Cantiknya Wisata Air Terjun Tuwondo

oleh -66 Dilihat
Cantiknya Wisata Air Terjun Tuwondo
instagram.com/p/BbofeNYHEmn/?hl=id&tagged=airterjuntuwondo

JOGJA POST – Grojokan Tuwondo atau air terjun Tuwondo merupakan tempat wisata rekreasi yang memiliki daya pikat tersendiri. Air terjun Tuwondo adalah kawasan wisata yang baru dan letaknya berada di Piyungan Bantul. Lokasi wisata bermula sebagai lokasi berbasis pedesaan. Alasan dibuatnya air terjun berbasis pedesaan agar jumlah wisatawan yang datang semakin bertambah.

Sejarah Air Terjun Tuwondo

Wisata alam  berbasis pedesaan air terjun Tuwondo dahulunya berada di area dekat pembuangan sampah. Asal usul nama air terjun ini berawal dari kata “tu” yaitu singkatan dari kata “watu” yang artinya “batu”. Kemudian kata “ondo” dalam bahasa Jawa berarti “tangga”. Kesimpulannya adalah mengapa air terjun ini bisa dinamai Tuwondo karena air terjun memiliki tumpukan batu yang mirip anak tangga.

Mitos Air Terjun Tuwondo

Menguak tabir kehidupan di area air terjun Tuwondo memang cukup sulit. Terlebih jika membahas tentang mitos di sana. Sebelum di buka sebagai kawasan wisata, tidak banyak orang atau penduduk setempat yang mengunjungi tempat tersebut. Sangat sulit juga mencari tahu mitos apa yang mengawali kisahnya. Artinya, air terjun Tuwondo tidak dikaitkan dengan mitos atau legenda manapun.

Jam Buka Air Terjun Tuwondo

Wisata air terjun Tuwondo dapat dinikmati pada musim hujan. Sementara pada musim kemarau mata air yang biasanya mengalir akan mengering. Sumber air yang dihasilkan tidak cukup untuk dijadikan tempat bermandi. Pada musim kemarau, kondisi airnya juga tidak sejernih air terjun lainnya. Warna airnya berubah kecoklatan akibat adanya partikel halus dan endapan tanah yang terbawa aliran.

Tiket Masuk Air Terjun Tuwondo

Sebagai air terjun musiman, air terjun Tuwondo memang sangat menarik jika dikunjungi pada musim hujan. Untuk tiket masuk ke kawasan tidak ada. Pengunjung cukup membayar uang untuk parkir yang sudah disediakan oleh warga sekitar air terjun Tuwondo.

Fasilitas Air Terjun Tuwondo

Fasilitas yang ada di lokasi wisata cukup mendukung meskipun tidak lengkap. Misalnya di sana masih belum tersedia fasilitas untuk ganti pakaian atau tempat untuk mandi. Fasilitas sederhana yang ada yaitu lahan untuk parkir, warung makan dan tempat untuk bersantai sejenak. Pada dasarnya air terjun Tuwondo memiliki daya tarik wisata yang bagus meskipun belum tergarap secara maksimal.

Alamat Air Terjun Tuwondo

Akses menuju wisata air terjun Tuwondo dapat dilalui dengan kendaraan roda dua. Mulanya, Anda bisa menempuh perjalanan dari perempatan di Jl. Wonosari. Ambilah jalan bagian selatan kurang lebih 200 meter. Terus berjalan melewat gedung serbaguna Banyakan hingga nanti bertemu sebuah gang kecil. Selanjutnya masuk ke dalam gang hingga menjumpai area persawahan.

Sesampainya di persimpangan, gunakan jalur kiri hingga ke bukit Bucu. Terakhir ambil arah kanan hingga nantinya Anda akan sampai ke lokasi utama. Air terjun ini tepat berada di kampung Lemah Abang, dusun Banyakan 3, desa Sitimulyo, Piyungan, Bantul, Yogyakarta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.