DIY diguncang Gempa 5.3 SR, Disebut Warga Terasa Seperti Gempa Blitar Sebulan Lalu

oleh

DIY diguncang Gempa 5,3 SR

DIY diguncang Gempa 5.3 SR (Gambar: Pixabay/Tumisu)

Yogyakarta–  Pagi-pagi buta warga Yogyakarta dikejutkan dengan adanya gempa yang cukup kiat. Gempa dengan kekuatan 5.3 Skala Richter mengguncang seluruh Daerah Istimera Yogyakarta pada Senin (28/06/2021) pada pukul 05.15.

Gempa dirasakan cukup kuat dan membuat masyarakat berhamburan keluar rumah untuk menyelamatkan diri.

Dari data yang dikutip dari Twitter BMKG (diakses pada tanggal 28 Juni 2021) mencatat lokasi gempa terletak pada 8.49 Lintang Selatan dan 110.59 Bujur Timur atau 55 kilometer barat daya kabupaten Gunung Kidul. Sedangkan kedalaman gempa kali ini cukup dalam, yaitu di bawah 48 kilometer.

Namun BMKG menyatakan bahwa gempa ini tidak memiliki potensi tsunami. Sampai berita ini diturunkan, tidak ada laporan jumlah korban atau rumah yang rusak akibat gempa ini.

DIY diguncang Gempa 5.3 SR, Rasanya Seperti Gempa Blitar

Menariknya, guncangan gempa kali ini hanya berjarak satu bulan saja dengan Gempa Blitar yang terjadi sebulan yang lalu (21/5/21). Hal ini membuat beberapa orang beranggapan gempa kali ini terasa seperti gempa yang berpusat di Blitar, Jawa Timur kemarin.

Beberapa warga juga ada yang ikut keluar karena merasakan guncangan yang kuat, sama ketika Gempa Blitar yang juga getarannya sampai DIY. Namun dari pantauan kami, hal tersebut tidaklah berlangsung lama meskipun terasa sama kuatnya.

“Tadi saya kaget kok tiba-tiba tanahnya “greg” seperti gempa sebulan yang lalu. Gantungan kuncinya tiba-tiba gerak sendiri”, tutur Narmi Isnaini (58), warga kampung Minggiran, Mantrijeron, Kota Yogyakarta.

Ia juga mengatakan bahwa gempa kali ini juga dirasakannya cukup kuat dan membuatnya keluar rumah ketika sedang memasak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.