Doa Berhubungan Badan Beserta Adab-adabnya

oleh -53 views

Doa Berhubungan Badan

Islam mengatur segala sesuatu secara detail termasuk dalam pernikahan dan kehidupan berumah tangga. Bagi seseorang yang sudah menikah maka wajib hukumnya untuk berhubungan badan dengan pasangan yang sudah sah menjadi suami atau istrinya. Selain itu juga harus memperhatikan tata caranya yang sudah diatur dalam Islam. Salah satu tata caranya sesuai Islam yaitu membaca doa berhubungan badan.

Doa berhubungan suami istri ada 3 macam yang harus dibaca. Pertama, doa sebelum memulai hubungan badan. Kedua, saat air mani keluar di dalam kemaluan istri. Ketiga, setelah selesai melakukan hubungan badan. Berikut adalah ketika doa berhubungan badan yang diajarkan oleh Islam.

Doa Sebelum Mulai Hubungan Badan

Dianjurkan untuk suami dan istri sebelum melaksanakan hubungan badan agar membaca doa berikut ini.

بِسْمِ اللهِ اَللّهُمَّ جَنِّبْنَا الشَّيْطَانَ وَجَنِّبِ الشَّيْطَانَ مَا رَزَقْتَنَا

Artinya: Dengan menyebut nama Allah, ya Allah jauhkanlah kami dari (gangguan) setan dan jauhkanlah setan dari rezeki yang Engkau anugerahkan kepada kami.

Dengan membaca doa sebelum berhubungan badan diharapkan  akan terbebas dari gangguan setan dan berjalan dengan baik. Sehingga akan membuat hubungan pasangan suami istri semakin mesra.

Doa Ketika Air Mani Keluar

Saat suami mengeluarkan air maninya ada doa yang harus dibaca. Doa ini dibaca untuk memohon supaya anak keturunan dari benihnya tersebut menjadi anak yang shalih dan sholihah serta berbakti kepada kedua orangtuanya.

اَللّهُـــمَّ اجْعَــلْ نُطْفَتَــنَا ذُرّ ِيَّةً طَيِّــبَةً

Artinya: Ya Allah jadikanlah nutfah kami ini menjadi keturunan yang baik (saleh).

Doa Selesai Berhubungan Badan

Setelah suami istri menyelesaikan hajatnya tersebut, dianjurkan untuk membaca doa selesai berhubungan badan berikut ini. Doa ini adalah sebagai tanda wujud rasa syukur atas nikmat dari Allah yang dikaruniakan kepada pasangan suami istri melalui hubungan badan.

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِيْ خَلَقَ مِنَ المْـَــاءِ بَشَـــرًا

Artinya : Segala puji bagi Allah yang telah menjadikan air mani ini menjadi manusia (keturunan).

Doa berhubungan badan adalah salah satu dari beberapa tata cara serta adab berhubungan badan dalam Islam. Berikut ini adalah adab berhubungan badan yang disyariatkan Islam.

Adab Berhubungan Badan Sesuai Islam

Memakai Selimut atau Penutup

Dalam hubungan badan suami istri memang dianjurkan untuk melepas semua pakaiannya. Tetapi tetap harus memakai penutup saat berhubungan, bisa menggunakan satu selimut atau kain yang lebar.

Berhias Diri

Suami atau istri setiap kali akan melakukan hubungan badan sebaiknya berhias diri terlebih dahulu. Bagi istri bisa berhias, berdandan serta memakai wangi-wangian. Suami juga harus memperhatikan penampilannya. Pakai baju yang bagus serta wangi-wangian dan jangan lupa menyisir rambut agar terlihat rapi dan tampan di hadapan istri.

Mendoakan Istrinya

Adab selanjutnya dalam berhubungan badan yaitu suami mendoakan istrinya. Caranya, meletakkan tangan kanan suami ke ubun-ubun istrinya kemudian berdoa dengan doa yang sama dengan doa setelah akad nikah.

Suami Istri Melaksanakan Shalat Dua Rakaat

Suami istri ketika hendak melakukan hubungan badan disunahkan untuk laksanakan salat 2 rakaat.

Tidak Tergesa-gesa

Sangat penting diperhatikan khususnya suami agar tidak tergesa-gesa untuk memulai dan menyudahi hubungan badan dengan istri. Karena jika terbesar besar maka pasangan mungkin akan kecewa karena tidak siap secara psikis maupun fisik. Bisa dengan saling bercanda terlebih dahulu sebelum menunaikan hajat tersebut.

Diharamkan Menyetubuhi Lewat Dubur

Hubungan badan tidak diperbolehkan dan diharamkan melalui dubur. Sebab dapur merupakan tempat keluarnya kotoran.

Dilarang Menceritakan Kepada Orang Lain

Kehidupan rumah tangga selayaknya tidak boleh diceritakan kepada orang lain. Sebab itu merupakan privasi yang harus dijaga dan tidak boleh disebar. Demikian juga soal hubungan badan dengan pasangan. Dilarang untuk diceritakan kepada orang lain bahkan pada orang tuanya sendiri.

Jadi itulah penjelasan mengenai doa berhubungan badan yang seharusnya dibaca terlebih dahulu sebelum melaksanakan hajat tersebut. Selain itu Anda juga harus tahu adab dan tata cara mengenai hubungan badan yang sesuai dengan Islam. Artikel mengambil referensi dari situs Islam terlengkap di Indonesia yang bisa Anda akses kapan saja.

Tinggal di Daerah Istimewa Yogyakarta Jogja Post

Gambar Gravatar
Berita Jogja Hari Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *