Mengenal Apa Itu Gutter Kolam Renang dan Poin Utama Dalam Pemasangannya

oleh -24 views

Kolam renang menjadi salah satu bagian penting sebuah rumah untuk mempercantik interior ataupun eksterior. Pemilihan desain serta beberapa bagian penting seperti gutter kolam renang justru penting untuk disediakan di sebuah kolam renang.

Maka dari itu, ada beberapa nilai penting untuk pemasangan gutter di sebuah kolam renang. Bukan tanpa alasan sebuah kolam renang masih menggunakan gutter dengan beberapa poin utama seperti estetika ataupun penggunaan sesuai fungsinya.

Mengenal Apa Itu Gutter Kolam Renang

Walaupun dari fungsi gutter sudah banyak diketahui, tidak ada salahnya beberapa informasi seputar pengenalan gutter juga perlu dikembangkan. Maka dari itu kita bisa mengawali dengan mencermati apa itu gutter di sebuah kolam renang seperti pada ulasan berikut ini.

  • Apa Itu Gutter Kolam Renang

Gutter sendiri menjadi sebuah selokan ataupun berwujud got dengan fungsinya sebagai saluran yang berguna untuk mengalirkan air limpahan. Dari air limpahan yang langsung masuk ke gutter tersebut akan dibawa langsung ke balancing tank.

Untuk itu, posisi dari gutter sendiri berada di tepi kolam renang dan setiap kolam renang harus menyediakan gutter dengan berbagai jenis. Untuk jenis gutter yang banyak dipakai adalah overflow sehingga dari limpahan air yang tumpah dari kolam renang bisa dialirkan ke balancing tank.

Fungsi dari gutter bisa dikatakan vital dan penting di sebuah kolam renang. Karena itulah banyak pihak selalu bisa mendapatkan kualitas gutter terbaik untuk memperlancar dan mempermudah prosedur perawatan kolam renang.

Kebutuhan gutter untuk kolam renang harus bisa berfungsi sesuai tujuannya, kemudian dari penentuan ukuran gutter harus sesuai dengan ukuran kolam renang. Jika sebuah kolam renang tidak memiliki gutter, maka dari sirkulasi airnya tidak lancar bahkan sulit dibersihkan.

Hal Penting Harus Diperhitungkan Pada Pemasangan Gutter

Dalam tahapan cara-cara pembuatan kolam renang, Gutter mempunyai peran penting.  Walaupun dari fungsi gutter kolam renang sudah banyak dipahami, tetap saja ada beberapa hal penting yang perlu diperhitungkan pada saat pemasangannya. Dari prosedur pemasangan, gutter harus bisa mendatangkan manfaat secara tepat. Sampai akhirnya Anda bisa memilih desain gutter terbaik.

  • Kedalaman Pemasangan Gutter

Pada umumnya penggunaan gutter ini dilakukan pada kedalaman 15-20cm. Akan tetapi, pada sisi kedalaman tersebut masih belum menjadi acuan tepat. Sebab ada beberapa jenis kolam renang yang dibuat pada ukuran berbeda.

Sehingga pada aspek kedalaman pemasangan gutter lebih dari 20 cm bisa jadi pilihan karena masih dikatakan variatif dan bisa dimanfaatkan lebih maksimal. Prinsip dari beberapa poin utama penggunaan gutter adalah kemampuan mengalirkan semua limpahan air kolam renang.

Anda bisa memilih ukuran gutter mencapai kedalaman 20cm yang mana dikatakan cukup bersih untuk kebutuhan sirkulasi air kolam renang. Jadi ukuran dalamnya pemasangan gutter masih biasa ditakar pada 15 sampai 20cm.

  • Lebar Gutter

Tidak hanya pada aspek kedalaman saja, tetapi pada sisi lebar gutter juga perlu dipertimbangkan. Penggunaan gutter kolam renang bisa diakses dengan lebar 20 sampai 25cm. Dari patokan ukuran tersebut gutter diharapkan bisa berjalan sesuai fungsinya.

Ditambah lagi pada bagian permukaan gutter bisa ditutup memanfaatkan grill ataupun penggunaan bahan lainnya. Biasanya ada penggunaan batu alam sebagai penutup gutter, tetapi Anda harus mengeluarkan biaya cukup mahal untuk memakai batu alam.

Pada faktanya gutter dengan ukuran lebar 20-25 cm masih dirasa ideal, maka dari itu pada sisi lubang gutter bisa Anda tutup dengan rapi sehingga dari estetikanya bisa diandalkan dan akhirnya mempercantik tampilan gutter.

  • Ukuran Lebar Gutter Lainnya

Perlu Anda ketahui, pemasangan gutter untuk kolam renang masih mempertimbangkan ukuran kolamnya. Ada banyak opsi mengenai ukuran gutter kolam renang yang ideal, namun ada juga lebar gutter mencapai 50 cm sampai 1meter. Dari patokan ukuran lebar gutter tersebut bisa kita lihat akan memberi tampilan lebih mewah namun juga harga pemasangan cukup tinggi.

Ukuran baku pada bagian gutter masih bisa berubah. Sedangkan untuk menghemat biaya penggunaan gutter bisa langsung dipakai sebagai balancing tank dan kedalamannya hanya berkisar 50 sampai 60 cm saja.

Pengaplikasian gutter juga mendapatkan pendampingan dengan peralatan lainnya. Untuk itulah Anda perlu memahami bagaimana cara tepat untuk bisa mendapatkan ukuran gutter lebih sempurna di setiap kolam renang.

  • Cara Pembuatan Gutter

Sekilas dari proses pembuatan gutter kolam renang juga banyak dijadikan informasi tambahan pada saat penggunaan gutter. Prosedur dari pembuatan gutter ternyata mudah dipahami. Sebab gutter menjadi bagian kolam renang overflow, sehingga bahan yang digunakan harus kuat dan ramah lingkungan.

Proses pengecoran gutter harus dilakukan pada saat pembangunan konstruksi kolam renang. Maka dari itu, untuk bisa menyempurnakan fungsi gutter sebaiknya Anda mencoba untuk memahami kembali bagaimana cara pembuatannya.

  • Ukuran Got dan Desainnya

Meskipun di luar dari fungsi gutter kolam renang yang sudah kita ketahui, tetapi pada bagian got juga cukup berguna untuk memberi pendampingan pada fungsi gutter. Ukuran dan model dari sebuah got harus dicermati kembali. Sebisa mungkin dibangun di atas level tanah ataupun lantai rumah berukuran 1 meter.

Fungsi dari got ini mempermudah aliran dan saluran air dari gutter. Kemudian beberapa konsep desain gutter juga memudahkan pengguna dalam merasakan sensasi nyaman mendengar suara gemercik air dari proses aliran air menuju gotter.

Hingga detik ini fungsi gutter kolam renang cukup mudah didapatkan, sampai akhirnya ada sejumlah hal menarik membuat fungsi dari gutter semakin nyaman dalam pemasangannya. Desain guttrer dan gotter juga menjadi bagian penting dalam pemasangannya sehingga Anda perlu memahami semuanya.

Tinggal di Daerah Istimewa Yogyakarta Jogja Post

Gambar Gravatar
Berita Jogja Hari Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *