Eloknya Air Terjun Setawing dari Balik Pegunungan Menoreh

oleh -111 Dilihat
Eloknya Air Terjun Setawing dari Balik Pegunungan Menoreh
instagram.com/p/BGTslAlzS0N/?hl=id&tagged=airterjunsetawing

Menyibak keindahan di pegunungan menoreh memang tak ada habisnya. Di belahan kota Yogyakarta terdapat sebuah curug sangat cantik bernaman Setawing. Curung yang dalam bahasa Indonesia artinya air terjun adalah objek wisata alami yang sayang untuk dilewatkan. Air terjun Setawing merupakan salah satu wisata menarik yang berada di dataran tinggi Kulon Progo dan diapit oleh bukit dan dataran pegunungan.

Sejarah Air Terjun Setawing

Air terjun Setawing menjulang dari atas tebing dengan ketinggian 45 meter. Tebingnya berdiri kokoh seolah siap mengalirkan mata air yang berasal dari pegunungan.  Tebingnya berasal dari batuan gamping berwarna keemasan. Air terjun Setawing oleh warga sering disebut grojokan Ngisor tawing, sebab grojokan berarti air terjun ini berada persis di bawah tebing atau tawing. Mata airnya berasal dari berbagai sumber aliran dan memiliki tiga anak tangga.

Mitos Air Terjun Setawing

Memiliki tiga buah undakan atau anak tangga membuat aliran air dari atas tebing tidak langsung jatuh ke dasar kolam paling bawah, melainkan melewati undakan atas dahulu baru akhirnya sampai di undakan terakhir. Mata air yang mengalir menghasilkan efek percikan sangat indah. Si cantik air terjun Setawing ini sangat jauh dari kesan mistis dan menyeramkan sehingga tidak ada mitos yang bisa dijelaskan oleh banyak warga di sana.

Jam Buka Air Terjun Setawing

Debit air terjun Setawing akan berubah sesuai musim. Artinya jumlah air di musim kemarau akan berkurang sehingga pengunjung diharapkan datang pada musim hujan atau peralihan. Air terjun Setawing termasuk air terjun musiman karena sumber mata airnya hanya bisa dinikmati di saat-saat tertentu. Untuk jam buka tempat wisata Anda bisa datang pada pagi atau sore hari, yaitu waktu terbaik menikmati pemandangan air terjun dan sekitarnya.

Fasilitas Air Terjun Setawing

Fasilitas yang tersedia di kawasan air terjun adalah area parkir untuk memudahkan pengunjung bisa menitipkan kendaraan di rumah-rumah warga. Jika merasa lapar, ada beberapa warung kecil di dekat rumah warga. Mendekati lokasi air terjun, sudah dibangun jembatan atau tangga yang nanti bisa digunakan pengunjung untuk menjangkau lokasi. Dilengkapi pula dengan gazebo untuk beristirahat.

Tiket ke Air Terjun Setawing

Berapakah harga tiket masuk ke kawasan air terjun Setawing? Air terjun ini resmi dibuka untuk wisatawan umum pada tahun 2014. Untuk harga tiket masuk ke lokasi air terjun bersifat sukarela. Anda hanya perlu membayar biaya untuk parkir kendaraan sebesar Rp. 2000 untuk satu kendaraan roda dua.

Alamat Air Terjun Setawing

Air terjun Setawing adalah tempat wisata alam yang letaknya berada di Dusun Jonggrangan, Desa Jatimulyo, Kecamatan Giriloyo, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Agar dapat sampai ke lokasi, Anda harus melalui perjalanan dari kota Jogja. Di sini, silahkan lakukan perjalanan ke arah barat yaitu Godean hingga sampai ke pasar Jonggrangan.

Di sekitar pasar nanti Anda akan menemukan papan penunjuk arah ke lokasi air terjun Setawing. Ikuti saja arahnya hingga nanti menemukan lahan parkir. Dari area parkir Anda cukup berjalan kaki sejauh 100 meter. Dan tak jauh dari tempat tersebut, tempat wisata menakjubkan air terjun Setawing telah menanti.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.