10 Tips Daftar Kursus Bahasa Inggris di Jogja Dekat Kampus

oleh -192 views

Kursus Bahasa Inggris di Pare

Tahukah Anda? Saat ini, Kampung Inggris bukan hanya ada di Pare Jawa Timur saja lho. Selain mengambil Kursus bahasa Inggris Pare, kamu juga bisa mengambil kursus bahasa Inggris di Kota Jogja.

Yogyakarta sudah sejak lama dikenal sebagai kota pendidikan karena adanya Ki Hajar Dewantara beserta gebrakan-gebrakan dalam bidang yang telah dibuat. Bahkan, tidak hanya setiap hal berbau Jawa namun juga bahasa Inggris yang terdapat di sekitar universitas. Namun untuk mengikutinya, Anda harus tahu tentang tata cara daftar kursus bahasa Inggris di Jogja dekat kampus sesuai prosedur.

Cara Daftar Kursus Bahasa Inggris

Menjadi salah satu kota yang paling sering kedatangan mahasiswa, Yogyakarta tentu memiliki lebih dari satu universitas ternama untuk menimba ilmu, begitupun kursus Bahasa Inggris. Tapi terkadang, masih banyak orang enggan belajar karena tidak tahu cara daftarnya. Berikut akan dijelaskan uraiannya:

Ketahui Dulu Tempatnya

Sebelum memulai daftar, alangkah baiknya untuk mengetahui tempat-tempatnya. Ada begitu banyak lembaga bimbingan belajar  bahasa Inggris tersebar di Yogyakarta. Utamanya bagi para mahasiswa pasti mencari yang dekat dengan kampus atau kost-an.

Cari tahu dulu mengenai tempat tersebut. Mulai dari program, paket belajar, metode, fasilitas serta harga. Sesuaikan juga jadwal yang akan diambil. Jangan sampai mengganggu waktu berorganisasi atau kuliah.

Perkirakan kalau bisa mengambil jadwal di luar jam kuliah, seperti saat liburan tiba. Karena kampus biasanya memberi waktu libur lebih lama. Jadi, tidak akan terganggu dengan sering bergantinya jam pelajaran dosen agar bisa lebih fokus.

Lakukan Konsultasi

Setelah tahu dimana tempatnya, datangi dulu lokasi tersebut. Biasanya ada bagian front office di depan saat Anda masuk dan tanyakan berbagai hal yang mungkin masih dibingungkan. Jangan takut, karena mereka akan menjelaskannya dengan senang hati.

Biasanya hal paling banyak dibingungkan setiap orang adalah tentang paket, fasilitas serta biaya selama program berlangsung. Karena umumnya, terdapat begitu banyak pilihan. Bahkan, Ada yang dilakukan sambil menginap di asrama maupun kursus per jam biasa.

Tanyakan juga apa rekomendasi program yang tepat kepada para pegawai front office. Jangan hanya datangi satu kantor namun beberapa pilihan, kemudian akukan riset kecil terhadap pendaftaran ini agar bisa dilihat mana pemilik paket terbaik untuk situasi Anda.

Langsung Daftar

Sesudah menentukan jadwal, cari waktu yang tepat untuk mendaftar. Apabila lokasi kursus dekat dengan kampus maupun kost-an, langsung saja datang ke sana agar lebih mudah dan hemat. Namun, bila tempatnya cukup jauh hal ini tidak terlalu dianjurkan.

Beberapa tempat menyediakan pendaftaran online seperti halnya di kursus bahasa Inggris Pare. Bagi yang rumahnya jauh, tentu hal ini memudahkan sekali. Tetapi, akan memakan biaya juga kalau harus beberapa kali datang ke sana untuk mengurus berbagai macam administrasi.

Segera isi formulir beserta persyaratan lainnya. Bagi yang rumahnya jauh, lebih baik teliti dulu semuanya agar tidak lupa satu dua berkas. Jelas, hal itu pasti merepotkan dan akan memakan banyak biaya apabila ceroboh.

Pilih Program Sesuai Skill Maupun Gabungan

Di tempat kursus, pasti akan banyak penawaran program, mulai dari paket sesuai skill tentang listening-speaking maupun reading-writing. Ada  juga yang khusus grammar, vocabulary, pronunciation, bahkan TOEFL/TOEIC.

Biasanya program-program tersebut akan diadakan sendiri-sendiri. Jadi, calon siswa bebas memilih ingin fokus yang mana. Namun, ada pula paket gabungan dan umumnya berisi skill-skill dasar serta harus segera diasah seperti listening-speaking dan writing-reading.

Tidak jarang beberapa ada yang membuat paket liburan 1 sampai 3 bulan sesuai masa libur. Namun, tentu saja teori serta praktek hanya diajarkan secara kilat. Bukan seperti saat kursus per pertemuan yang ditentukan durasi waktunya.

Memilih Kost

Peserta tes TOEFL, TOEIC dan IELTS sekarang kian banyak peminatnya, karena kebutuhan akan hal ini di dunia kerja maupun pendidikan begitu penting. Apalagi bagi mereka yang ingin apply beasiswa ke salah satu universitas luar negeri.

Bagi peserta tes tersebut, sangat disarankan untuk memilih tempat kursus yang dekat dengan kost-an maupun kampus Anda. Karena ujian ini memakan banyak waktu pemantapan serta ruang agar bisa berpikir lebih fokus lagi.

Bagi yang rumahnya jauh, usahakan untuk segera mencari tempat kost-an. Biasanya, beberapa lokasi kursus menyediakannya. Cari penginapan dimana Anda tidak diharuskan berbahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari.

Memakai English Camp

Sesuai dengan namanya, English Camp secara harfiah berarti tempat atau pondok berbahasa Inggris. Di sana, ada peraturan khusus dimana peserta didik wajib memakai bahasa pengantar kedua mereka saat sedang berkomuniskasi bersama peserta lain.

Daftar kursus bahasa Inggris di Jogja dekat kampus ada yang memakai metode ini di beberapa tempat. Utamanya bagi pengambil paket selama liburan serta program listening-speaking. Kelebihannya yakni, Anda akan semakin mahir dalam berkomunikasi.

Bagi peserta pemula maupun masih awam dengan bahasa Inggris, sangat disarankan untuk mengambil tempat kursus dengan metode seperti ini. Apalagi bagi penyuka tantang saat berkomunikasi menggunakan bahasa Asing dalam kesehariannya agar cepat mahir.

Sesuaikan Periode Belajar

Biasanya, anak kuliahan memiliki jadwal tidak menentu selain hari Jum’at, Sabtu dan Minggu yang agak longgar. Itupun kalau tidak terbelit dengan kesibukan tugas serta organisasi. Lalu, bagaimana belajar bahasa Inggrisnya?

Sangat disarankan untuk memilih durasi pendek maupun pertemuan harian dengan waktu singkat. Mungkin terdengar kurang efektif, karena acara belajar Anda terbagi-bagi fokusnya. Namun, apa salahnya untuk dicoba.

Anda yang sedang berkuliah di kampus dengan waktu libur singkat juga tidak perlu khawatir. Pilih program mingguan, minimalnya satu minggu. Namun, jangan lupa untuk menginap di English camp bila agar lebih fokus belajarnya.

Tanyakan Adakah Tour atau Ujian

Beberapa tempat kursus menyediakan paket tour setelahnya. Biasanya, dilakukan di tempat-tempat yang memiliki banyak turis mancanegara seperti Bali, Lombok, Malang-Bromo, Yogyakarta sendiri, Bandung, maupun Jakarta

Tour ini berfungsi sebagai ajang latihan para peserta agar mereka mau serta mampu bercakap-cakap bersama turis mancanegara. Apakah para warga negara asing tersebut paham dengan yang diucapkan oleh semua siswa.

Selesaikan Pendaftaran

Untuk Anda, calon peserta didik yang langsung datang ke tempat kursus, bisa menyelesaikan pendaftaran langsung saat itu juga tanpa harus kebingungan mengurus berkas. Asalkan persyaratan selalu lengkap.

Kalau yang rumahnya sedikit jauh dari lokasi, usahakan selalu mengecek e-mail. Tempat kursus biasanya akan menghubungi atau mengkonfirmasi keberhasilan pendaftaran Anda melalui surat elektronik. Cek terus folder inbox maupun spam.

Lakukan Pembayaran

Selesai dengan pendaftaran dan konfirmasi, lakukan segera pelunasan pembayaran. Beberapa ada yang memberikan fasilitas mencicil. Utamanya bagi pengambil program skala panjang. Jadi, selalu tanyakan lebih dulu perihal ini.

Pembayaran biasanya boleh dilakukan melalui transfer dari ATM manapun. Bagi yang rumahnya sedikit jauh dari lokasi kursus, ini merupakan jalan termudah. Sangat dihimbau untuk melakukannya sesegera mungkin setelah konfirmasi.

Dengan daftar kursus bahasa Inggris di Jogja dekat kampus banyak sekali manfaat didapatkan. Apalagi bagi Anda, para mahasiswa yang selalu terbentur akan jadwal kuliah dan organisasi tetapi ingin mahir berbahasa Inggris untuk bekal setelah lulus.

Tinggal di Daerah Istimewa Yogyakarta Jogja Post

Gambar Gravatar
Berita Jogja Hari Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *