Fungsi Root HP yang Sebenarnya

oleh -7 views

Fungsi Root HP

Pengguna Android mungkin tidak asing dengan kata root handphone atau smartphone. Tapi, apakah semua pengguna tahu apa sebenarnya pengertian root handphone dan fungsinya? Ternyata, tidak semua pengguna Android tahu fungsi root HP. Padahal root HP Android memberi keuntungan bagi pengguna. Banyak juga pengguna Android yang melakukan root untuk mendapatkan akses yang tidak bisa dilakukan oleh HP Android biasa.

Pengertian Root HP Android

Sebenarnya apa pengertian dari root HP Android? Kenapa banyak pengguna yang melakukan root pada smartphone HP Android mereka? Sebelum membahas tentang fungsi dari root android, sebaiknya kita harus tahu apa arti dari root HP Android.

Proses root pada HP Android adalah sebuah proses yang dilakukan oleh pengguna untuk mendapatkan akses yang lebih dari sistem Android. Pengguna bisa secara bebas mengutak-ngatik sistem Android sesuai kemauan mereka.

Cara root android tidak dilarang sebab Android sudah memiliki lisensi terbuka dari pihak Apache. Dengan demikian, pengguna sistem Android bisa melakukan root HP Android. Tetapi pihak Google selaku pengembang Android tidak bertanggungjawab atas resiko yang ditimbulkan.

Fungsi Root pada HP Android

Bagi yang belum mengetahui fungsi root HP Android mungkin masih ragu untuk melakukan proses root. HP yang sudah diroot memberi keleluasaan bagi pengguna untuk mengatur sistem Android sesuai keinginan. Inilah beberapa fungsi dan keuntungan yang wajib Anda ketahui dari root HP Android.

1. Pengguna Dapat Membuka Seluruh Sistem

HP Android yang belum di root tidak bisa memberi kebebasan bagi penggunanya untuk membuka seluruh akses sistemnya. Apabila HP sudah di root, maka pengguna bisa membuka dan mengatur sendiri pengaturan sistem pada HP.

Pengguna sepenuhnya akan bertindak sebagai admin. Ia bisa leluasa mengupdate aplikasi, mengupdate sistem Android menjadi lebih keren. Tentunya, dengan cara yang tidak akan bisa dilakukan pada HP yang standar pengaturannya masih bawaan pabrik.

Misalnya, sebuah HP tidak bisa menginstal suatu aplikasi karena sistem operasinya masih versi lama. Tetapi karena sudah di root, HP bisa menginstal aplikasi tadi. Ini hanya salah satu keistimewaan dari fungsi root pada Android.

2. Mendapatkan Kembali File yang Terhapus

HP Android biasa tidak bisa mengembalikan file yang sudah terhapus atau dihapus. Banyak terjadi kasus, file terhapus secara tidak sengaja, padahal file tersebut sangat penting. Jika sering mengalami hal begini, mungkin sebaiknya cobalah untuk melakukan root pada HP Anda.

Ada beberapa aplikasi khusus yang hanya bisa diinstal pada handphone yang sudah di root. Aplikasi tersebut akan membantu untuk mendapatkan file yang terhapus dengan cepat. Tidak masalah jika sewaktu-waktu Anda secara tidak sengaja menghapus file-file penting, seperti dokumen, gambar, video, foto, atau musik.

3. Menghapus Aplikasi Bawaan

Biasanya handphone yang baru saja kita beli, terdapat sebuah aplikasi yang tidak bisa dihapus atau di uninstall. Ini dikarenakan aplikasi tersebut memang aplikasi bawaan ponsel. Aplikasi-aplikasi bawaan tersebut mungkin kurang Anda sukai, sehingga ingin dihapus. Daripada memenuhi ruang penyimpanan dan membuat ponsel lambat, memang lebih baik dihapus saja.

Agar bisa menghapus aplikasi bawaan, Anda harus melakukan root pada ponsel. Baru setelah ponsel berhasil di root, Anda bisa menghapus aplikasi bawaan yang kurang berfaedah. Menghapus aplikasi yang dirasa tidak perlu jelas akan berpengaruh pada kecepatan kerja dari sebuah ponsel.

Ternyata fungsi root HP sangat menguntungkan juga ya, samahalnya dengan jasa root stb Bandung. Cara ini bisa Anda lakukan sendiri, tetapi jika tidak terbiasa, biasanya akan memakan waktu cukup lama dan sedikit ribet. Alternatif lainnya bisa menggunakan jasa root HP yang yang sudah profesional dan 100% berhasil.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *