Menjelajah Surga Dunia di Air Terjun Perawan Sidoharjo

oleh -80 Dilihat
Menjelajah Surga Dunia di Air Terjun Perawan Sidoharjo
instagram.com/p/BSX8YqYldPp/?hl=id&tagged=airterjunperawansidoharjo

JOGJA POST – Yogyakarta ternyata masih menyimpan berbagai potensi wisata yang tiada duannya. Di propinsi tersebut terdapat sebuah kabupaten bernama Kulon Progo yang terkenal akan wisata air terjun Perawan Sidoharjo. Wisata ini menjadi wisata popular selain namanya yang unik, juga menjadi salah satu air terjun tertinggi di Kulon Progo.

Sejarah Air Terjun Perawan Sidoharjo

Air terjun Perawan Sidoharjo memiliki ketinggian 30-40 meter. Mata airnya mengalir deras dari hulu dan dari atas tebing batu pemandangan indah bisa dinikmati. Air terjun ini bisa dibilang salah satu surga dunia yang tersembunyi. Tak ada yang tahu persis sejarah terbentuknya air terjun indah ini. Pastinya, air terjun terbentuk secara alami dan airnya bersumber dari bukit Kulon Progo.

Mitos Air Terjun Perawan Sidoharjo

Air terjun atau curug Perawan Sidoharjo digambarkan sebagai curug tertinggi di Kulon Progo dan baru dibuka di era 2000 an. Mengenai mitosnya air terjun Perawan Sidoharjo tidak memiliki kisah mistis atau legenda. Masyarakat setempat hanya menamai air terjun ini sebagai curug Perawan Sidoharjo karena mata airnya masih alami dan lokasinya berada di Desa Sidoharjo.

Jam Buka Air Terjun Perawan Sidoharjo

Debit air terjun Perawan Sidoharjo sangat bergantung oleh musim hujan. Pada musim kemarau jumlah airnya menyusut sehingga pengunjung tidak dapat menyaksikan keindahan air terjun. Jadi Anda dapat datang ke lokasi pada musim hujan. Anda bisa datang ke lokasi mulai pagi hingga sore hari karena waktu tersebut sangat baik untuk mendapatkan view foto luar biasa.

Tiket Air Terjun Perawan Sidoharjo

Tiket masuk ke kawasan air terjun Perawan Sidoharjo relatife murah. Harga tiket masuk pada hari biasa dan weekend berbeda. Di hari-hari biasa Anda harus membayar tiket masuk sebesar Rp. 3000. Sementara jika waktu kunjungan Anda dilakukan pada akhir pekan atau liburan maka tiket masuk bisa mencapai Rp. 5.000 sampai Rp. 10.000 tergantu kebijakan pengelola setempat.

Fasilitas Air Terjun Perawan Sidoharjo

Air terjun Perawan Sidoharjo tergolong wisata baru Kulon Progo. Dari perkampungan membutuhkan waktu sekitar 700 meter untuk sampai. Akses menuju lokasi sangat mudah dengan melalui jalan beraspal kemudian jalan setapak. Anda tak akan kesasar karena sudah dilengkapi fasilitas penunjuk arah. Jika ingin parkir kendaraan, gunakan rumah warga untuk tempat menyewa.

Alamat Air Terjun Perawan Sidoharjo

Air terjun Perawan Sidoharjo berada di Desa Sidoharjo, Samigaluh, Kulon Progro. Mengawali perjalanan, pengunjung harus melewati rute dari kota Jogja. Anda harus melewati Jl. Godean hingga ke pasar Dekso hingga ke jembatan Kali Progo. Total jarak yang ditempuh 29 km. Kondisi jalan didominasi oleh perbukitan dan jalan menanjak sehingga lebih baik gunakan kendaraan roda dua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.