Catat! Ini 6 Barang Elektronik yang Bikin Tagihan Listrik di Rumah Melonjak

oleh

Barang Elektronik

Penggunaan barang elektronik di rumah memang sangat penting untuk memenuhi segala kebutuhan kita sehari-hari. Namun, tagihan listrik yang kerap kali melonjak membuat beberapa orang merasa stres karena pengeluaran yang cukup besar. Kenaikan tagihan listrik ini sebetulnya bisa diakibatkan oleh sejumlah kebiasaan sepele penghuni rumah ketika menggunakan barang elektronik.

Kebiasaan itulah yang menjadi faktor tagihan listrik mendadak melonjak tinggi. Oleh karena itu, penting untuk kamu mengetahui berbagai barang elektronik di rumah yang bikin tagihan meningkat sehingga kamu bisa lebih memperhatikan lagi dalam pemakaiannya. Nah, berikut ini kami telah merangkum beberapa barang elektronik yang bisa bikin tagihan melonjak. Apa sajakah itu?

1. Setrika

Setrika

 

Alat yang berfungsi untuk melicinkan pakaian ini memang sangat dibutuhkan di waktu-waktu tertentu. Tapi sebaiknya, bijaklah dalam menggunakan barang elektronik ini. Pasalnya, setrika membutuhkan daya listrik setidaknya sebesar 300 watt sekali pencolokan.

Kalau digunakan setiap hari, daya listrik yang dikonsumsi tentu akan cukup besar, bukan? Untuk itu, sebagai solusi, kamu bisa menyetrika pakaian dalam jumlah besar setiap seminggu sekali, sehingga tagihan listrik di rumah tetap terjaga.

2. Kulkas

Kulkas

 

Kulkas adalah alat elektronik yang membutuhkan daya listrik setiap saat, karena memiliki fungsi sebagai tempat penyimpanan makanan dan minuman agar tetap fresh. Pemakaiannya yang terus menerus inilah yang mengakibatkan alat pendingin ini menjadi barang elektronik yang boros listrik.

Untuk mengatasi tagihan listrik membengkak, disarankan kamu tidak terlalu sering membuka tutup lemari pendingin ini. Sebab menurut penelitian, terlalu sering membuka tutup kulkas bisa meningkatkan konsumsi energi refrigerator. Saat udara hangat di luar masuk ke dalam lemari es yang dingin, maka kulkas memerlukan energi ekstra untuk melakukan pendinginan.

3. AC (Air Conditioner)

AC (Air Conditioner)

 

Tinggal di negara beriklim tropis seperti Indonesia membuat penggunaan AC sangat dibutuhkan bagi banyak orang. Tapi, perlu diketahui, bahwa AC atau Air Conditioner adalah salah satu barang elektronik yang bikin tagihan melonjak karena membutuhkan banyak daya sekali penggunaan. Agar terhindar dari boros listrik, kamu bisa mengatur suhu AC sesuai kebutuhan.

Saat ada sedikit orang, sebaiknya jangan terlalu mengatur suhu terlalu dingin, dan hindari kebocoran udara dari luar sebab jika AC terkena udara luar, pendingin ruangan ini akan bekerja ekstra untuk mendinginkan udara.

4. Rice Cooker (Penanak Nasi)

Rice Cooker

 

Rice cooker ternyata memakan daya listrik yang cukup banyak. Saat menanak nasi, rice cooker akan menyerap daya setidaknya 359 watt, dan memanaskan nasi dalam jumlah 77 watt. Penggunaan rice cooker di rumah juga sering dilakukan, bahkan hingga seharian.

5. Microwave

Microwave

 

Walaupun microwave bukan termasuk alat masak yang ideal untuk rumah tangga, tetapi microwave sudah banyak digunakan di rumah-rumah, karena berguna untuk membantu menghangatkan makanan cepat saji atau instan dengan cepat.

Namun, daya listrik yang dibutuhkan microwave terbilang besar, yaitu diatas 800 watt, ditambah pada penggunaan tertentu seperti memanggang, daya listrik yang diperlukan semakin besar.

6. Dispenser

Dispenser

 

Alat elektronik satu ini mampu menyediakan air panas dan air dingin secara otomatis. Karena kegunaanya tersebut, dispenser menjadi barang elektronik yang wajib ada di rumah. Akan tetapi, konsumsi daya listrik yang diperlukan ternyata terbilang cukup besar. Umumnya, dispenser membutuhkan daya listrik berkisar 250-400 watt, tergantung pada spesifikasinya.

Jadi, itulah deretan barang elektronik yang bisa membuat tagihan listrik di rumah meningkat. Untuk menghemat biaya tagihan listrik di rumah, kamu bisa mulai dengan memperhatikan penggunaan barang elektronik, dan memilih barang elektronik dengan fitur hemat listrik.

Bahkan, kini kamu bisa menemukan berbagai barang elektronik hemat listrik hingga proximity sensor dengan mudah di online shop, lho. Semoga informasi tadi bisa menambah wawasan bagi para pembaca semua, ya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.