Syarat dan Peluang Memperoleh Dana Cepat Tanpa Jaminan

oleh -546 views

Dana Cepat Tanpa Jaminan OK

Tidak sedikit orang berpikir bahwa mengajukan pinjaman dana cepat tanpa jaminan harus melalui lembaga keuangan resmi yang identik dengan berbagai macam proses panjang yang melelahkan. Bahkan, kerap kali mereka  menganggap  lembaga keuangan tersebut memiliki kebijakan dan persyaratan yang sulit sertamerepotkan. Hal tersebut memang ada benarnya, namun hal tersebut hanya berlaku belasan tahun yang lalu.

Kini, lembaga keuangan resmi seperti bank sudah menerapkan sistem yang prkatis sehingga proses pengajuan kredit bisa berlangsung secara cepat. Tak hanya itu saja, persyaratan yang diminta pun juga tidak serumit yang dipikirkan banyak orang. Lembaga keuangan mencoba menghadirkan raga jenis pinjaman yang bisa Anda pilih, sesuai dengan kebutuhan. Dengan demikian, Anda tidak perlu lagi mengajukan sejumlah pinjaman kepada rentenir yang notabene memiliki resiko lebih besar.

Salah satunya adalah Kredit Tanpa Angunan (KTA). Kredit Tanpa Angunan adalah salah satu produk perbankan yang banyak diminati oleh masyarakat. Wajar saja, mengingat KTA merupakan jenis pinjaman tunai yang fleksibel dan tidak terbatas untuk satu hal saja. Lagi pula, KTA juga memiliki banyak kelebihan yang akan menguntungkun para calon debitur, misalnya saja seperti yang dijelaskan di bawah ini.

  1. Tanpa Agunan

Sama seperti namanya, KTA adalah salah satu dari sekian banyak bentuk pinjaman yang bisa diajukan tanpa menyertakan sebuah angunan. Tentu saja jenis pinjama ini sangat meringankan karena dapat memperoleh dana cepat tanpa jaminan.

  1. Persyaratan yang Mudah

Selain tanpa jaminan, KTA juga merupajan bentuk pinjama tunai yang memiliki persyaratan mudah dalam pengajuannya. Jadi, Anda tidak perlu khawatir akan kesulitan dalam memenuhi segala persyaratan yang diajukan oleh pihak kreditur.

  1. Proses yang Cepat

Lain halnya dengan bentuk pinjaman lainnya, proses pengajukan KTA ini tergolong sangat cepat bahkan hanya membutuhkan beberapa hari saja. Menariknya lagi, dalam layanan beberapa bank, terdapat KTA online yang hanya membutuhkan waktu beberapa jam saja dalam proses pengajuannya.

  1. Penggunaan yang Fleksibel

Dana yang akan Anda dapatkan melalui sistem pinjaman KTA mempunyai sifat penggunaan sangat fleksibel, yang artinya Anda bisa menggunakannya secara luas dan bebas untuk berbagai macam kebutuhan Anda.

  1. Tenor yang Panjang

Kelebihan lain yang bisa Anda dapatkan dari KTA adalah jangka waktu pembayarannya bisa Anda tentukan sendiri. Tentu saja ini akan meringankan karena Anda bisa meyesuaikan dengan kemampuan bayar yang Anda miliki. 

Meskipun demikian, untuk mengajukan KTA terdapat syarat dan persyarat yang tetap harus Anda patuhi. Hal tersebut wjib dilakukan agar nantinya pengajuan Anda bisa disetujui oleh pihak pemberi pinjaman. Di bawah ini ada beberapa poin yang bisa Anda jadikan acuan sebelum mengajukan KTA:

  1. Penuhi Semua Persyaratan

Untuk mendapatkan dana cepat tanpa jaminan melalui KTA, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memenuhi segala persyaratan yang telah ditentukan oleh bank, salah satunya adalah persyaratan administrasi, seperti fotocopy KTP atau identitas lainnya, fotocopy kartu kredit, fotocopy NPWP, fotocopy SIUP + rekening koran, slip gaji / Surat Keterangan Penghasilan (bagi yang berstatus sebagai seorang pegawai atau karyawan) dan tentu saja jangan lupa mengisi seluruh kolom aplikasi pengajuan KTA dengan data diri Anda dengan benar, cantumkan nomor telepon yang valid agar nantinya pihak bank tidak kesulitan melakukan verifikasi dan proses pada aplikasi Anda.

  1.  Cantumkan NPWP

Ketika Anda mengajukan pinjaman dana cepat tanpa jaminan melalui KTA, maka Anda wajib memiliki NPWP atau Nomor Pokok Wajib Pajak, apalgi jika Anda ingin mengajukan dana dalam jumlah yang besar. Dengan adanya NPWP maka pihak bank akan lebih mudah mempertimbangkan pengajuan dana Anda dan kesempatan memperoleh pinjaman juga lebih besar. Untuk itu, jika Anda belum memiliki NPWN, maka sebaiknya ajukan dan urus NPWP terlebih dahulu dengan mendatangi kantor pajak terdekat.

  1. Sertakan Nomor Kartu Kredit

Proses pengajuan KTA akan lebih mudah jika Anda memiliki kartu kredit sebelumnya. Hal ini disebabkan karena pihak bank akan lebih mudah dalam melihat dan mempertimbangkan pengajuan pinjaman Anda dengan melihat riwayat kredit dan aktifitas perbankan Anda, lewat kartu kredit yang Anda miliki tersebut.

Meskpiun mempermudah proses pengajuan, namun hal ini juga kerap kali menjadi boomerang bagi beberapa orang, khususnya bagi mereka yang memiliki riwayat pemakaian yang buruk di dalam kartu kredit.  Misalnya saja Anda memiliki sejumlah tunggakan/hutang dalam kartu kredit. Untuk itu, sangat disarankan untuk melakukan pelunasan terlebih dahulu, sebelum mengajukan KTA ke pihak bank. Pasalnya jika tidak, maka bersiaplah mengalami penolakan bila Anda ketahuan memiliki kredit macet sebelumnya.

  1. Pahami Batas Limit Kredit

Ketika Anda hendak mengajukan KTA, sangat penting untuk mengetahui batas limit kredit yang akan Anda peroleh. Umumnya, pihak bank memiliki sejumlah ketentuan mengenai batas limit kredit akan mereka berikan kepada masing-masing calon debitur. Misalnya berdasarkan jumlah penghasilan yang Anda terima setiap bulannya. Biasanya seorang pegawai atau karyawan akan diberikan limit kredit sebesar 5 kali gaji mereka.

Untuk itu, sebaiknya pertimbangkan dulu jumlah pengajuan kredit yang akan Anda lakukan. Hal ini penting karena jangan sampai Anda mengajukan jumlah pinjaman dengan jumlah yang tidak masuk akal dan akan memberatkan Anda sendiri di kemudian hari. Semakin kecil limit pinjaman yang nantinya akan ajukan, maka semakin besar juga kesempatan pinajaman dana Anda akan dikabulakn oleh pihak bank.

  1. Penuhi Standar Penghasilan

Dalam pengajuan dana cepat tanpa jaminan melalui KTA, setiap lembaga pinjaman atau bank memiliki kebijakan terkait standar penghasilan minimum para calon debitur. Biasanya jumlah ini akan berbeda antara satu daerah dengan lainnya, karena mengikuti UMR yang berlaku di daerah tersebut. Untuk itu, pastikan Anda memenuhi standar ketentuan penghasilan yang telah ditetapkan oleh pihak pemberi pinjaman. Tentunya hal ini akan berpengaruh pada berhasil atau tidak pengajuan pinjaman KTA yang Anda ajukan.

  1. Ajukan dengan Nama Orang Lain

Jika semisal Anda memiliki sebuah riwayat kredit yang buruk atau terkait dengan kredit macet sebelumnya, maka kemungkinan pinjaman dana cepat tanpa jaminan yang Anda ajukan sangat sulit untuk disetujui, bahkan sama sekali tidap dapat diterima oleh pihak bank. Jika Anda terjebak dalam kondisi seperti ini, Anda bisa menggunakan nama orang lain dalam pengajuan KTA, misalnya dengan menggunakan nama teman, kerabat atau keluarga yang beresedia mengajukan KTA. Namun, pastikan terlebih dahulu, orang tersebut telah memenuhi semua ketentuan yang telah ditetapkan.

Pasalnya, hal ini sangat berisiko, khususnya bagi orang yang digunakan namanya dalam pengajuan yang Anda ajukan, mengingat nama baiknya dipertaruhkan. Untuk itu, Anda harus bisa meyakinkan orang tersebut, jika Anda mampu bertanggung jawab penuh kepada pengajuan KTA ini. Atau jika perlu Anda membuat surat perjanjian dan menandatanganinya sebagai syarat dan bentuk pertanggungjawaban Anda dari pengajuan tersebut.

  1. Sesuaikan dengan Kemampuan Bayar

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari, sebaiknya jangan mengambil jumlah pinjaman dalam jumlah besar dan berada di luar kemampuan yang Anda miliki. Hal ini tentunya akan berisiko membuat Anda kesulitan membayar cicilan dan bahkan berisikok mengalami gagal bayar.

Walaupun KTA merupakan sebuah pinjaman dana cepat tanpa jaminan, namun bank tidak akan segan-segan untuk mengirimkan debt collector untuk melakukan penagihan tunggakan Anda. Untuk itu, akan sangat bijaksana sekali jika Anda mengajukan pinjaman dalam nominal dan jumlah kemampuan Anda. Pastikan juga untuk memilih tenor yang sesuai dengan kondisi keuangan Anda.

 

Tinggal di Daerah Istimewa Yogyakarta Zamhari

Gambar Gravatar
  Tinggal di Daerah Istimewa Yogyakarta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *