Curug Indah Gedangsari, Air Terjun Istimewa di Jogja

oleh -44 Dilihat
Curug Indah Gedangsari, Air Terjun Istimewa di Jogja
instagram.com/p/BUmcLZrFPkp/?hl=id&tagged=curuggedangsari

JOGJA POST – Pesona wisata di Gunung Kidul kini makin lengkap setelah kemunculan air terjun Indah Gedangsari. Warga lebih senang menyebutnya curug Indah Gedangsari, yaitu sebuah wisata alam yang menyajikan pesona air mancur khas pegunungan. Saat mata airnya mengalir dari tebing, hawa sejuk dan dingin seolah merasuk ke dalam sendi tulang. Lebih jelasnya, yuk kita ketahui tentang sejarah, alamat dan kapan wisata mulai dibuka.

Sejarah Curug Indah Gedangsari

Air terjun Indah Gedangsari memiliki keistimewaan tersendiri yaitu terdapat gugusan cekungan indah dengan diameter berbeda. Air terjun yang indah ini memiliki tingkatan dengan ketinggian bervariasi. Dari sejarahnya, air terjun ini memiliki banyak nama. Ada yang menyebut curug Gedangsari karena lokasinya di Gedangsari, ada yang bilang curug Bayat sebab lokasinya di sekitar Bayat. Namun ada juga yang menyebut dengan nama taman wisata.

Mitos Curug Indah Gedangsari

Bercerita tentang mitos, Air terjun Indah Gedangsari sangat jauh dari kesan seram dan angker. Selama ini tidak pernah terdengar kisah tentang mitos atau legenda terbentuknya air terjun. Air terjun ini memang terbentuk secara alami dan dari tahun ke tahun mengalami perubahan yang biasa. Misalnya kawasan di sekitarnya yang tidak terawat dengan baik karena adanya sampah, atau perubahan debit air pada musim kemarau.

Jam Buka Curug Indah Gedangsari

Waktu kunjungan wisata air terjun Indah Gedangsari tidak ditentukan. Anda bisa datang kapan saja. Namun sebagai air terjun musiman, pemandangan akan lebih indah pada musim hujan. Pada masa tersebut debit airnya meningkat dan kolam pemandiannya bisa digunakan untuk berenang.

Tiket Masuk ke Curug Indah Gedangsari

Jika masih tertarik dan penasaran dengan wisata curug Indah Gedangsari, silahkan datang pada musim penghujan atau masa peralihan. Pastikan untuk menjaga keamanan sebab di musim tersebut kontur tanah dan bebatuan di sekitar curug sedikit licin. Bagi yang tidak sabar ingin pergi, siapkan uang untuk biaya masuk sebesar Rp. 5.000. Jika memanfaatkan area parkir, siapkan pula dana tambahan.

Fasilitas Curug Indah Gedangsari

Fasilitas penunjang tempat wisata belum terlalu banyak. Hanya beberapa yang dapat digunakan seperti lahan parkir, dan tempat alami untuk beristirahat. Di sana juga belum tersedia warung makan dan pengunjung harus melewati ratusan meter untuk menemukan warung. Jadi lebih baik bawa bekal sendiri dari rumah. Jalan menuju lokasi masih buruk padahal di sana tersimpan potensi wisata alam yang sangat baik.

Alamat Curug Indah Gedangsari

Lokasi curug berada di Desa Tegalrejo, Gedangsari, Gunung Kidul. Dari kota Yogyakarta, jarak yang harus ditempuh sekitar 35 km. Rute ditumpeh dari Jogja melewati jembatan Janti hingga ke Maguwo. Lalu ke Bandara, Kalasan, ke Prambanan, dan Stasiun Srowot Klaten. Lanjut ke pasar Wedi, ambil arahrat ke Gedangsari, lalu ke pasar Bayat. Ikuti petunjuk hingga nanti bertemu dengan perbatasan Klaten-Jogja. Lokasi curug tidak terlalu jauh dari gapura perbatasan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.