Cara Meminjam Dana di Koperasi Simpan Pinjam

oleh -360 views

Koperasi Simpan Pinjam di Pracico

JOGJA POST — Koperasi simpan pinjam merupakan salah satu badan usaha resmi yang bertujuan untuk mensejahterakan para anggotanya. Layanan yang ditawarkan oleh koperasi salah satunya adalah layanan simpan pinjam. Melalui layanan simpan pinjam anggota dapat meminjam uang dalam jumlah tertentu dengan bunga yang lebih ringan dibandingkan di tempat badan usaha lain. Keuntungan lain bila melakukan simpan pinjam di koperasi adalah mendapatkan laba usaha yang dibagikan setiap tahun.

Memahami Syarat dan Prosedur Meminjam Dana di Koperasi Simpan Pinjam

Koperasi simpan pinjam menyediakan pinjaman dana bagi anggota koperasi dengan syarat dan kebijakan tertentu. Oleh karena itu sebelum mengajukan pinjaman dana, sebaiknya memperhatikan beberapa hal berikut :

1. Memilih Koperasi

Langkah pertama yaitu memilih koperasi yang menyediakan layanan simpan pinjam, terutama bila Anda belum sama sekali terdaftar di koperasi manapun. Anda dapat memilih koperasi berdasarkan komunitas tempat tinggal, rekomendasi teman, maupun koperasi lain yang terpercaya.

2. Mendaftar sebagai Anggota

Saat ini sudah ada Koperasi simpan pinjam yang memberikan jasa pinjaman dana pada non anggota. Namun, lebih baik Anda mendaftarkan diri sebagai Anggota koperasi karena akan mendapatkan keuntungan berupa Sisa Hasil Usaha (SHU) yang dibagi dengan adil. Syarat mendaftar sebagai anggota koperasi antara lain Warga Negara Indonesia, bersedia membayar simpanan pokok dan simpanan wajib sesuai dengan ketetapan di koperasi tersebut serta menyetujui Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga koperasi.

3. Memahami Sistem Bunga

Sebelum mengajukan pinjaman, Anda harus mengetahui mengenai sistem bunga koperasi yang berbeda dengan badan usaha lain. Sistem bunga koperasi menawarkan beberapa sistem bunga yang bisa dipilih antara lain bunga flat, bunga menurun, bunga menurun efektif serta bunga anuitas.

Bunga flat adalah sistem bunga selalu sama setiap bulan dan yang paling banyak diminati untuk pinjaman dana dalam jangka pendek. Bunga menurun adalah besaran bunga yang diatur berdasarkan besarnya pinjaman pokok. Bunga menurun efektif yaitu bunga yang dihitung semakin menurun berdasarkan saldo akhir anggota setiap bulan. Bunga Anuitas hampir sama seperti bunga menurun efektif hanya saja dipengaruhi oleh pinjaman per bulan.

4. Mematuhi Syarat Peminjaman Dana

Setelah terdaftar sebagai anggota maka Anda dapat mengajukan peminjaman dana dengan mengumpulkan syarat pinjaman dana terlebih dahulu. Secara umum syarat peminjaman dana di Koperasi simpan pinjam yaitu berstatus sebagai anggota koperasi, mengisi secara lengkap formulir pengajuan pinjaman, melampirkan berkas fotokopi KTP, fotokopi Kartu Keluarga, Fotokopi rekening listrik bulan terakhir serta fotokopi Slip Gaji bulan terakhir.

5. Mengikuti Proses Pengajuan Peminjaman Dana

Setelah memenuhi syarat peminjaman dana dengan lengkap, Anda perlu  melakukan pengajuan pinjaman melalui proposal tujuan peminjaman dana. Dalam proposal tersebut dijelaskan mengenai tujuan peminjaman serta jumlah nominal yang diperlukan. Setelah itu pihak koperasi akan mengurus pengajuan pinjaman dana sesuai dengan prosedur dan aturan di koperasi tersebut. Apabila proposal pengajuan pinjaman dana disetujui maka dana pinjaman dapat cair. Untuk kesepakatan pengembalian dana pinjaman diatur dan disepakati bersama melalui akad pinjaman koperasi.

Demikian ulasan mengenai cara meminjam dana di Koperasi simpan pinjam. Semoga penjelasan di atas dapat membantu  serta memudahkan mendapatkan pinjaman dana di koperasi. Salah satu koperasi  yang menyediakan jasa pinjaman dana yang aman dan terpercaya yaitu koperasi pracico. Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat mengunjungi alamat website di pracico.com.

Tinggal di Daerah Istimewa Yogyakarta Zamhari

Gambar Gravatar
  Tinggal di Daerah Istimewa Yogyakarta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *