Perkembangan Colocation Server di Indonesia

oleh
Pixabay.com
pixabay.com

Data center atau pusat data sudah bukan menjadi hal yang baru lagi di Indonesia. Kebutuhan akan ruang penyimpanan server data yang kian meningkat setiap tahun membuat keberadaan colocation  server yang menjadi salah satu layanan dari pusat data menjadi begitu dipertimbangkan. Semakin berkembangnya teknologi informasi dan jaringan komunikasi membuat setiap perusahaan kini juga harus mengimbangi kebutuhan jaringan datanya.

Karena itulah data center yang menyediakan sebuah colocation  data center menjadi solusi yang sangat membantu. Saat ini bahkan tidak hanya perusahaan yang bergerak dalam bidang teknologi dan informasi saja yang membutuhkan peran dari colocation  ini. Setiap perusahaan yang juga menggunakan IT di dalamnya setidaknya membutuhkan ruang untuk menyimpan perangkat servernya.

Latar Belakang Berkembangnya Colocation Server di Indonesia

Seperti yang sudah umum diketahui bahwa ruang untuk menyimpan server data harus didesain dengan khusus sesuai dengan standard yang sudah ditentukan. Baik dari segi fisik seperti lokasi pembuatan, fasilitas yang digunakan, sistem keamanan hingga segi non fisik seperti akses masuk ke server, layanan upgrade server dan aspek-aspek non fisik lainnya menjadi aspek yang harus diperhatikan dalam menyimpan sebuah server data.

Standard yang tinggi ini membuat tidak semua perusahaan mampu membuat pusat datanya sendiri. Karena itulah banyak yang lebih memilih menggunakan colocation server yang terdapat di dalam sebuah pusat data yang sudah ada.

Bagi Anda, baik yang sudah menggunakan maupun yang belum menggunakan layanan ini, tahukah Anda tentang perkembangan penggunaan colocation  yang ada di Indonesia? Ya, bisa dibilang perkembangan penggunaan colocation data center di Indonesia ini terus mengalami pertumbuhan yang pesat. Bahkan pada tahun 2017 peningkatan itu meningkat dalam jumlah yang sangat tajam. Lantas apa yang menyebabkan perkembangan colocation server di Indonesia ini begitu tajam dalam beberapa waktu belakangan?

  1. Kebutuhan Colocation Server yang terus Meningkat

Faktor pertama yang membuat perkembangan colocation data center terus mengalami peningkatan tak lain karena kebutuhannya yang juga semakin meningkat. Proses perkembangan teknologi dan informasi serta adanya digitalisasi membuat setiap aspek kehidupan juga merasakan dampaknya.

Hal itu jugalah yang harus diperhatikan oleh para pemilik bisnis. Diperlukan sebuah transformasi digital yang akan membawa perusahaan tersebut pada perkembangan arus digital. Dengan begitu perusahaan tidak akan dianggap ketinggalan jaman dan bisa mengikuti era digital yang serba cepat dan efektif ini.

  1. Kebutuhan Disaster Recovery dan Adanya Ancaman Cyber Attack

Perkembangan dunia digital ternyata juga membawa dampak negatif, salah satunya adalah ancaman cyber attack. Serangan syber ini akan membuat keamanan data perusahaan terancam. Maka dari itu dibutuhkan sebuah fasilitas berupa colocation server yang mampu menjamin keamanannya.

Tidak hanya itu saja, fasilitas yang ada di dalamnya juga memungkinkan untuk disaster recovery yang lebih efektif. Dengan begitu, bahkan ketika terjadi bencana alam, perusahaan masih bisa melakukan aktivitas tanpa ada hambatan karena data yang disimpan di dalamnya bisa dipulihkan dengan lebih cepat.

Tak dapat dipungkiri jika perkembangan colocation server yang ada di Indonesia terus mengalami peningkatan yang drastis. Hal ini tentu tak bisa dilepaskan dari latar belakang yang membuat perusahaan atau harus selalu melakukan inovasi agar selain bisa mendapatkan keuntungan juga bisa mengamankan data perusahaan yang disimpan di dalam perangkat servernya. Karena alasan inilah data center seperti nexdatacenter.com hadir untuk memberikan solusi yang tepat bagi permasalahan keamanan dan penyimpanan perangkat server.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *