dibilang air terjun yang masih perawan atau belum banyak orang yang menjamah tempat eksotis ini. Jadi untuk bisa masuk ke kawasan air terjun, pengunjung tidak perlu membayar tiket masuk. Namun bagi yang baru pertama kali berkunjung alangkah baiknya untuk menyewa pemandu atau warga setempat demi kemudahan dan keamanan perjalanan.

Fasilitas Air Terjun Luweng Sampang

Umumnya, beberapa tempat wisata telah disediakan fasilitas lengkap untuk kenyamanan pengunjung. Wisata air terjun Luweng Sampang memang tergolong baru dan belum banyak fasilitas yang tersedia.  Tetapi pengunjung dapat menikmati beberapa kemudahan seperti area parkir, lokasi untuk camping, tempat survival yanga nyaman, dan tempat untuk pengunjung dapat menikmati mandi dan menyaksikan pemandangan.

Alamat Air Terjun Luweng Sampang

Air terjun Luweng Sampang berada di desa Sampang, Gedangsari, Gunung Kidul. Untuk dapat sampai ke lokasi pengunjung harus melakukan perjalanan kurang lebih 30 km dari kota Yogyakarta atau sekitar 1 jam. Rute jalan yaitu dari Yogyakarta menuju Maguo, kemudian Prambanan. Dari jalan Jogja Solo ikuti petunjuk hingga ke Balai Desa Sampang. Lanjutkan perjalanan dari balai desa menuju lokasi kurang lebih 2 km.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.