Bahasa Jawa Selamat Pagi [Paling Sopan, Halus dan Paling Gampang]

oleh -102.487 views
Logo Jogja Terbaru Bahasa Jawa Selamat Pagi
elphanpp.blogspot.com

JOGJA POST – Masyarakat Jawa terbilang akrab dengan yang namanya adat istiadat. Dalam kehidupan, sekalipun perilaku yang baik sudah menjadi tradisi dan melekat terus meskipun zaman semakin berkembang. Budaya dan adat istiadat orang Jawa adalah tradisi yang tidak akan pernah terlupakan dan menjadi kebiasaan yang harus selalu dilestarikan.

Seperti kebiasaan menyapa atau mengucapkan salam ketika bertemu dengan orang lain. Budaya menyapa seseorang saat bertemu adalah hal paling utama agar keakraban sesame manusia tetap terjaga sepanjang hayat.

Ucapan paling sederhana yang sering dipakai di masyarakat Jawa adalah selamat pagi, bahasa Jawa terima kasih dan bahasa Jawa aku cinta kamu. Beberapa kalimat frasa untuk mengungkapkan salam yaitu;

– “Sugeng Enjing” atau “Sugeng Enjang”
– “Wilujeng Enjing” atau “Wilujeng Enjang”

Kata “Sugeng” sama dengan “Wilujeng” yang berarti “Selamat”. Dan kata “Enjing” atau “Enjang” berarti “Pagi”. Pemakaian kalimat ini, dalam bahasa Jawa lebih ke arah Krama Alus. Sedangkang untuk Jawa Ngoko ucapan selamat pagi tidak dikenal.

Bahasa Jawa Selamat Pagi

Cara Mengucapkan Selamat Pagi Dalam Bahasa Jawa:

Bahasa Jawa Selamat Pagi
Pixabay.com

Bagaimanakah cara mengucapkan Selamat Pagi yang benar dalam bahasa jawa? Ucapan salam atau selamat sama dengan berdoa, meminta harapan atau keinginan. Namun bukan itu yang kami maksud melainkan ungkapan Selamat Pagi dalam bahasa Jawa.

Dalam mengucapkan “Selamat Pagi” dalam bahasa jawa berarti “Sugeng Enjing” atau bisa juga “Sugeng Enjang”. Seperti yang sudah dibahas diatas, “Sugeng” berarti “selamat” sedangkan “enjing” atau “enjang ” artinya “pagi”.

Contoh kalimat;

“Sugeng enjing bu guru!”, artinya “Selamat pagi bu guru!”

Lebih tepat pakai “Sugeng” atau “Wilujeng” ?

Sebenarna jika dilihat secara sepintas makna dari kata “Sugeng” maupun “wilujeng” bisa berarti sama. Tapi manakah yang lebih pas untuk diucapkan jika Anda bukan seorang penutur asli bahasa jawa atau baru mempelajarinya?

Umumnya masyarakat jawa sering memakai kata “Sugeng” untuk diucapkan sebagai basa Krama. Namun jika ditelusuri lebih dalam, arti “Sugeng” lebih mengarah kepada arti “Hidup”. Sehingga dirasa kurang cocok dipakai. Namun ada juga yang menyebut kata “Selamat” dalam bahasa jawa adalah “Wilujeng” dan bisa digunakan sebagai bahasa Krama. Misalnya, wilujeng enjing (selamat pagi), wilujeng ambar warsa (selamat ulang tahun) dan sebagainya.

Merujuk dari buku Undang-Undang Bahasa Jawi karya Wardono, kata selamat dalam bahasa jawa jika di ubah ke bentuk Jawa Ngoko merarti “slamet”. Jika di ubah ke dalam kalimat Krama menjadi “wilujeng”. Sedangkan Krama Inggilnya yaitu “sugeng”.

Jadi kesimpulannya adalah, antara kata “Sugeng” dan “Wilujeng”, keduanya memiliki makna yang sama yaitu selamat. Hanya perpedaannya terletak pada penggunaan yang harus disesuaikan dengan konteks, dengan siapa kita berbicara, dan berdasarkan tingkatan bahasa jawa (baik ngoko ataupun krama).

Kumpulan Ucapan Selamat Pagi Dalam Bahasa Jawa:

Ungkapan selamat pagi untuk sehari-hari

“Sederek sedoyo sugeng enjing. Monggo kita sareng-sareng sinau basa Jawa”, artinya
“semuanya selamat pagi, mari kita bersama-sama belajar bahasa jawa ”

Ungkapan selamat pagi saat bertemu dengan orang lain

“Wilujeng enjing, seneng iso ketemu sampean maneh”, artinya “Selamat pagi, senang bisa bertemu kamu lagi”

“Sugeng enjing, kados pundi pawartosipun?”, artinya “Selamat pagi, bagaimana kabarnya?’

Ingin yang lebih puitis, kalimat romantis ini bisa Anda gunakan untuk menyatakan perasaan

“Esuk-esuk wes nembang, tembangane asmaradana. Esuk-esuk wes ngandang sing diandang ra teko-teko. Wilujeng enjing…”, artinya “pagi-pagi sudah bernyanyi, lagunya asmara. Pagi-pagi sudah tidur, yang di impikan belum datang-datang. Selamat pagi…”

“Saben wong kudu tansah ngucapake sembah nuwun. Nanging yen ati ngerasa ngeluh, cukup sampean sing ana pangilon. Wilujeng enjing”, artinya “setiap orang harus selalu bersyukur. Namun jika hati terasa berkeluh kesah, cukup kamulah bercermin. Selamat pagi”.

Sekian penjelasan singkat tentang Bahasa Jawa Selamat Pagi beserta contoh penggunaan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga dapat menambah wawasan kita dalam mempelajari bahasa Jawa dengan lebih luas.

Tinggal di Daerah Istimewa Yogyakarta Jogja Post

Gambar Gravatar
Berita Jogja Hari Ini

2 thoughts on “Bahasa Jawa Selamat Pagi [Paling Sopan, Halus dan Paling Gampang]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *