Asam Amino Esensial dan Contohnya

oleh

Asam Amino Esensial

Tubuh membutuhkan 20 jenis asam amino. Seseorang setidaknya harus memperoleh sembilan jenis asam amino. Di mana kesembilan ini terkandung dan disebut asam amino esensial.

Dalam asam amino ini terkandung zat baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Pengertian Asam Amino Esensial

AAE atau asam amino esensial ialah jenis nutrisi yang memiliki peran penting untuk pertumbuhan anak. Karena tidak diproduksi oleh tubuh manusia, jadi jenis asam amino ini dapat berasal dari berbagai makanan dan minuman. Saat seseorang kekurangan jenis asam amino ini, gejalanya bisa berbeda-beda.

Asam amino juga merupakan senyawa yang tergabung untuk membuat protein. Saat seseorang makan atau minum yang mengandung protein. Kemudian sistem pencernaan akan memecah protein tersebut menjadi asam amino. Tubuh secara reflek akan menggabungkan asam amino untuk melakukan fungsinya.

Jenis Asam Amino Esensial Serta Fungsinya Dalam Tubuh

Jenis asam amino memiliki peran berbeda di dalam tubuh. Setidaknya ada sembilan jenis dan manfaat yang baik untuk anak. Seperti di antaranya valin, leusin, lisin, histidin, isoleusin, metionin, fenilalanins, triptofan serta treonin. Berikut ulasan selengkapnya:

  • Fenilalani. Yakni jenis asam amino yang sangat bermanfaat bagi tubuh untuk melakukan proses memproduksi senyawa lain. Nutrisi ini berpotensi mengatasi beragam penyakit seperti depresi dan vitiligo.
  • Metionin. Merupakan asam amino dengan kandungan sulfur yang bertanggung jawab untuk perbaikan jaringan.
  • Valin. Adalah termasuk dari tiga cabang asam amino. Salah satu fungsi bagi tubuh adalah mencegah kerusakan otot dan membantu metabolism otot.
  • Leusin. Termasuk asam amino yang berkontribusi pada hormon pertumbuhan.
  • Treonin. Berfungsi penting untuk saraf dan membantu menjaga strukture kolagen, elastin dan gigi.
  • Lisin. Diperlukan tubuh untuk perbaikan jaringan dan mendukung sistem kekebalan tubuh.
  • Isoleusin. Dibutuhkan untuk pembentukan hemoglobin serta membantu penyembuhan luka.
  • Triptofan. Berperan sebagai neurotransmitter yang membentuk komunikasi antar sel saraf.
  • Histidin. Atau juga asam amino semi esensial. Perannya penting untuk pertumbuhan anak usia dini.

Beruntungnya, jenis asam amino esensial ini terdapat di dalam makanan. Mulai dari sumber nabati seperti kacang-kacangan serta biji-bijian. Sampai produk hewani seperti makanan laut, daging ayam atau sapi. Menurut ahli kesehatan, sebagian besar makanan dari sumber hewani mengandung semua asam amino dengan jumlah tepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.