5 Cara Menghangatkan Badan di Kala Musim Penghujan, Ojo Kademen!

oleh -241 Dilihat

5 Cara Menghangatkan Badan di Kala Musim Penghujan, Ojo Nganti Kademen!

5 Cara Menghangatkan Badan di Kala Musim Penghujan (Gambar: Pixabay/pen_ash)

Pertengahan musim penghujan seperti sekarang ini menjadikan kondisi suhu menjadi lebih dingin. Walhasil tubuh kita juga menjadi lebih dingin, terutama di malam dan pagi hari. Tidak jarang jika hujannya deras seharian, dinginnya cukup menusuk.

Tidak jarang juga musim penghujan juga membuat anda mungkin lebih malas untuk beraktivitas. Kedinginan atau cuaca dingin sering disalahkan karena hal ini. Padahal namanya kedinginan itu masih bisa diatasi kalau kita tahu cara menghangatkan badan.

5 Cara Menghangatkan Badan di Kala Musim Penghujan

Nah, berikut ini kami sajikan cara simpel untuk menghangatkan badan di musim penghujan seperti sekarang ini. Cara-cara di bawah ini bisa dicoba setidaknya agar anda tidak kedinginan atau menyalahkan musim penghujan yang jelas tidak ada hubungannya. Berikut 5 cara menghangatkan badan di kala musim penghujan:

  1. Mandi Air Hangat

 

5 Cara Menghangatkan Badan -1

(Gambar: Pixabay/pen_ash)

Cara ini bisa dikatakan paling efektif terutama jika dingin menyerang baik pagi maupun sore hari. Tidak peduli dinginnya seperti apa, menggunakan air hangat untuk mandi setidaknya membuat badan anda lebih baik.

Memang, ada juga yang menyarankan sebaiknya menggunakan air dingin saja ketika mandi karena tidak ada bedanya. Namun itu akan menjadi masalah bagi orang yang sudah kadung takut air di kala cuaca sedang dingin. Memanaskan air baik untuk diminum ataupun untuk mandi lebih direkomendasikan terlebih jika anda tidak ingin jatuh sakit.

  1. Minum Teh Hangat dan Geprekan Jahe, Kopi Juga Boleh

5-Cara-Menghangatkan-Badan-di-Kala-Musim-Penghujan-2

(Gambar: Pixabay/Foundry)

Apapun makanannya, yang penting minumannya tetap hangat. Hehehe, pada dasarnya minuman hangat seperti teh yang disajikan ketika panas atau hangat lebih direkomendasikan, karena mudah untuk didapatkan. Campurkan juga jahe dengan cara di-geprek untuk mendapatkan aroma dan sensasi yang lebih menghangatkan.

Alternatif lain yang bisa digunakan untuk menghangatkan tubuh adalah dengan membuat secangkir kopi. Bagi beberapa orang, kopi tidak hanya berguna dikala ingin begadang atau membuat konsentrasi lebih karena kafein­—nya, namun juga menghangatkan di kala dingin. Lebih direkomendasikan untuk minum kopi hangat di pagi hari, karena lebih menyehatkan dan membuat anda lebih segar menjalani hari di kala musim penghujan.

  1. Makan-Makanan Berkuah Hangat dan Pedas

5-Cara-Menghangatkan-Badan-di-Kala-Musim-Penghujan-3

(Gambar: Pixabay/RitaE)

Entah mengapa hampir semua jenis makanan di kala musim penghujan jadi terlihat dan terasa lebih enak untuk dimakan. Hal itu juga ditambah dengan cuaca dingin, yang membuat kita lebih cepat untuk lapar dari biasanya. Kombinasi yang pas untuk membuat kita ingin segera mencicipi apapun yang tersedia di meja makan.

Namun jika anda ingin makan sambil menghangatkan badan, makanan yang berkuah lebih kami rekomendasikan. Mengapa? Karena kehangatan dari makanan berkuah cenderung bertahan lebih lama ketimbang makanan bertumis. Lebih-lebih jika makanan tersebut mengandung cabai, yang tidak hanya menghangatkan namun juga bisa membuat anda berkeringat. Sedangkan untuk level kepedasan itu bergantung pada seberapa anda menyukainya. Kombinasi makanan yang hangat dan pedas sangat direkomendasikan untuk menghangatkan badan.

  1. Setel AC Biasa Saja atau Matikan Saja!

5-Cara-Menghangatkan-Badan-di-Kala-Musim-Penghujan-4

(Gambar: Pixabay/mohamed_hassan)

Urusan yang satu ini memang gampang-gampang susah. Mungkin anda sering menemui kondisi suhu udara di musim penghujan, baik di dalam maupun di luar ruangan sudah sama-sama dingin. Namun tetap saja ada rekan anda yang justru menyalakan pendingin ruangan alias AC. Lha wong wis adem kok ditambah adem!

Masalah seperti ini memang harus dikomunikasikan secara baik-baik demi “kehangatan bersama”, lebih-lebih jika anda sensitif terhadap cuaca dingin. Alternatif lain yang bisa dicoba adalah mengatur besaran suhu pada remote AC. Atur saja di angka 18 atau 20 derajat Celcius agar ruangan tidak terlalu dingin. Sebetulnya akan lebih efektif jika tidak usah dinyalakan AC-nya terutama jika suhu ruangan memang sudah dingin sebelumnya.

  1. Jangan Lupa Tetap Olahraga!

5 Cara-Menghangatkan-Badan-5

(Gambar: Pixabay.com/planet_fox)

Musim hujan memang bukan hal yang tepat untuk berolahraga di luar ruangan. Bagi anda yang sering berolahraga seperti berlari, bersepeda a.k.a gowes, atau sepak bola mungkin harus menunda atau bahkan tidak melakukannya sama sekali. Bahkan ada juga yang lebih suka menarik selimut dan memakai jaket untuk tidur ketimbang olahraga di musim hujan. Hayo, sopo sek ngono?

Padahal ada berbagai cara untuk berolahraga di dalam ruangan meskipun itu di rumah atau kos anda. Anda tetap dianjurkan untuk tetap berolahraga selama musim hujan. Hal ini bukan hanya untuk membakar lemak dan kalori menjadi keringat, tapi juga menjaga kesehatan anda secara fisik. Olahraga indoor seperti berlari ringan, bulu tangkis, futsal, atau tenis meja bisa menjadi alternatif olahraga yang tepat selama musim hujan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.