Curug Gedhe, Wisata Alam Tersembunyi tapi Mempesona

Curug Gedhe
instagram.com/p/Bgh8BSLjKWy/?tagged=curuggedhe

Halo, apa kabar sobat traveler di mana saja Anda berada. Berbicara tentang tempat wisata, Yogyakarta adalah tempatnya. Di daerah yang kaya akan budaya dan wisata alamnya ini menyimpan sebuah rahasia alam tentang keberadaan curug Gedhe. Curug Gedhe adalah satu dari puluhan air terjun yang berada di kawasan Gunungkidul. Seperti apa sejarah dan bagaimana menuju ke lokasi?

Sejarah Curug Gedhe

Curug Gedhe tengah tren di kalangan pecinta alam. Menjadi salah satu spot menarik untuk dikunjungi dan dijadikan objek survival. Lokasi curug tersembunyi di balik bukit dan dikelilingi hutan-hutan. Air terjun memiliki ketinggian 30 meter dan dikelilingi oleh tebing batu besar.

Air terjun memiliki aliran anak sungai yang membuat pengunjung bisa mencuci badan tanpa harus berbasah-basahan. Uniknya, curug Gedhe ternyata masih memiliki 6 anakan air terjun dan kompleks wisata lain yaitu Randu Kembar, Situs batu Gajah dan Goa Borang.

Mitos Curug Gedhe

Air terjun masih berada di kawasan gunung api purba sehingga sudah dipastikan jika curug yang satu ini terbentuk selama ratusan bahkan bisa jadi ribuan tahun silam. Soal mitos, curug yang dijuluki tempat indah ini tidak memiliki kisah misteri atau legenda. Namun bagi yang ingin berenang lebih baik urungkan niat. Pasalnya tempat ini memiliki 6 anak curug lain yang cukup deras.

Jam Buka Curug Gedhe

Jam buka tempat wisata curug Gedhe selama 24 jam. Karena bersifat musiman, Anda dapat mengunjungi pada waktu musim hujan. Debit air di waktu tersebut sangat baik untuk menyaksikan air terjun yang jatuh dari atas tebing. Sayangnya jika Anda tiba pada musim kemarau, maka debit airnya bisa berkurang secara drastic sehingga tidak menarik untuk dilihat.

Tiket Masuk Curug Gedhe

Masih terawatt secara alami, wisata air terjun Gedhe bisa dikunjungi oleh siapa saja. Harga tiket masuknya gratis. Salah satu alasan karena lokasinya tersembunyi dan medannya cukup sulit dilalui. Anda tidak bisa membawa kendaraan untuk masuk ke dalam medan. Sehingga Anda hanya perlu berjalan kaki dan parkir kendaraan dekat perkampungan dengan membayar jasa parkir mulai Rp. 2.000 saja.

Fasilitas Curug Gedhe

Berbicara soal fasilitas, rupanya tempat yang satu ini masih jauh dari kata lengkap. Benar saja, wisata alam yang lokasinya sangat jauh dari perkampungan memang tidak terdapat fasilitas penunjang seperti kamar mandi, gazebo, warung makan dan tempat persewaan dekat lokasi. Jadi Anda bisa membawa bekal dan peralatan camping sendiri atau gunakan cara ala survival yang menyenangkan. Jika tak ingin kesasar silahkan gunakan pemandu.

Alamat Curug Gedhe

Lokasi curug Gedhe berada di Dusun Gembyong, Ngoro-oro, Patuk, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Rute yang dapat ditempuh yaitu cukup sulit lantaran medan yang ditempuh berada di lembah yang dikelilingi bukit. Dari kota Jogja, silahka ambil rut eke Wonosari lalu ke bukit Bintang hingga ke perempatan Patuk dan sampai di Kelurahan Ngoro-oro.

Dari perempatan lakukan perjalanan lagi hingga ke Tower Stasiun TV dan perempatan Nglanggeran. Sesampainya di sana ambil arah kiri menuju Desa Gambyong. Di desa inilah letak wisata curug Gedhe berada.  Agar tidak kesasar, Anda bisa bertanya kepada warga lokasi keberadaan air terjun cantik ini.

Gambar Gravatar
Berita yang masuk di Email, Whatapps dan Telegram Redaksi akan di Edit terlebih dahulu oleh Tim Editor Media Jogjapost.com kemudian di publish.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.