Pesona Air Terjun Sri Gethuk, Green Canyon Ala Gunung Kidul

oleh -42 Dilihat
Pesona Air Terjun Sri Gethuk, Green Canyon Ala Gunung Kidul
instagram.com/p/BK7p6qqgbd-/?hl=id&tagged=airterjunsrigethuk

JOGJA POST – Pernah mendengar istilah Green Canyon? Mungkin Anda akan berfikir Arizona. Tunggu dulu, Green Canyon yang dimaksud adalah wisata air terjun Sri Gethuk yang berada di Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Air terjun Sri Gethuk adalah satu dari sekian wisata air terjun paling populer di Jogja. Struktur tebing air terjun mirip dengan Green Canyon Amerika Serikat meskipun tidak se-lebar dan se-besar aslinya.

Sejarah Air Terjun Sri Gethuk

Wisata air terjun Sri Gethuk adalah wisata yang sangat populer di kalangan para pecinta alam. Panjang air terjun yaitu 50 meter dan memiliki 3 sumber mata air diantaranya mata air Dong Poh, Ngandong, dan Ngmbul. Air terjun memiliki struktur batu dan tebing yang rapi, memiliki pancaran air yang indah lengkap dengan pemandangan di sekitarnya. Nama air terjun Sri Gethuk berasal dari kata Kethuk yaitu instrumen musik gamelan.

Mitos Air Terjun Sri Gethuk

Nama air terjun Sri Gethuk memang dikaitkan dengan nama alat musik gamelan. Konon katanya, alat musik gamelan itu dimiliki oleh pemimpin bangsa jin bernama Anggo Meduro. Di waktu tertentu, dikabarkan sering terdengar alunan gamelan dari area air terjun. Dikatakan juga bahwa pemimpin jin itu sangat menyukai kesenian jatil dan karawitan. Karena kisah itulah, mengapa air terjun dijuluki Sri Gethuk.

Jam Buka Air Terjun Sri Gethuk

Sebagai tempat wisata populer dengan julukan Green Canyon-nya Gunung Kidul, membuat wisata air terjun Sri Gethuk cukup ramai dikunjungi. Jika Anda ingin menyaksikan secara langsung keindahan pancuran mata airnya, silahkan datang pada pukul 8 pagi sampai 4 sore. Waktu kunjungan bisa kapan saja karena debit air terjun tidak pernah kering meskipun di musim kemarau.

Fasilitas Air Terjun Sri Gethuk

Wisata air terjun Sri Gethuk telah dilengkapi dengan beragam fasilitas cukup lengkap. Selain fasilitas tersedia juga beragam kegiatan bertema outdoor yang bisa dicoba oleh pengunjung. Fasilitas diantaranya area parkir, tempat ganti pakaian, persewaan pelampung, warung makan, spot untuk berfoto, dan papan informasi. Sedangkan aktifitas luar outdoor yang dapat dinikmati yaitu menyusuri sungai Oya, tracking, cliff jumping, body rafting, dan rapelling.

Tiket Air Terjun Sri Gethuk

Harga tiket masuk ke kawasan air terjun yaitu Rp. 10.000. Harga ini sudah termasuk harga menikmati semua pemandangan. Namun jika ingin menyewa alat maka dikenakan biaya tambahan misalnya menyewa ban harganya Rp. 2.000. Sementara biaya parkir, pengunjung cukup membayar sekitar Rp. 2.000 untuk roda dua.

Alamat Air Terjun Sri Gethuk

Air terjun berlokasi di Dusun Menggoran, Desa Bleberan, Player, Gunung Kidul. Rute menuju lokasi adalah lewat pusat kota Jogja lalu melewati Wonosari hingga sampai ke Pathuk. Selanjutnya akan menemui pertigaan Gading dan lanjutkan perjalanan sampai ke Playen. Pilih jalan kanan menuju ke Palihan. Sampai di pertigaan akan ada petunjuk arah ke lokasi air terjun Sri Gethuk. Silahkan Anda ikuti informasi yang ada di papan penunjuk arah tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.