Menjelajahi Keindahan Air Terjun Tlogo Muncar Kaliurang

oleh -81 Dilihat
Menjelajahi Keindahan Air Terjun Tlogo Muncar Kaliurang
instagram.com/p/BkK-Mtzgp11/?hl=id&tagged=airterjuntlogomuncar

JOGJA POST – Selain di pusat kota Yogyakarta, kawasan Kaliurang bisa menjadi salah satu destinasi andalan wisatawan yang datang dari berbagai kota. Alasannya karena kebanyakan wisatawan ingin mencari udara segar dan sejuk khas pegunungan. Letak objek wisata Kaliurang memang berada di lereng gunung Merapi sehingga sangat tepat untuk lokasi tujuan berlibur keluarga.

Menariknya lagi, di kawasan Kaliurang bukan sekedar kawasan wisata dengan pemandangan alam akan tetapi, di tempat tersebut juga terdapat sebuah air terjun yang masih alami dengan ketinggian mencapai 30-45 meter. Air terjun tersebut dijuluki sebagai air terjun Tlogo Muncar Kaliurang atau lebih dikenal dengan nama air terjun Kaliurang.

Sejarah Air Terjun Tlogo Muncar Kaliurang

Dahulu kala lokasi dekat air terjun terdapat bangunan bersejarah bernama Wisma Kaliurang. Di tempat itu pernah diadakan perundingan khusus antara Indonesia dengan Komisi Tiga Negara pada 1948 dan menghasilkan Notulen Kaliurang. Wisata air terjun Kaliurang semakin popular setelah adanya perundingan Kaliurang. Lokasinya pun mudah ditemui dan paling sering dikunjungi.

Mitos Air Terjun Tlogo Muncar Kaliurang

Saat menginjakkan kaki di area air terjun, hawa sejuk dan panorama yang indah bisa Anda temui. Air terjun Tlogo Muncar Kaliurang diyakini oleh warga setempat sebagai lokasi yang dahulu kala pernah digunakan oleh seorang putri dari kerajaan Majapahit bernama Dewi Condrokirono. Ada yang percaya jika mandi di sana dapat membuat wajah awet muda.

Jam Buka Air Terjun Tlogo Muncar Kaliurang

Air terjun Tlogo Muncar Kaliurang mengalirkan air yang sangat jernih dan masih alami. Sumber airnya bahkan berasal dari lereng yang berada di bukit Plawangan, yakni salah satu bukit yang berada di kawasan gunung Merapi. Sayangnya, kawasan gunung Merapi terkenal gersang dan sedikit tanaman. Oleh sebab itu, Anda diharapkan datang pada masa peralihan musim hujan.

Tiket Air Terjun Tlogo Muncar Kaliurang

Menuju ke lokasi wisata Kaliurang, Anda perlu menempuh jarak lumayan jauh. Sebelum memasuki kawasan air terjun alangkah baiknya untuk melewati pintu gerbang utama. Di sana nantinya Anda dikenakan biaya masuk ke kawasan wisata dengan tiket seharga Rp. 3000 untuk satu orang. Harga tiket tersebut sangat terjangkau dan murah.

Fasilitas Air Terjun Tlogo Muncar Kaliurang

Berbicara mengenai fasilitas, tempat wisata air terjun Tlogo Muncar Kaliurang menyediakan berbagai fasilitas meliputi area parkir, gazebo, adanya taman rekreasi anak, area camping ground, kolam Tlogo Putri, dan hutan wisata untuk para pengunjung yang ingin mencari udara segar khas pegunungan. Bagi yang ingin bermalam juga sudah tersedia tempat menginap terdekat dari lokasi.

Alamat Air Terjun Tlogo Muncar Kaliurang

Letak air terjun berada di desa Hargo Binangun, Pakem, Sleman. Untuk rute perjalanannya sendiri, Anda dapat melakukan trekking dari pusat kota Jogja menuju jalan Kaliurang. Lakukan perjalanan selama 1 jam hingga nanti sampai pada jalanan menanjak. Terus ikuti arah jalan hingga nanti Anda akan sampai ke gerbang loket. Di sanalah terdapat sebuah petunjuk yang mengarahkan Anda langsung ke kawasan air terjun Tlogo Muncar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.