File Recovery PC: Penyebab Hilangnya Folder dan Cara Mengatasinya

oleh -62 views

File Recovery PC

File recovery PC kini perlu Anda kuasai jika tiba-tiba mengalami kehilangan dokumen penting di komputer. Meskipun belum pernah menjumpai kasus ini, namun beberapa caranya dapat digunakan sebagai pelajaran agar tidak panik saat mengatasinya.

Penyebab Hilangnya File dalam Laptop

Kehilangan file secara tiba-tiba tentu sudah sering dialami bagi Anda yang kebanyakan mengandalkan laptop atau komputer untuk mengerjakan tugas atau kerjaan. Pastinya masalah ini sangatlah mengganggu aktivitas. Lantas apa penyebab sebenarnya dari kasus ini? Berikut penjelasannya:

1. Terhapus Permanen

Salah satu penyebab utama dari hilangnya file di PC adalah terhapus permanen secara tidak sengaja. Bahkan jika Anda kurang menyadarinya tentu akan menganggap bahwa, dokumen tersebut terhapus disebabkan karena masalah lainnya.

Penyebab ini seringkali dialami oleh banyak orang. Tidak heran jika mereka kurang menyadari dan berakhir merasakan panik saat mengatasinya. Contohnya, saat Anda membersihkan folder dalam komputer secara rutin namun terkadang terdapat satu data penting ikut terhapus.

2. Virus

Di saat Anda mengoperasikan perangkat digital, tidak mengartikan bahwa penggunaannya selalu aman dari ancaman pencurian data. Banyaknya program jahat bisa saja dikirimkan ke komputer untuk menghilangkan beberapa file.

Selain itu, virus juga bisa saja disebabkan jika tidak ada aplikasi antivirus pada PC. Hal ini membuat perangkat eksternal yang dihubungkan dapat menyebarkan berbagai program jahat sebelum menjalani pemindaiannya. Dengan begitu, file pada komputer pun kemungkinan akan tersembunyi.

3. Kerusakan pada Hard Drive

Salah satu komponen dalam komputer yang sangat rentan dan sensitif adalah hard drive. Alasannya adalah di dalamnya terdiri dari bagian beroperasi secara bersamaan. Oleh karena itu, kehilangan file bisa disebabkan di saat perangkat ini mengalami kerusakan.

Meskipun banyak cara yang bisa digunakan untuk mengembalikan file di dalam hard drive, namun hal ini membutuhkan biaya mahal selama prosesnya. Oleh karena itu, Anda perlu berhati-hati selama pemakaian agar tidak mengalami kerusakan.

4. Device Hilang atau Rusak

Jika Anda tidak memiliki back up data secara online tentu masalah ini memang menjadi masalah besar. Apabila device hilang pasti berbagai file di dalamnya akan hilang dan susah untuk dikembalikan lagi meskipun menggunakan berbagai cara.

Selain itu, device juga bisa saja mengalami kerusakan apabila terkena cairan atau sering jatuh. Tentu kedua penyebab tersebut dapat membuat gangguan saat PC maupun laptop tengah membaca file di dalamnya.

Cara File Recovery PC yang Hilang

Ternyata sudah banyak cara yang bisa digunakan untuk memulihkan file terhapus atau hilang. Jika Anda mengalaminya, maka jangan panik terlebih dahulu. Beberapa berikut langkah dapat dicoba agar dokumen dalam PC atau laptop dapat ditampilkan lagi:

1. Cek di Recycle Bin

Setiap PC yang memakai Windows tentu secara otomatis sudah dipasang Recycle Bin. Kegunaannya adalah sebagai tempat berkumpulnya berbagai file terhapus. Biasanya akan terpasang secara otomatis pada layar desktop serta pengguna tidak dapat menghapusnya.

Jika Anda mengalami kehilangan file pada PC, maka memeriksa recycle bin bisa dijadikan cara pertama untuk dilakukan. Apabila ditemukan, selanjutnya klik kanan pada data yang akan dikembalikan kemudian pilih Restore. Dengan begitu, dokumen tersebut secara otomatis sudah kembali.

2. Melalui Windows Restore Previous Versions

Cara ini dapat Anda lakukan apabila tidak menemukan file yang dimaksud pada recycle bin. Pertama yaitu buka lokasi penyimpanan dari data tersebut. Kemudian klik kanan dan pilih menu Restore previous versions.

Dengan menggunakan menu tersebut, memungkinkan Windows untuk mengembalikan data terhapus. Jadi Anda bisa memanfaatkan fitur ini guna memulihkan kehilangan beberapa file tertentu pada laptop. Cara ini tentu sangat mudah dilakukan.

3. Melalui Data Back up

Cara ini ditujukan bagi Anda yang telah melakukan back up data ke penyimpanan cadangan seperti flashdisk, hardisk, CD, DVD dan lain sebagainya. Jika sudah pernah, maka lakukan pemeriksaan apakah file masih tersimpan di dalamnya atau tidak.

Namun jika Anda belum pernah melakukan back up file penting ke media penyimpanan eksternal, hal ini dapat dijadikan sebuah pembelajaran. Alangkah baiknya untuk menyimpannya menggunakan storage cadangan guna menghindarkan dari kehilangan data.

4. Melalui Software Recovery Data

Apabila semua langkah di atas belum membuahkan hasil, maka cara terakhir yang bisa dilakukan ialah menggunakan software khusus untuk recovery data. Anda dapat menemukan berbagai aplikasi ini di internet. Cara mengembalikan file terhapus di flashdisk juga dapat dilakukan melalui program ini.

Beberapa di antaranya yang bisa digunakan adalah Recuva, Undelete 360, PC Inspector File Recovery, Mini Tool Partition ataupun software lainnya. Caranya pun cukup mudah, yakni hanya memilih lokasi penyimpanan file terhapus atau hilang agar dilakukan pemindaian sehingga dapat dikembalikan lagi.

Berbagai penyebab dan cara file recovery PC di atas dapat Anda coba sebagai cara mengembalikan data yang terhapus atau hilang. Alangkah baiknya menggunakan penyimpanan eksternal, sehingga back up dokumen penting dapat dilakukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *