Indahnya Pesona Alam Bawah Jurang Air Terjun Pulosari Yogyakarta

oleh -378 Dilihat
air terjun pulosari jogja
instagram.com/p/BQR1Rr_gdSl/?hl=id&tagged=airterjunpulosari

JOGJA POST – Air terjun Pulosari merupakan tempat wisata Jogja sekaligus camping. Objek wisata ini benar-benar menawarkan nuansa alam tersembunyi yang menghibur dan menyenangkan. Menjadi satu dari sekian destinasi wisata menarik, air terjun Pulosari adalah wisata yang menampilkan salah satu dari ribuan pesona alam khas Indonesia. Lengkap dengan hutan hujan yang membuat suasana semakin dramatis.

Air terjun Pulosari terletak persis di bawah tebing bebatuan lengkap dengan air terjun yang jernih, tenang dan alami. Meskipun lokasinya tersembunyi, namun jalur untuk dapat sampai ke lokasi tidak terlalu sulit. Air terjun Pulosari sangat cocok untuk mereka yang menyukai wisata outdoor lengkap dengan nuansa beda dan anti-mainstream.

Sejarah Air Terjun Pulosari

Air terjun Pulosari dahulu dikenal dengan nama Grojogan Njurug. Air terjun ini memiliki daya tarik wisata paling favorit di Panjangan Bantul Yogyakarta. Keberadaanya cukup melegenda dan terkenal diantar masyarakat Bantul. Menurut sejarah, air terjun Pulosari memiliki ciri yang khas yaitu airnya hanya bisa dinikmati selama musim penghujan dan terdapat kolam air alami yang jernih.

Mitos Air Terjun Pulosari

Air terjun Pulosari juga memiliki mitos yang cukup unik. Yaitu tentang kisah sepasang burung merpati putih yang menempati kawasan air terjun. Konon, jika sepasang burung merpati tersebut muncul maka pertanda akan datangnya wabah penyakit. Percaya atau tidak, namun tak sedikit masyarakat di sekitar air terjun yang masih yakin jika kemunculan sepasang burung merpati itu adalah pertanda buruk.

Jam Buka Air Terjun Pulosari

Sebelum Anda berniat pergi ke objek wisata air terjun Pulosari, perhatikan terlebih dahulu kapan waktu tepat untuk berlibur. Air terjun Pulosari hanya bisa dinikmati pada musim hujan. Tidak ada batas waktu kunjungan, dan Anda pun dapat pergi ke wisata air terjun Pulosari kapan saja. Namun kebanyakan wisatawan datang pada pagi hari.

Tiket Air Terjun Pulosari

Tiket masuk ke kawasan air terjun Pulosari gratis alias pengunjung dapat memasuki area tanpa dipungut biaya. Namun jika menggunakan kendaraan pribadi, pengunjung bisa menitipkan kendaraannya di lokasi yang sudah tersedia area parkir dengan tarif mulai Rp. 2000.

Fasilitas Air Terjun Pulosari

Fasilitas yang tersaji di air terjun Pulosari cukup memadai. Fasilitas-fasilitas tersebut meliputi gazebo, tempat ganti pakaian, tempat membilas, warung makan, area camping, area memancing, area parkir, tempat persewaan pelampung dan tempat menginap murah meriah. Agar dapat menikmati beberapa fasilitas di objek wisata air terjun, pengunjung harus melakukan pemesanan misalnya menyewa ban atau pelampung.

Alamat Air Terjun Pulosari

Lokasi air terjun Pulosari berada di Desa Wisata Krebet, Pajangan, Bantul. Perjalanan dapat dijangkau dari segala arah mulai dari Kasongan, Madukismo atau ibukota Bantul. Air terjun Pulosari berada tepat di lembah cukup dalam dan dikelilingi bukit berbatu dengan tanahnya yang tandus. Untuk memudahkan wisatawan, tempat bisa dilalui memakai kendaraan dengan jarak tempuh satu jam dari kota Yogyakarta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.