Panduan dan Biaya Import Barang dari China

oleh -67 views

Import Barang dari China

Bisnis importir barang telah menjadi salah satu pekerjaan yang menjanjikan. Hal ini dikarenakan tingginya minat pasar terhadap barang yang berasal dari luar negeri. Selain itu barang import dikenal memiliki kualitas yang bagus dan harga yang murah. Salah satu negara yang sering dilakukan proses importir adalah China hal ini dikarenakan biaya import barang dari China dikenal murah dan punya kualitas bagus.

Panduan Import Barang

Namun bagi Anda yang penasaran berapa biaya yang dikeluarkan untuk mengimport barang dari negeri tirai bambu sebelumnya Anda harus paham bagaimana proses dan tata cara import yang baik serta meminimalkan budget. Untuk itu simak panduan import barang dari China serta perhitungan biaya yang dibayar pada saat melakukan importir barang :

Pastikan Memilih Supplier Yang Tepat

Sebelum menghitung harga barang, hal yang harus Anda ketahui pertama adalah siapa yang menyediakan barang. Dengan tahu seluk beluk pemasok barang otomatis kegiatan import barang juga akan berjalan barang. Carilah supplier dengan barang yang berkualitas dengan begini setidaknya konsumen barang yang Anda jual menjadi lebih percaya pada Anda.

Jangan hanya mencari biaya import barang dari China yang murah saja lihatlah mutu barang dan jasa yang Anda cari agar  puas dalam berbelanja.

Negosiasi Dengan Supplier

Sebelum melakukan pembelian barang sebaiknya Anda menawar terlebih dahulu agar mendapatkan harga yang sesuai dengan keinginan. Biasanya akan ada sedikit kemudahan dari supplier untuk pelanggannya apalagi pada pelanggan yang sudah sering berlangganan berbagai penawaran pun sering dilakukan.

Melakukan Pembayaran barang

Barulah setelah masing-masing pihak baik Anda maupun Supplier setuju dengan barang yang akan dipesan maka Anda bisa melakukan pembayaran. Pembayaran pun sekarang bisa dilakukan dengan jasa titip transfer antar negara yang akan memudahkan Anda ketika kebingungan melakukan pembayaran. Biaya yang dibayar sesuai dengan harga negosiasi antara Anda dan Supplier.

Memilih Cargo yang Sesuai

Untuk mengirim barang Anda bisa memilih dengan cargo yang disediakan pihak jasa import barang. Sebaiknya pilihlah cargo dengan harga yang lebih murah dan lebih cepat sampai hal ini agar waktu Anda lebih efisien. Anda juga bisa memilih bagaimana barang diantar ke Indonesia baik melalui jalur laut, udara maupun darat.

Untuk masalah perizinan biasanya pihak kargo yang mengatur beserta masalah pajak saat pengiriman barang.

Mengurus Dokumen untuk Cargo Borongan

Tak dapat dihindari saat membawa barang dengan cargo China ke Indonesia Anda perlu memberi dokumen pendukung kepada pihak pengangkut barang baik berupa invoice maupun packing list barang yang Anda pesan.

Maka selanjutnya pihak cargo yang akan mengurus administrasi hingga tuntas dan kemudian barulah barang dikirim. Saat barang telah sampai pihak Cargo akan menelpon Anda sampai disini barang sudah tiba di Indonesia dengan selamat.

Biaya Import Barang

Hal terakhir yang harus Anda buat adalah melakukan pelunasan agar barang dapat diantar ke tempat Anda.  Disini harga yang akan Anda bayarkan meliputi stuffing, trucking, warehousing,handling export, custome clearance, bea masuk beserta PPH dan PPN, Delivery area, serta biaya garansi dan asuransi.

Sebagai tips jangan mudah percaya bila harga cargo terlalu murah karena bisa jadi Ada biaya lainya yang akan menunggu Anda.

Dalam menentukan biaya import barang dari China yang Anda bawa hal ini sebenarnya tergantung dari jasa import yang Anda pakai. Biasanya mereka akan menetapkan harga per m3. Namun harga per m3 tak jauh beda antar jasa layanan import barang.

Misalnya dari salah satu jasa import barang untuk jenis tas sekitar Rp. 4. 500. 000/ cbm, jenis kosmetik dan obat kimia Rp. 6. 500. 000 / cbm, Janis garment dan baju Rp. 7. 000. 000/ cbm, jenis kain, tekstil dan benang Rp. 8. 500. 000/ cbm, jenis mesin Rp. 6. 500. 000/cbm, dan jenis sepatu Rp. 5. 000. 000/ cbm.

Hal diatas adalah  perkisaran biaya saat mengimport barang dan bagaimana cara import barang dari China dengan aman dan mudah.

 

Tinggal di Daerah Istimewa Yogyakarta Jogja Post

Gambar Gravatar
Berita Jogja Hari Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *